Ayam Goreng Merah Pedas

Hai readers,

Belakangan saya agak repot mengupload cintaresep ke instagram, dikunjungi dan di follow ya ini akunnya IG : cintaresep. Terimakasih ^^

saya kalo ke mall tuh suka banget sama menu ayam lada garam yang ada di salah satu resto chinese food. Ayamnya beda karena warnanya merah. Beruntung sekali karena saya bisa menemukan resep ayam merah di buku pintar Ny Murtini dan Ebta. Buku masak favorit saya. Dengan modifikasi sana sini saya berusaha mendapatkan taste yang sama dengan rasa di resto favorit tersebut. Hasilnya yaaa sebelas duabelas lah. Hehe…Dengan suka hati saya akan membaginya disini. Semoga Anda suka juga yahh…🙂

1424345136466

Ayam Goreng Merah
sumber : Buku Pintar Masakan Ny. Murtini & Ebta dengan adaptasi oleh cintaresep

Bahan :

1 ekor ayam, dipotong2 menjadi 12 bagian (bila memakai ayam kampung sebaiknya dimasak (3 jam) / dipresto (20 menit) dulu hingga agak empuk)
4 buah peka (PK)
1/2 sdm angkak
5 siung bawang putih, haluskan
2 buah cabai rawit, haluskan (kalau tidak ingin pedas, bisa diskip)
1  sdt garam
1/2 sdt gula
1/4 sdt merica
500 ml air
minyak untuk menggoreng
Taburan :
5 buah cabai rawit, potong2
4 siung bawang putih, cincang

Cara membuat :

1. Seduh angkak dengan air hangat, lalu haluskan
2. Rebus ayam, angkak, PK, bawang putih, garam, merica, gula, masak hingga air habis
3. Goreng dalam minyak yang panas hingga garing
4. Taburan : Goreng bawang putih cincang dan cabe rawit hingga kekuningan, tabur ke atas ayam goreng

1424345495788

 

Anda tidak perlu takut dengan warna merah pada angkak. Angkak berasal dari Bahasa Tionghoa. Angkak adalah bahan alami. Angkak berasal dari beras putih yang difermentasi dengan ragi khusus sehingga mengubah warnanya menjadi merah. Di Amerika angkak disebut Red Yeast Rice. Angkak dipercaya ampuh menurunkan kolesterol jahat. Jadi kalau anda ingin menghindari kolesterol, makan ayam yang rebus saja tidak perlu digoreng.

Ayam Goreng merah ini sukses membuat saya ketagihan. Saya harap pembaca juga yaa..

Terima kasih sudah mampir🙂

Leave a Reply

