Valentine’s Chocolate Cake

Hai, readers…

Mumpung masih bulan Februari, saya mau cerita tentang valentinan saya kemaren. Boleh yaaa boleh donggg hihihi…

Sebenernya sih ga ada yang istimewa di tanggal 14 Februari kemarin. Pasalanya entah kenapa tiba-tiba saya ga mood banget buat merayakannya. Malam sebelumnya, hubby sudah mengajak untuk makan pagi cantik di sebuah Buffet Hotel Favorite kami, tapi saya tidak mengiyakannya karena…malas bangun pagi. Haiyaaa…
Siangnya, kami bersiap-siap keluar rumah untuk sekadar jalan-jalan. Tujuan pertama saya adalah ke toko bahan kue untuk berbelanja beberapa kebutuhan baking karena rencananya mau buat kue ultah Gregory yang jatuh pada tanggal 1 maret. Bukan karena terlalu rajin tapi karena beberapa vendor kue ultah sudah padat jadwal sehingga tidak dapat memenuhi permintaan saya. Poor me !😦

Sepulang dari Tbk. kami kelaparan dan pilihan jatuh pada Mie Naripan yang dekat dengan Tbk. Sungguh selera yang sangat amat tidak romantis di hari valentine. Entah kenapa hari itu saya sedang tidak dalam atmosfer yang baik untuk beromantis ria. Setelah makan, kami menuju PVJ. Selama di PVJ kegiatan diisi dengan acara yang sangat tidak penting seperti mengantri penukaran poin Telkomsel selama DUA jam. Hahahaha… Hanya untuk mendapatkan sebuah jam dinding, mug, dan tas gimmick. Hihihi…. Ditambah lagi dengan hubby yang memutuskan untuk meeting dengan salah seorang rekan kerjanya. Sempurnalah hari itu sebagai hari paling tidak romantis…Siapa yang mau disalahkan??? Tentu saja MOOD saya. Hahaha…

Sorenya, kami memutuskan makan malam di The Peak yang berakhir dengan gagal total karena macettt di PARKIRAN PVJ. Tentu saja arah jalan ke Lembang pun macet di hari itu. Setir mobil mengarahkan kami menuju jalan pulang kerumah. Dan, untuk melengkapi hari yang paling tidak romantis dalam setahun. Saya dan hubby makan malam di Warung Nasi Pedas Pasirkaliki, sementara Gregory tidur di carseatnya. Hahaha… #again

Di timeline FB sudah ramai postingan tentang Valentine day. Salah satu informasi yang menggelitik saya adalah bahwa tradisi perayaan Valentine pada tanggal 14 Februari itu diperingati degan cara para wanita memberi coklat kepada pasangan prianya. Nah, pada tanggal 14 bulan depannya, dinamai White Day, para pria akan membalas memberi coklat pada pasangan wanitanya. Sementara Black Day yang diperingati pada tanggal 14 bulan depannya lagi, para jomblo yang tidak mendapatkan apapun baik di Valentine Day dan White Day akan berkumpul bersama2 berkabung dengan menggunakan pakaian hitam. wkwkwk… Lucu ya..

Tapi saya sih tidak 100 % menganut, cuma ambil yang baik2nya saja seperti tradisi valentine di Korea yang para wanitanya membuat sendiri coklat untuk pasangannya. Saya terinspirasi lho…Secara tidak sadar 2 hari sebelumnya saya memanggang chocolate cake tanpa ada maksud apa2. Karena kesibukan dan belum sempat membeli topping buah, Cake itu bertengger di kulkas tanpa sempat dicicipi. Nah, kebetulan pikir saya. Hari ini saya mau memberi Suami dan Anak Laki2 saya coklat cake ini saja. Siapa tau, tergerak bulan depan dibales coklatnya hahaha… #apayangbisadiharapkan wkwkwk

Sepulang dari makan malam di warung remang2 pinggir jalan, saya pun bergerak cepat ke dapur dan mempersiapkan coklat cake saya. Rasanya enakkkk lho, nyoklat banget dan ga bikin gendut. Karena saya pakai Dark Chocolate yang kaya antioksidan dan cake ini menggunakan gula yang sangat minim. Tapi rasanya boleh diadu deh sama bikinan bakery. Hihihi #pedetingkattinggi

chocolate cake6

 

Resep valentine ‘s Chocolate CakeΒ 
sumber : Baking; Mastering the Basics, Murdoch Books Pg 105 with translating and adapting by cintaresep

Bahan :

300 gr dark chocolate, cincang
150 gr mentega tawar, cincang
5 telur dalam suhu ruang, pisahkan kuning dan putihnya
55 gr gula castor
75 gr gula castor ekstra
60 ml susu UHT tawar
110 gr tepung hazelnut, karena ga nemu saya ganti tepung serbaguna
bubuk cocoa tawar secukupnya, untuk taburan
125 gr raspberry atau cherry kalengan

Cara membuat :

1. Panaskan oven hingga 150 derajat C. Siapkan loyang bongkar pasang bulat diameter 20-22 cm , alasi dengan kertas anti lengket, dasar loyang dan juga sisi sekeliling loyang (lebihkan 5 cm untuk menampung adonan yang akan mengembang ke atas)
2. Taruh mentega dan dark chocolate pada mangkuk tahan panas. Letakkan mangkuk diatas panci yang berisi air mendidih ( Pastikan dasar mangkuk tidak menyentuh air). Aduk perlahan hingga mencair dan lembut. Sisihkan
3. Kocok putih telur dan gula castor hingga kaku (stiff peaks). Sisihkan.
4. Aduk kuning telur dan gula castor ekstra dengan adukan telur yg berbentuk balon sampai kental dan pucat. Tuangi adonan coklat dan tepung. Aduk hingga tercampur rata. Gunakan spatula atau sendok untuk mencampurkan 1/3 bagian dari putih telur ke dalam adonan. Tambahkan 1 bagian putih telur lagi, aduk secukupnya, lalu bagian terakhir sampai semua putih telur pindah ke dalam adonan. Tuang ke loyang dengan menggunakan sendok. Ratakan permukaannya.
5. Panggang selama 45 menit tanpa membuka pintu oven. Putar cake dan panggang kembali selama 20 menit atau sampai permukaaan kue terlihat kokoh. Pindahkan kue ke rak pendingin tanpa melepas kertas bakingnya. Masukkan ke dalam kulkas selama 3 jam atau sampai cukup dingin
6. Lepaskan kertas sisi kue, pindahkan ke piring (saya membalikkannya). Lepaskan kertas baking dari dasar kue. Taburi permukaan kue dengan cocoa bubuk menggunakan saringan teh. Hias dengan buah. Ambil pisau yang tajam, celupkan ke dalam air panas, lalu keringkan, potong kue.
7. Siap dihidangkan.

SONY DSC

Menurut saya, setelah dikeluarkan dari kulkas, diamkan sampai tidak dingin, maka cake ini terasa lebih enak lho. Selain itu, kue yang berbahan dasar Dark Chocolate ini tidak mengandung terlalu banyak susu dan gula. Antioksidannya bekerja baik untuk tubuh. Dark Chocolate juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Bagi kita yang masih abege (?!?) Dark Chocolate bisa menimbulkan perasaan happy dan satu yang paling penting, ga bikin gendut. Asal makannya jangan satu loyang sendirian yaaa…Hehehe…

SONY DSC

Lunas ya berarti Valentine ini, saya sebagai seorang perempuan memberi coklat kepada pasangan saya dan laki2 kecil saya. Bulan depan ingatkan saya untuk menagih coklat dari mereka yaa….Hihiii

Happy Valentine Day Dear friends and my blog reader. hope you enjoy this lovely monthπŸ™‚πŸ™‚

β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯β™₯

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s