Shabby Pink Theme : Flower, Dessert Table for my Mum 50th Birthday

Setiap tanggal 5 Agustus, Ibu saya berulang tahun. Dan pada tanggal kemarin itu, saya secara tidak sengaja membuatkan dessert table sederhana untuknya. Sebenarnya hanya janji akan membuatkan cake ulang tahun. Rencana berubah ketika melihat kain2 cantik yang baru saya beli di toko kain. Selain suka memasak, saya juga seperti granny2, suka menjahit ;D

tanpa pikir panjang saya langsung menyetting meja panjang dan ide tema bunga langsung terlintas begitu saja karena di rumah saya memang banyak bunga2 artificial dari akrilik buatan Ibu saya maupun bunga beli jadi. Semua berlangsung sangat instan karena saya memang tidak punya banyak waktu. Selain sibuk urusin si kecil, saya juga sibuk2in diri ngitung beras ;D

Persiapan malam hari sebelum hari H

Persiapan malam hari sebelum hari H

Sehari sebelumnya, saya mempersiapkan diri buat manggang2, setelah lama bertapa saya memutuskan kembali merujuk pada pakar membuat kue ultah, ricke ordinary kitchen

Resep Blue Velvet Cake
sumber : blognya teh ricke disini dengan modifikasi oleh cintaresep

Bahan :

185 gr unsalted butter, suhu ruang
375 gr icing sugar
3 butir telur ukuran besar
3 sdt pasta vanilla

375 ml buttermilk*

  • cara membuat buttermilk homemade :
  • 375 ml UHT milk, hangatkan diatas api sedang sebentar saja. diamkan sebentar, tambahkan 1 sdt cuka makan atau 1 sdm air jeruk lemon. aduk rata. diamkan sekitar 10 menit. Susu akan ‘pecah’ menggumpal dan mengental seperti yoghurt. Siap digunakan.

3 sdt blue food coloring

375 gr tepung terigu protein rendah
22.5 gr susu bubuk full cream
3/4 sdt garam
3/4 sdt baking powder

1 1/2 sdt cuka makan
1 1/2 sdt soda kue

Cara membuat :
dengan asumsi : Resep semua dibagi 3 dulu. dikerjakan satu2 karena ovennya ga muat lebih dari 1 loyang ;D

1. Panaskan oven 180 ‘ C (atau sesuai oven masing2). Siapkan 3 buah loyang bulat diameter 24 cm. Olesi dengan margarin dan alasi bawahnya dengan kertas roti. Olesi kembali dengan mentega. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, susu bubuk, garam, dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang (light and fluffy). Masukkan telur, sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata.
4. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan campuran buttermilk sambil dikocok rata. Diawali dan diakhiri dengan campuran terigu. (terigu dalam 3 bagian, buttermilk dalam 2 bagian). Matikan mixer.
5 Campurkan soda kue dan cuka makan (akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan camputran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam loyang. Segera masukkan ke dalam oven.
6 Panggang sampai matang sekitar 30 menit, atau hingga matang dan permukaannya membal bila disentuh. Dinginkan.

Cream cheese frosting :

250 gr cream cheese, suhu ruang
100 gr unsalted butter
500 ml whip cream cair dalam keadaan sangat dingin

Cara membuat :

1. Kocok cream cheese dan butter hingga lembut. Sisihkan
2. Kocok whip cream cair hingga mengembang dan kaku
3. Masukkan campuran cream cheese dan butter tadi. Kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Simpan dalam lemari es hingga saat akan digunakan.

Penyelesaian :
1. Ambil selembar cake, beri filling cream cheese frosting. Tumpuk kembali dengan selembar cake. Lakukan sampai selesai.
2. Poles keseluruhan cake dengan cream cheese frosting. Hias sesuai selera.

insiden terjadi saat saya awalnya menginginkan red velvet cake. Saya tidak menyadari bahwa pewarna merah saya ternyata tidak ada. Saya tidak dapat menemukannya. Sedangkan adonan sudah siap. Poor me!

hal yang kemudian terjadi adalah saya memanggang chocolate velvet, karena di resep asli red velvet, memakai coklat bubuk. Hal ini membuat saya tidak patah asa untuk membuat red velvet. Dengan sedikit pengetahuan yang tiba2 menjadi minus, otak saya berpikir bahwa bila mencampur coklat dengan biru saya pasti bisa dapat warna merah gelap. Darimana teori bodoh ini berasal? Pasti dari kolong meja makan!!! ;D

bisa ditebak, bukannya dapat red velvet, saya malah mendapatkan selembar cake berwarna hijau gelap. Saya menyebutnya “Teal velvet cake” so weird name!!!

pada limit keluguan saya yang selanjutnya, saya mulai menyadarkan diri sendiri, bahwa semua ini tidak bisa dibiarkan berlanjut. 2 kali gagal, saya akhirnya menemukan pencerahan. Saya akan membuat Blue Velvet Cake! Hahahah akhirnyaaa…

saya melapisi 3  lembar cake saya dengan cheese cream frosting dan taburan gula berwarna

IMG_20140804_194448

Dan red velvet saya pun dapat diwujudkan dengan indah untuk mama tercinta. fiuhhhh….

IMG_20140805_184751

Awalnya, dekor cake saya pasrahkan pada cherry kalengan yang saya beli sebelumnya. Saya kira cherry nya berwarna merah sesuai harapan saya, ternyata warnanya tebak apa? It is Black T_____T. Saya meletakkan peach ditengah kue, dan tak tahu lagi harus bagaimana. besok paginya, saya berpikir keras dan mencari link tutorial di youtube. pilihan jatuh pada fondant. Saya yang tidak mahir membentuk fondant harus belajar kilat. Link tutorialnya dengan senang hati akan saya share ya, ada disini . Semoga Anda yang kepepet seperti saya juga bisa terbantu. Thanks for the owner of the blog. Untuk daun saya buat dengan cetakan fondant. Tapi menurut sya, untuk jangka waktu lama paduan cream cheese frosting dan fondant ini kurang jodoh. Karena rose fondant yang rentan hawa dingin dan basah harus berperang melawan tekstur cream yang basah dan dingin karena masuk kulkas. Tapi kalo ga terlalu lama, dekor ini masih bisa koq diaplikasikan. *CMIIW

Berikutnya tantangan terhadap nasib cake yang lain sudah menanti. Tak kurang akal, chocolate velvet cake saya disulap menjadi seperti ini, mohon dimaklumi, hahahha. Cake saya potong kotak2 dan saya tumpuk dalam 2 layer dengan frosting cheese cream ditengah dan bagian atasnya.

IMG_20140805_213826

Dan Teal velvet cakenya ga mau ketinggalan pengen dipermak, saya menambahkan topping irisan peach supaya tampak menggoda untuk dihabiskan. Haaaa….secara cake gagal! ;p

IMG_20140805_214009

dan keseluruhan dessert table untuk mama saya pun jadi juga. Saya dengan tidak tahu malunya menceritakan kebahlulan saya ini kepada keluarga yang menyambutnya dengan antusias. Meski gagal, cakenya enak banget lhooo… Sempat dipuji cake terenak yang pernah saya buat. whatttt??.,,!,!! Jadi selama ini cake saya agak mengkhawatirkan gitu???? *ngelusdada

2fa24b42-5c83-4bd4-be9c-e1015f9d8802

 

Dalamnya blue velvet cake yang katanya cake terenak dari yang pernah dibikin selama ini. hahha epic banget! lapisan cheese cream diantara layernya kurang banyak ya, maklum amatir ;D

IMG_20140805_185136

Saya meng-arrange dessert table saya dengan cukup simple.

1. Membentangkan 2 meter kain katun jepang yang diselipkan renda putih dengan jarum pentul

2. Membuat bentangan kain tile sepanjang 5 meter dan mengikatnya sekeliling panjang meja membentuk pita di salah satu sisi bagian tengah

3. Meletakkan 2 buah vas bunga artificial di kanan kiri. Dan beberapa gelas berisi batuan dan bunga. Saya juga menebarkan beberapa tangkai bunga sebagai dramatic effect

4. Menyusun piring2 kaca dan tier yang juga terbuat dari kaca. Semua ini selesai dalam waktu kurang dari satu jam. layak Anda coba🙂

DSC_0325

Mama tersayang yang berulang tahun ke 50, dengan dessert table persembahan anak perempuannya🙂 dia terlihat happy banget, puji Tuhann… Panjang umur dan diberkati terus ya Ma. Tuhan itu baikkk buat mama ^^,

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s