Menu favorite Keluarga (2) : Fish Chips ala Fish n Co

Haloooo readers,

Sedikit cerita tentang mantan pacar yang sekarang menjadi suami saya, beliau ini dilahirkan di pulau timur Indonesia yang mayoritas bahan makanan pokoknya adalah hasil laut, jadi tidak heran apabila makanan kegemarannya yang nomor 1 adalah ikan. Ikan laut berukuran besar yang diasap, atau dibakar, atau digoreng bisa dengan mudah dilahapnya dalam hitungan menit. Meskipun tanpa nasi atau makanan pendamping lainnya. Buat saya yang tinggal di Pulau Jawa dan akrab dengan daging ayam, daging merah, dan ikan air tawar hal ini sungguh sebuah penemuan yang luar biasa mencengangkan. Di kala saya makan ikan hanya satu potong dengan berat mungkin hanya 50-100 gr saja, suami saya bisa makan ikan dengan bobot 200 gr hingga 500 gr ke atas dan inipun masih dalam skala “nyemil” menurut dia. #tepokjidat

Lagipula kebiasaan makan ikan ini tidak diturunkan dari Ibu dan Ayah saya, setelah 2 dasawarsa hidup di dunia, saya baru saja menyadari fakta yang sangat mengagetkan. Ternyata, memang Ibu dan Ayah saya tidak suka makan ikan. Alamak !! Pantas saja saya begitu kesulitan mengimbangi hasrat besar suami terhadap ikan.  Orang sudah turunannya begini…hihihi…
Namun pernikahan sejatinya adalah sebuah peleburan… #tsaeeelaaahh
Saya mau tidak mau, suka atau tidak suka, #dalamrangkahemattenaga mulai berkenalan lebih akrab dengan ikan dan mencoba menemukan resep-resep berbahan dasar ikan yang lezat dan bisa membuat saya bisa bersaing dengan suami menghabiskan makanan.

kakapfishnco

Malangnya, anak kami Gregory pun ada nada-nada sumbang bakal tidak terlalu suka ikan. Jadilah saya semakin ekstra keras berikhtiar untuk mengolah ikan menjadi bahan makanan yang bisa kami bertiga santap dengan lahap.

Pertama-tama saya mencoba mengambil intisari manfaat ikan dan seluruh gizi yang terkandung didalamnya, yang ternyata sangatlah banyak, saya share melalui infografis di bawah ini ya

Untitled Infographic (5)

FYI, saya dan suami, Robert, mempunyai kadar kolestrol jahat yang cukup banyak di tubuh kami, jadi lemak benar2 kami hindari, sementara robert memiliki genetik penyakit Asma yang cukup berat. Karena itu, disamping olahraga yang cukup, makanan merupakan faktor penting bagi kesehatan kami berdua. Maka, tak pelak lagi makan ikan adalah solusi yang sangat menjanjikan saat ini dan nanti.

Yuk, langsung saja kita lihat resep ikan lezat yang sering saya masak dan menjadi lauk favorit keluarga kami berikut ini🙂

Resep Fish Chips ala Fish n Co

Bahan :

500 gr kakap fillet, pisahkan dari duri dan tulang ikan, iris tipis.
2 sdt air jeruk lemon
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis :

50 gr tepung terigu serbaguna

Bahan Pencelup (aduk rata):

50 gr tepung terigu protein sedang
7.5 gr maizena
1/4 sdt baking powder
1/2 sdm olive oil
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk
200 ml air es

kakapfishnco4

Pelengkap :

Kentang goreng
parutan keju cheddar
parsley

Cara membuat :

1. Lumuri ikan dengan air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk. Diamkan 15 menit
2. Gulingkan di atas bahan pelapis. Celupkan ke dalam pencelup
3. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan
4. Sajikan Fich Chips bersama pelengkap.

karena saya suka sekali lapisan tepung yang dihasilkan dari Fish Chips ini, saya menggoreng sisa adonan pencelupnya juga, sehingga bisa dilihat hasilnya ada kriuk-kriuk menggiurkan yang lezat bertebaran di seantero piring. I love it so much !

Oh ya, sebaiknya kamu menggunakan pan anti lengket ketika menggoreng kakapnya, supaya bentuknya tetap bagus, dagingnya tidak hancur, dan mudah dibolak balik. Saya sendiri memakai LOCK&LOCK E-Cook Fry Pan yang memiliki Teknologi Hard Anodized. Berbeda dari pan anti lengket lainnya, Teknologi ini menjamin higienitas makanan yang dimasak agar tidak bersentuhan langsung dengan aluminium yang sangat berbahaya bagi kesehatan ketika terjadi goresan pada lapisan coating.

Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini.

Newsletter Desember.ai

Proses Penggorengan Kakap ala Fish n Co menggunakan LOCK&LOCK E-Cook Fry Pan :

kakapfishnco5

Bisa kamu lihat pada foto dibawah ini, setelah selesai menggoreng dan menyisihkan minyaknya, tidak ada satu bagian makanan pun yang tersisa atau menempel pada pan, ini membuat saya tidak sulit membersihkannya, lain halnya bila kita menggunakan pan atau wajan yang tidak ada lapisan Hard-Anodized-nya. Berhati-hatilah pada pan anti lengket yang hanya sekedar coating2an tanpa memiliki lapisan pelindung lain, karena jadinya pan akan mudah tergores dan hal ini sangat mengancam kesehatan tubuh kita, guys !

kakapfishnco6

Dan yang sangat saya suka dari LOCK&LOCK E-cook Fry Pan ini, bentuknya yang sangat ergonomis dengan pegangan yang terbuatdari pelat aluminium padat dilapisi silikon tidak membuat saya kepanasan ketika harus memegangnya saat memasak.

kakapfishnco8
Di samping warnanya yang beraneka ragam, ada merah, hijau, dan kuning yang sangat menarik dan membuat saya bersemangat masak karena dapur pribadi saya jadi stylish ;p. Bagian luarnya juga tahan panas, membuat api kompor menyebarkan panas secara merata sehingga hemat energi dan masakan Anda jadi tidak cepat hangus / gosong.

kakapfishnco3

I loooveee the yellow one!

I loooveee the yellow one!

Nah, sekarang Fish Chips ala Fish n Co nya sudah siap disajikan nih. Sudah saya tebak, pasti Gregory dan papanya makan dengan lahap banget. Saya ga pernah kuatir balita dua tahun saya akan menolak, karena dia suka sekali kakap yang diolah seperti ini. Untuk kebutuhan akan serat, saya prefer menyodorkannya nasi yang berasal dari beras hitam dan putih ketimbang kentang goreng yang pastinya akan lebih cucok. Kentang goreng sih pasti lebih pas untuk papa mama. COCOK ! ;p

kakapfishnco7

Postingan ini diikutsertakan dalam kompetisi LOCK&LOCK “Mrs. Chef” yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF(Homemade Healthy Baby Food)

Info lebih jelas tentang LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan yang musti banget kamu punya ini bisa diklik di video berikut ya🙂

 

 

 

6 thoughts on “Menu favorite Keluarga (2) : Fish Chips ala Fish n Co

  1. Pingback: Menu Favorit Keluarga (3) : Potato Gratin with Spicy minced meat | c'nt'a resep

  2. Pingback: Kumpulan Resep Seafood - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

