Rajungan Saos Padang Yummy

Hola readers,

Selama memasak saya paling anti masak yang susah2 macam kepiting, rajungan, lobster. Daripada masak mendingan beli aja dah, ditanggung enak dan ga pake ribet. Tapi kadangkala jiwa koki di diri saya ini memanggil2 untuk bisa segera mencoba eksekusi makanan2 berbahan dasar seafood yang dagingnya memiliki cita rasa terenak di antara anggota kerajaan seafood di seantero dunia #lebaynyagaketulungan

Hingga datangnya hari itu, hari dimana saya memberanikan diri mengangkut pulang rajungan untuk dimasak. Serasa chef sejati haqhaqhaq #baruginidoang

banyak pelajaran yang saya baru tahu sejak saat itu…. #terengtereng

dimulai dari saat membersihkan rajungan, saya bertanya kepada tukang kebun saya di rumah yang ternyata udah tau duluan jauh lebih pintar dari saya #kelamaansadarnya. Beliau yang sudah agak sepuh bilang, kalo membersihkan rajungan ga perlu pakai sikat cukup dibersihkan di air mengalir saja. Saya yang ga gampang percayaan sokpinter langsung buru2 googling. Ternyata betul sodara, faktanya rajungan berbeda dari kepiting. Rajungan hidup di dasar laut, di dalam air laut saja. Itu mengapa rajungan dijual dalam kondisi sudah mati. Sedangkan kepiting hidup di dua alam, darat dan air, sehingga banyak kita jumpai kepiting hidup dijual. Dan kalau kita beli kepiting memang harus dipilih saat mereka masih hidup untuk menjamin kesegarannya. Rajungan sendiri, di hari ia mati harus cepat dimasak. Ada juga yang menjual rajungan beku. Kalo ada yang menjual rajungan dan bilang rajungannya masih hidup itu tandanya Anda tertipu sodara. Camkan baik2. huahahahhaha #tawagetir

next, jadi saat membersihkan rajungan saya ga seheboh para peserta master chef yang berjuang dengan kepiting hidup. Saya cukup membersihkannya di air mengalir membuang organ di luar cangkang bagian dalam yang saya duga insang. (melepasnya gampang). Lalu arahkan bagian dadanya menghadap kita. Belah rajungan menjadi 2 dengan pisau tajam. Kalo saya pakai pisau jagal. Bersihkan juga isi perutnya dan para capit

Memasak rajungan juga hanya membutuhkan waktu sebentar. Tidak seperti kepiting yang harus direbus dulu. Karena daging rajungan lebih lunak dan empuk dibanding daging kepiting

rajungan saos padang

Resep Rajungan Saos Padang
sumber : dekeik.wordpress.com dengan penyesuaian oleh cintaresep

Bahan :
500 gr rajungan, bersihkan di air mengalir, buang insang, belah dua badannya, bersihkan isi perut yang berwarna kehijauan,
Setelah bersih, Anda boleh meretakkan cangkang dan capitnya dengan ulekan atau gagang pisau, supaya gampang dimakan dan bumbunya bisa meresap
250 ml air panas
50 ml saus tomat
1/4 butir bawang bombay, cincang halus
1/2 sdm saus cabe (bila ingin pedas)
1 sdm air jeruk nipis
1 batang daun bawang, potong2 2 cm
1/8 sdt merica bubuk
1/2 sdm maizena larutkan dalam 2 sdm air dingin, aduk rata
3/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir

Bumbu halus :
1 buah cabai merah, belah 2, buang bijinya
1/4 butir bawang bombay
2 siung bawang putih
1 cm jahe
2 sdm minyak

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus dan bawang bombay cincang hingga matang dan berbau harum
2. Masukkan rajungan aduk hingga berubah warna
3. Tambahkan air panas, masak hingga mendidih
4. Tambahkan saus tomat, saus cabe, merica, garam, gula, dan terakhir air jeruk nipis. Aduk hingga rata
5. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga saus mengental
6. Masukkan daun bawang, aduk sampai layu,
7. Sajikan.

Warning : Rajungan saos Padang ini enakkkkk buangett. Kalo resep saya ini terdiri dari 2 ekor rajungan ukuran kecil. Anda harus memastikan bisa mendapatkan Rajungan yang lebih besar ya, supaya lebih puas makannya.

Daging rajungan lebih manis dan lumer dibanding kepiting. Pokoknya enak deh…

Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

