Our 1st Purple Rose fondant cake with purple obbi brownies and vanilla cake for Mom’s birthday =) Fun indeed !

Image

Untuk ulang tahun mama saya yang tercinta tanggal 05 Agustus kemarin, saya mendeklarasikan ide nekat bersama suami yang untungnya ho-oh2 aja. wakaka..ini adalah salah satu dari rencana gila kami berdua di dalam dunia baking,

saya sebenarnya dari dulu ingin sekali memesan fondant cake, tapi ga pernah punya kesempatan, saya tahu kesulitan membuat fondant cake berada di tingkat yang tinggi. Dan untuk kursusnya saja memakan biaya yang sangat mahal. belum lagi bahan2nya yang banyak, peralatannya yang detail, dan waktu yang tidak singkat.

untuk membeli dan kursus belum kesampaian, mungkin ntar kalo ulangtahunin anak deh, hehe…

tapi koq ya kesampaian yah bikin fondant cake, *masih ga percaya juga. ;D

saya belanja fondant polos yang sudah jadi di tbk sudah dari 2 minggu sebelum hari H, rencananya saya mau coba2 belajar dulu, tapi niat hanyalah niat karena saya baru sempat menggilasnya saat H-2. Dengan memakan korban 1/2 kg fondant terbuang sia2 sebagai percobaan awal. sementara saya hanya membeli 1 kg saja. niatnya sih, kalau gagal, saya akan kabur ke toko kue untuk membeli tart jadi.

pucuk dicinta, ulampun tidak tiba, brownies ubi ungu yang saya buat bersama suami, tidak mengembang sesuai keinginan kami, terlalu tipis dan tidak proporsional untuk dibuat fondant cake, ini mungkin karena tekstur ubi yang basah dan loyangnya kegedean ;p  saya berharap cake saya bisa tinggi kayak ombre cake

jadi, kembali kami memutar otak, menggabungkan 2 resep vanilla cupcake, dan menuangkannya pada loyang. Daannn…, taraaaa tingginya tidak seindah harapan kami, karena cuma 2 resep, kalau 3 resep mungkin lebih bagus. memanggang lagi sangatlah tidak mungkin karena waktu sudah sangat terbatas. Setelah perenungan sejenak, akhirnya, ilham itu datanglah, saya mencetak brownies dan cake dengan ring bulat dan menumpuknya berselang seling dengan selai nanas. Jadilah “spiku” jadi2an. hahahaha…nekad bener!! anyway, ternyata spiku saya enak banget hahaaha, lucky me dah! rasa brownies ubi bercampur cranberry kering dipadu dengan vanilla cake, rasanya kayak soulmate, cucokk banget. *pedesetengahmati

ini dia penampakan si spiku,

Image

berikutnya, masalah dengan fondant, 5 jam lebih bergulat dengan fondant yang masih tersisa, membuka youtube dan tutorial blog, pendekor amatir ini bisa mengambil kesimpulan tentang fondant, berikut kajian studinya ya :

1. tangan dan peralatan yang dipakai menguleni fondant harus dilumuri dengan maizena atau cornstarch, kalau terlalu banyak, fondant akan retak dan sulit dibentuk, kalau kurang menabur cornstarch, fondant bakalan lengket2 ga jelas dan ga mulus
2. menguleni fondant sebaiknya di meja marmer atau pada permukaan yang benar2 halus. jangan seperti saya memakai alas plastik, jadinya sebagian fondant berkerut ngikutin kusutnya plastik. ;p
3. menempelkan fondant bentukan harus dengan air matang yang disemprot memakai wadah spray. supaya menempel erat, dan membuat warna fondant mengilap.
4. saat mendekor cake dengan fondant sebaiknya berada diruangan ber AC, saya belum tahu kalau bukan di ruangan ber AC bakalan seperti apa, tapi karena menyalakan AC sepanjang malam setelah seharian membuat fondant, fondant cake saya sukses2 saja tuh tanpa ada adegan melorot atau lumer, =)
5. untuk pemula, sebaiknya menggunakan cetakan fondant ;D
6. jangan masukkan fondant cake dalam kulkas

demikian pelajaran yang saya dapat dari otodidak membuat fondant cake. pengen sih kursus, tapi belum ada waktunya. penasaran juga bisa bikin fondant cake yang bentuk mobil, bentuk beruang, bentuk animasi, *siap2buatultahanaksupayagabeli

Image

Image

Bentuk fondant cake seperti ini cocok untuk keluarga saya yang kecil dan tidak terlalu gila cake, karena fondant cake kan ga boleh disimpan di kulkas. Jadi fondant cake ini bisa langsung dihabiskan hari itu juga. Senengnya, ga sia2 gagal bikin brownies. Ada jalan yang lebih baik, memang baking itu kayak petualangan yah. hal2 yang terjadi di dapur bisa jadi tak terduga. *cmiiw

Selamat Ulang tahun ke 49 Mama,

Cinta kami padamu mungkin tak dapat menandingi cinta yang kau berikan

Tapi didikan dan arahanmu, akan membuat kami mampu memberi cinta

kepada anak kami seperti yang telah kau contohkan selama ini

kiranya panjang umur Mama dan bahagia selalu dalam kesehatan dan kemakmuran,

menikmati masa tua bersama anak cucu yang mengasihimu,

menikmati kemurahan Tuhan sepanjang hari,

berkarya dalam ketidakterbatasan,

seluruh hikmat, kekuatan, kesanggupan dikaruniakan kepadamu Mama,

oleh Penuntun langkah, Pemberi Hidup, dan Penjaga kita

Kami mengasihi Mama,

Selamat Ulang Tahun.. Lord bless You

*kiss & hug

Image

Leave a comment