Sup Bawal Putih

Image

Harusnya sih namanya Tim Bawal Putih karena masaknya dikukus, tapi ntah kenapa denger kata tim bawaannya eneg, hehe jadinya sebut aja sup. Waktu hubby ditanyain, mau ga aku hari ini masakin sup bawal putih, keningnya langsung berkerut, tanda underestimate, ” aduhh, engga deh sayanggg, amissss”. Ada perasaan tertantang dijawabin gitu, “Yang ini resepnya engga amis koqqq”, hahaha rayuan gombal padahal belum pernah bikin juga. Setelah di acc mulai deh meluncur ke tkp. Ini resep Sup Bawal Putihnya dapet dari surfing2 di internet juga😉

Bahan:
3 ekor bawal putih bersihkan, belah badannya di kedua sisi

Bumbu perendam: 

2 cm jahe iris halus
2 siung bawang putih iris halus
1 sendok makan kecap ikan

Saus :

2 sendok makan minyak zaitun
2 siung bawang putih cincang
2 cm jahe cincang
250 ml air
1/2 sendok makan kecap ikan
1 sendok teh tepung maizena larutkan dengan 3 sendok makan air
1/2 sendok teh minyak wijen
2 sendok teh kecap asin
1/2 sdt gula
2 batang daun bawang iris kurleb 1 cm

Cara membuat:

1. Lumuri ikan dengan campuran bumbu perendam, masukkan bumbu kedalam badan ikan supaya meresap. Catatan : Memang bumbu perendamnya sedikit, jangan tergoda untuk menambahkan lebih banyak, ikuti resep kalo kata chef di Master Chef ;p
3. Diamkan selama 45 menit 
4. Lalu kukus ikan dengan meletakkan di piring tahan panas.
5. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
6. Saus: Panaskan minyak, tumis bawang putih cincang dan jahe hingga harum.
7. Masukkan air dan kecap asin beri gula sedikit.
8. Setelah mendidih masukkan larutan maizena diaduk hingga mengental.
9. Masukkan minyak wijen, aduk.
10. Masukkan daun bawang.

Catatan : Saus nya terlihat sedikit karena nanti akan bercampur dengan kuah ikan hasil kukusan. Tidak perlu menambahkan garam sumber asin didapat dari kaldu kukusan ikan dan kecap asin =)

Saran penyajian:

Taruh ikan diatas pinggan lalu siram dengan kuah, dimakan selagi hangat.

ImageKomentar pelanggan saya satu2nya pasti bisa ditebak, hmmmm koq ga amis yah? Enak enak..(sambil abisin 1 ekor ikan dalam sekejap dan mulai ngelirik 1 lagi yang tersisa sambil nanya cyn mau ngga?) hihihi…saya rasa sih karena bumbu perendamnya, dan lama merendam, semakin lama semakin baik, asal jangan seharian aja direndamnya, hehehe…

 

4 thoughts on “Sup Bawal Putih

  1. Pingback: Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape | C'NT'A resep

  2. Pingback: Kumpulan Resep Seafood - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s