Menu Favorit Keluarga (1) : Udang Saus Leci

Aloha readers,

Siapa disini yang suka makan seafood? Saya, suami, dan si kecil Gory absolutely are big fan of seafood. Selain ikan, udang adalah bahan makanan yang paling mudah didapatkan di pasar. Meskipun proses membersihkan udang terbilang ribet, dimana kita harus memisahkan dulu kotoran di perut dan punggungnya, ini penting untuk meminimalisir resiko alergi yang mungkin timbul karena mengonsumsi udang. Tapi hal itu tidak menghalangi saya sering memasak udang karena rasanya yang empuk dan manis bikin kami sekeluarga selalu saja lahap makan setiap kali menu udang ini dihadirkan di meja makan.

Salah satu masakan udang yang jadi favorit keluarga kami adalah Udang saus Leci. Mendengar namanya pasti teman-teman akan mengernyitkan dahi. Ha? Udang pake buah leci? emang enak? issshh…herannya ditahan dulu sampe kalian mencoba memasak resep yang akan saya share sebentar lagi. Dijamin, pada setuju kalo udang dan leci adalah paduan yang sangat sempurna.

Udang Saus Leci favorit keluarga kami

Udang Saus Leci favorit keluarga kami

Untuk memasak udang saus leci ini ijinkan saya memperkenalkan 2 perangkat masak yang kalian akan butuhkan ya…Pertama, sebuah pisau yang tajam untuk mengiris bagian punggung dan perut udang untuk mengeluarkan kotorannya. Kalo ga tajam dijamin susaaaahh, pastikan juga meletakkan badan udang di atas talenan lalu mengiris punggungnya dari samping, sedangkan bagian perut bisa dipegang dengan tangan dan dibelah sedikit dengan pisau. Perangkat kedua yang dibutuhkan adalah sebuah pan anti lengket yang bisa menjamin makanan yang dimasak tidak menempel, ga boros minyak, dan gampang bersihinnya. Pastikan juga bagian luar pan kamu punya lapisan tahan panas untuk mencegah saus yang dimasak gampang hangus / gosong karena api yang terlalu panas.

Susah ga sih nyari pan yang punya semua kriteria diatas? Saya sendiri sebenarnya agak susah mencari pan anti lengket yang berkualitas karena seringnya meskipun sudah menggunakan lapisan anti lengket, tapi tetap saja masih ada makanan yang menempel dan pan-nya jadi susaaaah banget dibersihin. Belum lagi masakan cepet gosong karena penyebaran panasnya tidak merata. Tapi, semua kendala itu tidak lagi membuat saya kesal ketika memasak, karena sekarang sudah ada LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan yang dibuat dengan Teknologi Hard Anodized.

Newsletter Desember.ai

Apa sih Teknologi Hard Anodized itu?

Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini.

Naaahh, sudah jelas kan betapa amannya lapisan pan LOCK&LOCK ini untuk makanan yang akan kita masak. Sekarang yuk disimak cara masak Menu favorit kesukaan Gory ini yuk yukkk…

Udang Saus Leci ala cintaresep

Bahan :

500 gr udang pancet atau king prawn, bersihkan punggung dan perutnya dari kotoran
1/2 butir bawang bombay ukuran besar, cincang halus
8 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm margarin

Bahan Saus Leci, campur jadi satu :

50 gr saus tomat
50 gr saus sambal (tidak usah dipakai, ganti dengan saus tomat apabila tidak suka pedas)
1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
2 sdm mentega
3 sdm kecap asin
2 sdm sirup leci
1 sdm kecap inggris
2 sdm air jeruk sunkist
1/4 sdt merica
1 sdm paprika merah cincang

Taburan : 
oregano secukupnya

Cara Membuat :

1. Panaskan margarin di atas pan anti lengket dengan api besar, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan udang pancet, masak hingga udang berubah warna dan matang, angkat.
2. Saus Leci :  Masukkan bahan saus leci ke atas pan anti lengket, aduk hingga rata. Matikan api setelah saus mendidih dan kental.

Masak Saus Leci

Masak Saus Leci

3. Siapkan piring saji, susun udang diatasnya, siram dengan saus leci

Siram udang dengan saus leci

Siram udang dengan saus leci

4. Taburi oregano secukupnya
5. Sajikan.

Proses lengkap Memasak Udang Saus Leci di atas LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan :

Memasak Udang Saus Leci di atas LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan

Memasak Udang Saus Leci di atas LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan

Setelah selesai memasak, jangan lupa menyiram LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan dengan aliran air, busa lembut, dan sabun pencuci piring, gampang bingiit, sekali usapan langsung bersih lhoo..
udangsausleci13

Saya suka banget sama LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan milik saya yang tampilan warnanya kuning cerah, pelat aluminium pada pegangannya kokoh serta dilapisi silikon sehingga tidak panas ketika dipegang. Kalau dibandingkan dengan panci-panci serta wajan saya yang lain, waduh kebanting banget, kusam-kusam gitu warnanya. LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan ini warnanya ternyata bukan cuma ada kuning, tapi beragam, ada hijau dan merah juga lho., bisa dipilih sesuai dengan warna kesukaan kamu. Nanti mah, mau wishlist dapet pan LOCK&LOCK E-Cook  satu set ah supaya dapur minimalis saya jadi tampak lebih stylish dan nyaman untuk masak-masak setiap hari.

LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan

LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan

I loooveee the yellow one! eh, hijau dan merahnya juga unyuu

I loooveee the yellow one! eh, hijau dan merahnya juga unyuu

Setelah saya masak, pasti yang penasaran sama rasanya adalah pembaca sekalian, gimana gimana sih rasanya? Rasa udang yang segar dan empuk berpadu dengan manis saus leci yang unik ini memang beda banget deh…nendanggg booo !! ;p mirip bumbu Barbeque tapi yang ini lebih gurih, manisnya pas, dan wangi. Biasanya saya memasak Udang saus leci ini dalam 2 versi, pedas dan tidak pedas, untuk saya dan ayahnya Gory, saya menambahkan saus sambal yang agak banyak, trik ini berhasil membuat suami saya ketagihan sama makanan yang satu ini. Karena saya juga masak versi tidak pedasnya, maka si kecil Gory bisa ikut menikmatinya, lidah sensitifnya yang biasa menolak makanan orang dewasa sangat sangat menyukainya. Bagi teman-teman yang punya balita berusia 2 tahun ke atas dan sulit mencari menu yang si kecil suka, Udang saus leci ini sangat recommended.  :) Very very Our Favorite dish ever !!!

Hayukkkk buruan dielap ilernya, masaaaaakkk yuuuu….

Kadang kalau sedang ingin cepat, saya menyajikan menu ini dengan pan anti lengketnya sekalian, looks so country, wasn't it?

Kadang kalau sedang ingin cepat, saya menyajikan menu ini dengan pan anti lengketnya sekalian, looks so country, wasn’t it?

Postingan ini diikutsertakan dalam kompetisi LOCK&LOCK “Mrs. Chef” yang dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food)

Info lebih jelas tentang LOCK&LOCK E-Cook DECO Fry Pan yang istimewa ini bisa diklik di video berikut ya🙂

 

 

 

4 thoughts on “Menu Favorit Keluarga (1) : Udang Saus Leci

  1. Pingback: Menu Favorit Keluarga (3) : Potato Gratin with Spicy minced meat | c'nt'a resep

  2. Pingback: Kumpulan Resep Seafood - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s