Cheesy Chicken Drumstick

Penasaran banget sama Masterchef Junior yang bisa banget gitu bikin sayap ayam jadi berbentuk kayak paha tapi kecil2, mirip stik drum gendut, menyerupai permen lolli. ;D

Selama ini paling males kalo udah liat sayap ayam yang dicuekin sama orang rumah (termasuk nyonya rumah ;p) gara2 ribet musti misahin tulang dan dgingnya. Terinspirasi dari Masterchef anak2 inilah saya cari tahu gimana caranya ngubah sayap ayam jadi berbeda bentuk dan mudah dikonsumsi.

saat membuatnya penuh perjuangan karena ternyata ngumpulin daging dan mematahkan tulang ayam mentah itu ga gampang. Apalagi saya yang punya fobia terhadap unggas, selama ini saat masak saya selalu meminimalisir bersentuhan kulit langsung dengan daging ayam mentah. Saya selalu sedia sarung tangan plastik. Kali ini ga bisa, saya harus menyentuhnya dengan tangan telanjang. Dengan tenaga dan kesabaran yang ga sedikit juga lho.  Huahhh…Salut buat anak2 perserta masterchef yang bisa melakukannya. Jempol!!

IMG_20140531_140736

 

Resep Cheesy Chicken Drumstick

sumber : buku Masterchef Indonesia Holiday cookbook for Kids

Bahan :

8 potong sayap ayam

1 sdt garam

3 siung bawang putih, parut

1 sdt jahe, parut

1/4 sdt merica bubuk

50 gr tepung terigu

50 gr keju cheddar parut

1/4 sdt garam

1 sdt peterseli cincang

minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :

1. Potong sayap ayam menjadi 2. Buang bagian yang lancip. Iris salah satu ujungnya, lalu kumpulkan daging diujung tulang . Bisa dengan bantuan pisau, kumpulkan daging ke satu sisi ujung tulang.

2. Remas- remas ayam dengan garam, jahe, bawang putih, dan merica bubuk hingga rata. diamkan selama 1 jam dan sisihkan

3. campur tepung terigu, keju parut, garam, dan peterseli cincang. aduk rata

4. Gulingkan ayam ke dalam campuran tepung sambil padatkan hingga rata. goreng dalam minyak panas hingga renyah dan kekuningan. angkat dan sajikan.

IMG_20140531_132959

Kalo di Indonesia, chicken drumstick ini disebut juga ayam tulip atau ayam pentul. Rasanya gurih, enak, dan renyah banget karena daging, kulit, dan lemaknya sudah ngumpul dan tinggal dilahap dalem mulut, nyum…nyum…. belum lagi sensasi rasa asin dari kejunya….mooooo….. Ehhhh krucuk2 denggg *suaraperutkeroncongan ;D

kalo udah dibuat drumstick begini, papa sama anaknya bener2 bakalan rebutan dah. *mamayangmewakiliadekselametinjatahmakan =)

lets try, homemade food is priceless ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s