Tongkol Goreng Bumbu Pedas

Aloha…

istrinya ini paling malas kalau disuruh ngupas bawang banyak2

Suami saya adalah penggemar berat tongkol. Masakan kesukaaannya adalah tongkol suwir dengan bawang merah dan putih yang super duper banyak. Tapi, istrinya ini paling malas kalau disuruh ngupas bawang banyak2. Maka, marilah kita membuat masakan jenis lain yang hanya butuh bawang sedikit. #muahahaha…#istripemalascerdik

Sejak menonton seorang chef perempuan yang juga ibu dari seorang balita di food channel TV Kabel, saya sedikit banyak jadi terinspirasi olehnya. Beliau berkata bahwa masak itu seharusnya dibuat simple saja. Betul juga, kalau lihat chef barat masak, sepertinya terlihat sederhana, mudah, dan menarik ya? Ga seribet masakan Indonesia. Meskipun sebenarnya banyak juga masakan Indonesia yang masaknya ribet tapi rasanya memang setara dengan perjuangannya. Tapi buat masakan rumah kita butuh banget yang simple2. Selain masak, ada sejuta pekerjaan lain yang menunggu untuk dibelai #tsaelahh belum lagi tugas mengajari anak balita kita begini dan begitu. Itu sebuah tanggung jawab yang besar.

Saya merasa sejak umur bayi saya 6 bulan, waktu saya habis banyak di dapur, mulai dari memasak MPASI nya sampai memasak makanan kami dan membuat kudapan ini itu, waktu bermain dan belajar dengannya bisa dibilang kurang. karena saya sudah kehabisan energi duluan di dapur.

Karena alasan itulah, saya mencoba instropeksi cara saya memasak dan menu yang saya pilih untuk sehari-hari. Semoga bisa lebih baik ya, saya mau makanan saya bergizi tinggi, memasaknya mudah dan ekstra cepat, juga enak sekali. Cita-cita yang hampir pasti mungkin. Asal kita bekerja pintar dan pandai memanfaatkan waktu.

Saya pribadi sangat suka dengan masakan model begini. Kesannya itu nikmat seperti makan di warung-warung #lidahjawa. Jadi marilah kita eksekusi segera !

1428717722301

Tongkol Goreng Bumbu Pedas

Bahan :

200 gr tongkol potong, goreng hingga kuning kecoklatan, boleh digoreng hingga garing bila suka
1 sdt asam jawa, larutkan dengan air panas 50 ml, saring airnya 1 sdm
1/2 sdt garam
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan atau seujung sdt lengkuas bubuk
1/2 sdt gula pasir
250 ml air
3 butir bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
3 buah cabai merah keriting, iris menyerong
3 buah cabai rawit merah, iris
1 buah tomat, potong kotak
1/2 sdt terasi goreng

Cara membuat :
1. Tumis bumbu iris dan terasi dengan 3 sdm minyak goreng. Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas. Aduk hingga layu
2. Masukkan tongkol goreng. Aduk hingga rata. Tambahkan air, air asam, tomat, garam, dan gula . Masak hingga menyerap
3. Boleh ditambahkan gula pasir jika dirasa kurang manis. Sajikan.

1428717760687

 

Masakan ini memang tergantung selera orang masing-masing ya. Kalau suka masakan Indonesia yang kental Jawanya, maka pasti akan nambah-nambah nasi hangat seperti saya dan hubby.

Selamat Memasak !!

Leave a Reply

