Disney Theme : “Nemo”, First Dessert Table For my Baby 1st Birthday

Sesuai janji saya di postingan terdahulu, bahwa saya akan bercerita tentang membuat dessert table sendiri. Kali ini, saya sudah bertekad melunasinya =)

Jadi ceritanya, bulan Maret kemarin #GregoryElhanan berulangtahun yang pertama. Saya sangat excited. Yang ulang tahun anak pertama siapa yang engga, betul? ;D

Saat memutuskan untuk membuat dessert table sendiri, motivasi saya adalah berhemat uang belanja, hahaha. Kalau untuk memesan dessert table dari ahlinya sih sebenarnya bisa2 saja, tapi saya mencoba menantang diri sendiri dan melatih otak kreatif saya untuk bekerja. Maklum saja, menjadi Ibu dari seorang bayi laki2 yang aktif, disaat saya masih aktif menyusui, memasak, mengerjakan pekerjaan rumah tanpa asisten rumah tangga adalah tantangan yang berat untuk mulai kembali berpikir kreatif dan instingtif. Halahhhh…

Jadi saat #GregoryElhanan masih berusia 9 bulan, saya mulai mencicil dessert table saya. Pertama2 saya mempertimbangkan tema besar yang akan saya pilih. Suami saya adalah seseorang yang berasal dari pulau yang lauk pauk pokoknya adalah ikan. Bisa ditebak, makanan sehari2nya adalah ikan laut segala rupa. Dan ini menjadi makanan favoritnya selain daging. Like Father, Like Son #GregoryElhanan pun menyukai ikan. Disaat masih bayi, ia suka tertawa cekikikan bila papanya meneriakkan kata. “Paussss…, Hiuuu…” di depan wajah imutnya. Selain itu suami saya suka sekali menyetelkan discovery channel di tv kabel tentang laut dan makhluk2 yang berseliweran di dalamnya. Dan guess what?? #GregoryElhanan di usianya yang masih benar2 bayi sangat anteng dan tenang sekali menonton tv bergambar ikan. ah maiGad!!

Dessert Table bertema Finding Nemo

Dessert Table bertema Finding Nemo

Jadilah saya memilih tema Finding Nemo untuk ulang tahun pertama anak  saya. Klise, hihihi…

Balon berbentuk Ikan Nemo

Balon berbentuk Ikan Nemo

Setelah itu saya mulai membuat label stiker yang saya cetak sendiri, berbekal kemampuan desain yang ala kadarnya, meski saya bergelar Sarjana Komputer, pengetahuan desain menggunakan komputer saya tidak mahir2 banget tapi cukuplah untuk mengasah otak mengingat kembali pelajaran semasa kuliah dan lagian ini buat anak kecil kan? Jangan terlalu serius dong ahhh *ngeles. Saya mencetaknya dengan printer khusus.

Biskuit Bayi dengan personalized label

Biskuit Bayi dengan personalized label

Susu Coklat dengan personalized label

Susu Coklat dengan personalized label

Name tag untuk Lollypop

Name tag untuk Lollypop

Label Ucapan Terimakasih pada suvenir ultah

Label Ucapan Terimakasih pada suvenir ultah

List Menu Makanan Utama

List Menu Makanan Utama

Personalized label dan Name tag untuk coklat kacang

Personalized label dan Name tag untuk coklat kacang

Personalized Label untuk Topper Cupcake

Personalized Label untuk Topper Cupcake

Selain mencicil semua label diatas saya juga mendesain backdrop yang natinya saya bawa untuk dicetak di percetakan. Hasilnya bisa selesai dalam waktu 1-3 hari tergantung sibuk tidaknya percetakan yang didatangi

A_078

Untuk kue ulang tahun saya merasa tidak akan cukup bagus bila membuatnya sendiri. Jadi saya memesan 1 bulan sebelumnya dengan desain yang saya tentukan sendiri.

Saya mengungkapkan sedetail mungkin pada pembuat kue supaya hasilnya sesuai dengan yang saya butuhkan untuk menjadi primadona di dessert table ini.

2014-08-11-00-31-12_deco

Gambaran yang acakadut tapi sukses dibuat oleh sang cake maker dan ini hasilnya

Finding Nemo Birthday Cake

Finding Nemo Birthday Cake

mirip ga?

Untuk menambah menu di dessert table ini saya membuat cupcake sendiri. 1-2 hari sebelum hari -H saya berbelanja bahan, dan saya cukup mengeksekusinya sehari sebelumnya. Saya membuat Vanilla cupcake dengan vanillie bean yang sangat simple dengan hiasan buttercream diatasnya, ditambah topper cupcake personalized label design,  cupcakenya laris manis sama semua tamu saya, Senangnya !!

Vanilla Cupcake dengan Vanillie bean Homemade

Vanilla Cupcake dengan Vanillie bean Homemade

 

Bila tidak sempat membuat apa2 lagi, Buah Naga Jelly-O ini sangat gampang untuk dieksekusi, dengan dibantu mama, saya menyelesaikannya dalam kurang dari dua jam saja

Buah Naga Jelly-O

Buah Naga Jelly-O

Resepnya di postingan terpisah ya =)

Untuk perabot yang saya pakai semuanya mudah dicari. Tier cupcake terbuat dari karton saya beli di bazaar pastry seharga 17.500 an. Iya, murah banget kan? Di salah satu pusat perbelanjaan besar di Jakarta saya menemui harganya melangit hingga 150 rb rp. Sungguh Ter-La-Lu…hihi

Untuk tempat menusukkan balon dan lollipop saya membeli gabus tebal untuk pengganti cake palsu biasanya ada di toko bahan kue. Lalu pakai kertas yang bagus untuk membungkusnya

Kalau mau membuat hidangan tampak tinggi, carilah tier dari kayu yang cantik dan letakkan piring bertutup kaca yang manis diatasnya.

Belilah beberapa piring kaca yang bling2 untuk memberi kesan mewah dan bersih. Jangan pakai piring plastik ;D

Saya menambahkan beberapa kerang2an hasil mulung di pantai saat kami liburan sebelum #GregoryElhanan lahir. Memberi kesan laut pada meja Finding Nemo kami. Simple saja ga usah beli =)

Untuk alas meja, saya memesan taplak berwarna gonjreng nan polos dari salah satu online shop yang berjualan kain. Tidak perlu berjubelan di toko kain dan kebingungan memilih karena pasti akan banyak pilihan.

Wuahhh, cukup cape sebenarnya mengerjakan dessert table ini sendirian, tapi kepuasan saat melihat foto2 si kecil tampak sangat happy di hari besarnya melumerkan segala lelah dan jerih payah yang sudah dikeluarkan. Meskipun sedang flu dan meler sepanjang hari, ia tidak kehabisan energi untuk menikmati hari spesial yang dibuatkan mama dan papa untuknya. Tampaknya ia sadar bahwa dia adalah bintang di pesta ini  =)

ini buktinya,

B_064 B_117 B_150 B_411 B_414

 

 

Anak yang sangat diberkati dan dicintai. Thanks God! Bless Our Child, o Lord..

Semoga cerita ini menginspirasi teman2 semua, untuk pertanyaan, saran, dan komentar, jangan segan untuk meninggalkan jejak di bawah ya,

 

Happy Crafting ^__^v

 

7 thoughts on “Disney Theme : “Nemo”, First Dessert Table For my Baby 1st Birthday

  1. Pingback: ♥♥♥ Tips : How to make your own Desserts Table ♥♥♥ | c'nt'a resep

  2. Salam kenal mbk,saya ibu dr babyboy umur 9 bln,saya terkesan skali mmbaca blog mbk saya jdi terinspirasi pengen ngadain first birthday nya si kecil dgn kreasi sndiri,aku udh sempet mulai bingung hrus mulai dr mna dan temanya apa stelah baca crita mbk jdi semangat mau bkin dessert table sendiri dan decor partynya sekreatif mungkin,thanks

  3. Mbaaa…minta resep donk itu buah naga jelly o nya kok menggoda sekali. Gimana kok bisa bentuknya spt jeruk gitu lucuuu….truss tier cupcakes karton yang murah beli mana y??pastry bazaar di mana mba??
    Ama satu lagi mba kl mau buat label2 n topper cup cake plus undangan sendiri gitu template nya ambil dari link website mana??

    Maaf ya mba, banyak nanya abis saya terinspirasi skali liat blog mba ini padahal ultah anak saya uda mepet huhuhu.,, thanks

  4. mba mau tanya dong cara buat tooper dan label stiker nya gimana? dan pakai stiker atau kertas apa?

  5. hai lala, maafkan aku baru baca, karena blog yg wordpress ini sudah aku pindah ke cintaresep.com hehe jadi jarang baca notifikasi. tapi coba aku jawab satu2 yaa :
    1. naga jelly o caranya gampang, belah 2 jeruk sunkist, lalu keruk isinya sampai bersih. setelah itu buat jellynya dari buah naga perbandingan coba baca2 dr resep puding jelly biasa ya, sama koq. setelah jelly masak, tuang ke kulit jeruk sunkist, biarkan dingin, lalu potong2 deh🙂 gampang, dicoba yaa…
    2. tier cupcakes di online shop banyak, kalo ga ada di toko bahan kue juga dijual.tapi mungkin harganya sekitar 30 rb-60 rb ya, waktu aku beli lagi harga promo diskon. pastry bazaarnya di festival citylink bandung
    3. kalo desain label dan topper, saya biasa googling, dan edit menggunakan adobe photoshop atau corel draw, template gratis udah tinggal langsung cetak biasanya jarang, harus diedit dahulu
    4. semoga ga terlalu terlambat ya jawabannya hehehe…
    thanks for reading, visit http://www.cintaresep.com ya🙂

Leave a Reply

