Misua / Misoa Jamur kuah Ayam

 Alohaaa…

Ada yang ga tau Misua / Misoa?

Misua ini adalah mi yang teksturnya halus dan tipis, biasanya dijual dalam bentuk kering. Misua terbuat dari tepung terigu. Karena teksturnya yang lembut inilah biasanya misua dikonsumsi oleh balita, anak-anak, dan orang lanjut usia.

Saya sendiri selalu nyetok misua dirumah. Kalau-kalau saya sedang tidak enak badan atau suami dan anak sedang sakit dan tidak bisa mengkonsumsi makanan yang agak keras dan berserat seperti nasi. Dimakan saat sedang tidak sakit juga kadang-kadang saya cukup terkejut, karena misua ini tetep enak dan nikmat banget dimakan dengan topping beragam. Dalam budaya China, misua seringkali dimasak saat ada yang berulang tahun, baik dimasak kuah maupun goreng. Bentuknya yang panjang2 melambangkan harapan panjang umur.

Misua beredar tidak hanya di China dan Indonesia, tapi juga di beberapa negara asia di Taiwan, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Jadi menemukannya tidaklah sulit.

Kali ini saya akan berbagi resep Misua dengan daging ayam dan jamur yang sangat simple dan tidak butuh waktu lama untuk membuatnya.

misuakuahayam

Resep Misua Jamur Kuah Ayam ala cintaresep

Bahan :
200 gr misua
1 buah wortel, potong2
100 gr fillet dada ayam, potong kotak
jamur champignon; merang, iris2
2 siung bawang putih, memarkan
1000 ml air
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm minyak sayur / zaitun
2 sdm mentega

Cara membuat :
1. Rebus misua dengan air mendidih hingga misua menyebar, tiriskan, letakkan di piring terpisah, aduk dengan minyak sayur supaya tidak lengket
2. Tumis bawang putih, dengan mentega, masukkan jamur, aduk sampai jamur layu, angkat
3. Rebusan kuah misua dididihkan, masukkan wortel, masak hingga empuk, tambahkan potongan ayam, masak hingga matang, tambahkan garam dan merica, angkat
4. Cara penyajian : tuangi misua dengan kuah ayam, taburi tumisan jamur, sajikan.

So easy, happy cooking fellas.. ♥

2 thoughts on “Misua / Misoa Jamur kuah Ayam

  1. I’m not proud of my cooking skill. There were times when my husband ate my cookings with this look on his face. You know, the look that silently screams, “Heeelp!”

    Anyway, your recipe sounds real simple. I might give it a try.

Leave a comment