Ayam Tangkap khas Aceh

Saya paling suka kalo beli ayam kampung muda di lotte mart deket rumah, soalnya selain sudah bersih, memasaknya tidak perlu terlalu lama, cukup 15 menitan juga udah matang, selain itu daging ayamnya jauh lebih empuk, bumbu gampang meresap sampai ke tulang2nya. Cuma kekurangannya adalah beratnya yang ringan tidak sampai 700 gram, sedangkan ayam kampung yang dijual oleh tukang sayur di luaran jauh lebih besar dan berat, jatuhnya lebih murah, tapi dagingnya agak keras, harus memasak agak lama dengan api kecil atau menggunakan jasa panci presto kesayangan, plus harus ekstra bersihin kulitnya yang kadang masih ada bulu, yaiksss…buat saya yang phobia unggas, ini tentu tidak mudah…T_T

Yah, pada akhirnya rasalah yang memegang kendali utama dalam persaingan sehat ini, hehehe, seringnya saya beli ayam kampung muda, meski jadi lebih cepat habis karena kecil, tapi makannya puas dan sensasi rebutannya itu lohhh…ga ada matinya hahahha… Seperti resep kali ini Ayam Tangkap khas Aceh, 1 ekor dibagi 12-16 potong, harus jatah2an sama suami doang, sekali makan udah ludesss… Tapi kenangan lezatnya ga lupa2 sampai kapanpun. hehehehe….

SONY DSC

Saya sangat recommend masakan lezat ini buat yang punya anak kecil, karena rasanya yang gurih dan wangi bikin makan jadi lahap. Orang dewasa seperti kami aja lupa diet, apalagi suami, bolak balik nambah nasi, ingatan diet melayang ke kolong ranjang, jauh2 dari dapur, wkwkwk…

SONY DSC

Oh ya, saya sisipkan masakan sebelumnya yah, dalam rangka praktek buku resep 100 mak nyus nya Pak Bondan ;

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

2. Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

3. Sambal Raja khas Kutai

4. Manuk Ragi Rajang khas Lombok

5. Sate Lilit Ikan khas Bali

*diklik aja di link di atas =)

Resep Ayam Tangkap 
sumber : RM Aceh Rayeuk, Banda Aceh; 100 mak nyus makanan tradisional indonesia Bondan Winarno

Bahan :
1 ekor ayam kampung, dipotong menjadi 24 potong
1,5 liter minyak goreng
1 cangkir air hangat
8 tangkai daun temurui (salam koja, daun kari), saya pakai daun salam
4 lembar daun pandan, rajang sekitar 4-5 cm
2 cabai hijau, biarkan utuh

Bumbu :
6 siung bawang merah, 3 siung dirajang kasar, 3 siung dihaluskan
3 siung bawang putih
5 cabai rawit
1 kelingking jahe
1 kelingking kunyit
4 sdm sari asam jawa
2 sdm sari jeruk nipis
2 sdt garam

Cara membuat :
1. Cuci potongan ayam, remas2 dengan sari jeruk nipis
2. Haluskan semua bumbu, campur dengan secangkir air hangat. Rendam potongan ayam dalam bumbu selama 10-15 menit
3. Panaskan minyak di dalam wajan besar sampai benar2 mendidih (sekitar 170 derajat celcius). Goreng ayam sampai kecoklatan. Semua ayam harus terendam minyak panas dan tidak berhimpitan satu sama lain
4. Menjelang matang, masukkan daun temurui, daun pandan, dan cabai hijau. Teruskan menggoreng selama 3 menit. Angkat, tiriskan, sajikan panas.

SONY DSC

 

Ayam tangkap ini biasanya dimasak sesaat ketika hendak dimakan. Bikinnya lumayan simpel kan, rasanya mak nyus hmmmm…

ayamtangkap2

 

Enak enak enak,,,,

SONY DSC

15 thoughts on “Ayam Tangkap khas Aceh

  1. Pingback: Pallu Mara khas Makassar | C'NT'A resep

  2. Pingback: Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung) | C'NT'A resep

  3. daun kari belinya dimana ya chef? saya di bandung ga pernah nemu. padahal sangat2 penasaran pengen masak pake daun kari. ada satu lagi daun kunyit, sama juga ga pernah nemu. makasih tipsnya saya akan coba ^^

  4. Pingback: Soto Ayam khas Lamongan | c'nt'a resep

  5. Pingback: Daftar Resep Masakan Ayam - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s