Menu Favorit Keluarga (4) : Roasted Honey Chicken / Ayam panggang madu

Halo there…

GLASS CARTOON

Sebagai seorang ibu dari balita yang super duper aktif, ditambah lagi ketidak-adaan asisten rumah tangga, membuat saya terkadang pusing sendiri. Saat-saat memasak bukan lagi menjadi waktu me time saya, melainkan waktu dimana bocah kecil saya bebas berekspresi tanpa khawatir saya akan mengganggu. Notes : Ini sebenernya siapa yang ganggu siapa sih? ;p Contohnya saja, saat saya memasak kali ini, si kecil sangat anteng bermain di meja makan dengan tanpa suara gaduh dan mencurigakan sedikitpun. Saat saya berkesempatan melirik, saya melihat pemandangan yang luar biasa mampu menaikkan tekanan darah saya meskipun saya sedang tidak sakit. 🙂 Si kecil yang tadinya saya beri cemilan di sebuah mangkok kecil supaya tenang, saat itu sedang menikmati menyendokkan gula pasir ke mulutnya setelah sebelumnya menuangkan seluruh isi gula di dalam toples ke mangkuk cemilannya. Belum ditambah dengan butiran gula yang berserakan dimana-mana membuat kepanikan saya berlipat ganda.

Di kesempatan lain, ketika semua barang-barang yang rawan diusili olehnya sudah saya amankan di atas lemari, si krucil ini dengan cerdasnya mendorong kursi makannya ke arah lemari, dan memanjat dengan mudah untuk menggeratak benda apapun yang menarik baginya. Ini adalah pemandangan yang setiap hari saya jumpai di rumah, pastinya kejadian yang tidak asing bagi semua ibu rumah tangga di Indonesia yang memiliki balita yang kemampuan psikomotoriknya sedang berkembang dengan pesat-pesatnya. Saat ibunya sibuk di dapur, butuh konsentrasi besar untuk memasak, sulit bagi ibu untuk menjaga si kecil, tentunya ini sangat berbahaya, apalagi di dapur yang alat-alatnya rawan dijangkau olehnya.

Karena semua kesibukan tambahan inilah, akhirnya saya memutuskan untuk mempersingkat waktu masak yang tadinya tak terjadwal alias tak terhingga. Supaya saya bisa lebih efisien dan efektif lagi mengawasi si kecil dalam menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dimulai dengan memilih perabotan memasak yang aman dan tidak beresiko bagi si kecil seperti cerita kartun di atas, juga memilih resep-resep yang jauh lebih mudah dan membutuhkan waktu yang singkat saja. Jadi kalau dulunya saya seringkali memasak dan membuat kue / pastry yang rumit dan penuh dengan tahapan yang merepotkan. Sekarang saya menghindari resep-resep semacam itu. Tapi tentu saja, resep tersebut harus bisa menghasilkan sajian makanan yang lezat, tidak kalah nikmat dari resep yang rumit.

Pilihan resep makanan yang mudah menurut saya adalah makanan yang dipanggang / dioven. Saya hanya tinggal menyiapkan bahan makanan yang sudah dibumbui sebelumnya. Membiarkannya menyerap, dan memanggangnya kapan saja waktu makan tiba. That’s it. Seperti Resep Ayam Panggang Madu yang akan saya share kali ini, pastinya akan membuat Anda jatuh cinta juga. Karena dijamin simple, irit waktu, dan hasilnya sangat memuaskan.

Nah, pas banget nih momennya berdekatan dengan bulan puasa, menu ini cocok banget buat buka puasa juga untuk menu lebaran nanti, This is it..!

SONY DSC

Ayam Panggang Madu ini saya buat dengan menggunakan Oven Glass LOCK&LOCK yang menurut saya sangat istimewa karena sangat cocok untuk memproses makanan di dalam oven, keistimewaan ini antara lain :

1. tidak pecah tiba-tiba karena perubahan suhu
2. dwifungsi, bisa digunakan di dalam suhu panas seperti oven, microwave, juga bisa untuk tempat menyimpan di dalam freezer yang dingin
3. beratnya ringan, tidak akan mencederai pergelangan tangan Anda
4. suhu permukaan glass cepat menurun setelah keluar dari oven
5. tetap bening meskipun sering dipakai dalam waktu yang lama
ADV_Glass Fix_revisi

Oven Glass LOCK&LOCK ini juga tahan dalam suhu paling panas sekalipun, sampai 400 derajat celcius, jadi tidak akan pecah ataupun rusak. Yang saya sangat kagumi dari produk LOCK&LOCK ini paling utama adalah bahan pembuat Glassnya yang terbuat dari Borosilicate, yakni jenis glass Heat-Resistant (kaca tahan panas) yang terbukti aman digunakan dalam Kampanye Keselamatan Hidup Nasional dan sesuai dengan standar kaca tahan panas Internasional. Di Jepang sendiri, teknologi LOCK&LOCK ini sangat dianjurkan pemakaiannya untuk anak sekolah.
glass knowledge
Saya sendiri menaruh perhatian besar pada Oven Glass dengan bahan tempered glass yang faktanya sangat berbahaya bagi keselamatan kita dan anak-anak kita, dalam video ini dijelaskan bahayanya tempered glass yang bisa pecah berkeping-keping secara tiba-tiba saat terjadi pemuaian karena perubahan suhu, ditonton ya,

Tempered Glass sangat mudah hancur dan meledak akibat penyebaran panas yang tidak merata lantas terjadi perubahan suhu yang tiba-tiba, sedangkan Heat-Resistance Glass LOCK&LOCK yang terbuat dari Borosilicate ini sangat aman karena penyebaran panasnya merata. Simak perbedaan tempered glass dan Heat-Resistance Glass LOCK&LOCK dibawah ini,
130220_GLASS

Semua hal diatas membuat saya sangat concern dengan pemilihan alat masak yang aman untuk saya pakai sehari-hari, apalagi saya punya balita yang sangat aktif di dapur ketika saya beraktifitas didalamnya. Keselamatan keluarga saya adalah yang terutama selain kesehatan makanan yang kami konsumsi. Tanpa ragu lagi pastinya saya pilih Oven Glass LOCK&LOCK ini. 🙂

Jadi, setelah Oven Glass Anda siap, yuk masak bersama, disimak resepnya disini yaa..

Resep Ayam Panggang Madu ala cintaresep

Bahan :
1 ekor ayam ras, potong 8
4 siung bawang putih, parut
2 sdt jahe parut
4 sdm kecap manis
4 sdm madu
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
2 sdt kecap asin
5 sdm mentega, lelehkan

Cara Membuat :
1. Lumuri potongan ayam yang sudah dibersihkan dengan bawang putih dan jahe parut, remas2 sebentar supaya bumbu meresap
2. Aduk rata kecap manis, madu, merica bubuk, kecap asin, minyak wijen, mentega cair dalam satu wadah. Masukkan ayam, aduk bersamaan dengan bumbu2.
3. Diamkan paling sebentar 2 jam atau simpan di kulkas / chiller semalaman agar bumbu bisa meresap dengan sempurna
4. Saat akan dipanggang, panaskan oven hingga 200 derajat celcius atau lebih tergantung oven masing-masing.
5. Atur potongan ayam dalam oven glass beserta bumbu perendamnya. Panggang selama 30 menit sambil sesekali dibalik hingga matang merata.
6. Angkat dan siap disajikan.

Menu Ayam Panggang ini sangat cocok buat Anda yang sedang diet minyak dan lemak, karena ketika dipanggang, minyak dan lemak yang ada dalam daging ayam akan berluruhan memisahkan diri dari potongan-potongan ayam. Saya sangat happy melihat pemandangan ini, bagus sekali untuk saya yang sedang diet kolesterol. 🙂 Tapi kalau teman-teman tidak bermasalah dengan minyak dan lemak, kucuri bumbu dan minyak yang terpisah tersebut ke atas potongan2 ayam, wuihhh tambah mammamia lezatos delisioso bingiitt deh pokoknya. Jamin!! 🙂 🙂 🙂

ayampanggang8

Setelah selesai memasak, saya teringat dengan wishlist suami yang sudah lama ingin dibikinkan bekal saat dia ke kantor. Iya..iya ..pasti ada teman-teman yang merasa aneh. Suami saya memang pekerjaannya tidak perlu berangkat ke kantor setiap hari. Suatu ketika, dia curhat ke saya kalo dia ‘a lil bit jealous’ dengan temannya yang seorang pengusaha elektronik, beliau setiap hari ngantor dan suatu kali diajak ketemuan makan siang oleh suami saya, tapi menolak dengan alasan bahwa dia membawa bekal makan siang yang dimasakkan oleh istrinya *co cwiiiitttt ga…? Pesannya, lain kali kalo mau ajak makan siang bareng, bilang dulu jadi dia ga akan bawa bekal dari rumah. Wuahhh, langsung saja suami saya panas dingin dan ingin juga dibekalkan makanan oleh istri. Hihi, dasar suami saya ini agak konyol, ngantor di rumah, koq ingin bawa bekal. Tapi ya sudahlah, sebagai istri yang baik, saya akan menuruti keinginannya yang sederhana ini. Jadi saya membuatkan ini untuknya dengan menggunakan Oven Glass LOCK&LOCK yang untungnya ada tutup ber sealnya. Cantikkk banget dehhh hahahha, semoga hubby happy dah…

SONY DSC

Satu lagi keistimewaan dari LOCK&LOCK Oven Glass ini, yaitu pilihan ukuran glass nya, ada yang size kecil, sedang, dan juga besar yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, ga ragu lagi kan pilih Oven Glass yang terbukti aman, berkualitas, dan fungsional seperti ini? 🙂

Selamat Memasak, teman-teman,
Stay safe and healthy always !

♥ cintaresep ♥

SONY DSC

Postingan ini diikutsertakan dalam kompetisi LOCK&LOCK “Mrs. Chef” yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food)

Leave a comment