Sup Kepala Ikan Salmon (The Best part of Salmon)

Image

Kalau di Restoran Padang sih terkenalnya Gulai Kepala Ikan Kakap, yang banyak penggemarnya, tapi saya sendiri belum pernah makan. Kalau yang ini judulnya makanan berbahan dasar Kepala Ikan Salmon. Hasil dari blog walking beberapa minggu sebelumnya.

Jadi saya ini tipikal orang yang gampang tergiur oleh bahan makanan yang unik dan dapetnya juga ga sulit. Kalau lagi belanja keperluan bulanan di Supermarket, saya sering lihat kepala salmon yang dipacking dengan rapi dan harganya murah. Beda jauh dari dagingnya yang biasanya mahal.

Dan katanya kepala ikan salmon tuh kalau bisa masaknya, rasanya enak banget. Malah bisa dibilang kepala adalah bagian yang terlezat dari salmon. Hahaha…bikin penasaran kan? Saya juga tergiur pengen coba masak.

Sekilas info, Kepala Salmon ternyata dagingnya lumayan banyak loh, dan sama empuknya kayak daging, kulit bagian kepalanya lembut. Β Dan yang bikin saya sangat menyesal adalah kenapa tidak dari dahulu kala aja masak kepala salmonnya??
Damn!πŸ˜‰

RESEP SUP KEPALA IKAN SALMON

Bahan :

1 buah / sekitar 500 gr kepala salmon, bersihkan, buang insangnya (biasanya sudah siap diolah jk beli di supermarket)
700 ml air
1 batang serai, memarkan
2 ruas jahe, memarkan
2 ruas lengkuas, memarkan
2 ruas kunyit, memarkan
4 siung bawang putih, memarkan
5 siung bawang merah, memarkan
2 buah tomat hijau, potong 4 memanjang
4 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 genggam cabai domba utuh
1/2 buah jeruk lemon, peras
2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt merica bubuk
3 sdm minyak untuk menumis
Cara membuat :
1. Tumis bahan2 yang dimemarkan, cabai, daun salam, daun jeruk hingga harum
2. tuang air, rebus hingga mendidih
3. masukkan kepala salmon, masak hingga berubah warna
4. tambahkan tomat, garam, gula, dan merica, aduk hingga rata
5. matikan api, bubuhkan perasan air jeruk lemon
6. hidangkan
Β 
Image

Tips :
Jangan memasak salmon terlalu lama, karena dagingnya cepat sekali matangπŸ™‚
Cara makannya, di piring Anda, bawang putih dan cabe domba ditekan2 menggunakan sendok, supaya rasa pedasnya keluar. Uihhh…sedepnyoooo!!Ciyusssss….
Image

12 thoughts on “Sup Kepala Ikan Salmon (The Best part of Salmon)

  1. Sluruupphh… salam kenal mba..
    kepala salmon ini kalo di Lottemart bergelimpangan lhoπŸ˜€
    tapi sepertinya saya salah treatment buat si kepala ini, masaknya kelamaan.. dan baunya amis sekali. ada triknya ga mba spy ga amis.
    makasih

  2. Hai mba fika, salam kenal jugaπŸ˜‰
    Iya bener banget, murah lagi ya dibandingkan fillet dagingnya. Kalo dianggurin di lotte jadi kaya ketiban rejeki yah hehehe…
    Mbak masaknya pake bumbu2 apa aja? Udah coba resep saya yang ini belum?

  3. biar gk amis..diberi peresan jeru nipis–diam kan 15 menit,terus di cuci lagi ,aku dah nyoba resep ini,,,mantaaaf sekali di makan denga kuah hangat dan rasa pedasnya terasa, semua bumbu di keprek aja,

  4. Haiyanto, trims sudah memperjelas ya, kalo berdasarkan resep ini, saya ga ada keluhan amis sih. Mungkin beda2 ya, ada yg lebih sensitif dengan rasa amis,πŸ™‚ mba fika bisa ikutin tips dari sdr haiyanto,

  5. mbak.. sayuran apa yg pas d tambahkan d sup kepala ikan salmon ini ya.. pingin nyoba.. tq

  6. sayuran ya mbak…. hmmmm… wortel maybe, hehe…
    kacang polong juga seger mbak, atau kapri manis, yang engga terlalu dominan aja rasanya mbak, supaya rasa salmonny ga ketutup. semoga jawaban saya membantu ya mbak febri..silahkan dicoba ya.. ^^

  7. Besok mau coba pake resep ini ah, di kulkas ada kepala salmon plus tulang2nya.Biasa dulu suka bikin pake resep tom yum, jd agak pedas, dan anak saya yg kecil, ga bisa makan.
    Thanks for sharing ya, salam kenal

  8. Saya juga punya satu kepala mbak anita, always nyetok hehehe…silakan dicoba, sama2 mbak semoga cocokπŸ˜‰ salam kenal juga, sering2 main ya ^^

  9. Pingback: Pallu Mara khas Makassar | C'NT'A resep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s