0_0 Truly Takoyaki Lovers 0_0

Suatu siang yang cerah, kami sedang ada di food court sebuah mal untuk makan siang, selesai makan, kami bertemu dengan adik terkecil saya yang sedang jalan2 dengan teman perempuannya. Mereka sedang ada di gerai Takoyaki sebuah merk favorit. Tak lama mereka duduk bersama dengan kami. Gregory (anak kami) yang saat itu baru menginjak umur setahun terlihat tertarik dengan apa yang adik saya makan. Seporsi Takoyaki keju dengan isian cumi dan gurita. Sedikit mencicipi dan Gregory terlihat sangat menikmati potongan demi potongan Takoyaki tersebut. Sampai-sampai adik saya perlu membeli lagi seporsi untuk dirinya sendiri karena takoyaki jatahnya habis disantap anak saya yang selalu berteriak2 meminta disuapi secara berulang. Sampai habis. Ya, disinilah sang mama tahu anaknya mulai punya jajanan favorit yang berasal dari luar dapur rumah ;D

Beberapa bulan berselang, Gregory mulai dapet penyakit batuk pertamanya. Hampir seminggu lamanya ia tidak mau mengonsumsi apapun selain bubur instan. Bahkan jus kesukaannya pun sangat sulit ditelannya. Saat kami mengunjungi mal, saya berinisiatif membelikannya takoyaki seperti yang difavoritkannya. Jujur saja saya sangat jarang membelikannya makanan ini karena saya kurang yakin dengan higienitasnya. Tapi kali ini demi ia mau makan sesuatu selain bubur instan, saya mengijinkan. Tak disangka tak diduga, 1 porsi takoyaki habis dengan cepat dan tanpa sedikitpun penolakan. Mama baru ngeh kalo Gory ternyata Truly Takoyaki Lovers. Sakit pun tetep Takoyaki bisa masuk perut dengan lancar.

Dari 2 kejadian diatas, saya mulai tergoda untuk membuat takoyaki sendiri di rumah. Kebetulan di buku resep ada dan saya langsung eksekusi. Tapi, sayangnya, di resep terlalu otentik takoyaki, kurang manusiawi menurut saya, rasa jahenya sangat terasa, adonan terlalu padat, dan tidak ada keju. Gorynya ga mau sama sekali, semua yang dicoba disuapi ke mulutnya dilepeh tanpa ragu. Sayang melihat setengah adonan yang belum dibuat, saya kemudian menyesuaikannya dengan lidah saya, menambahkan beberapa bumbu dan bereksperimen. Syukurlah diadonan kedua ini, Gory sukses makan sampai habis. Ternyata memang mama yang paling mengerti ya, nak.. =) *pukpuk Gory

IMG_20140708_225845

Kita intip yuk resep adaptasi Gory’s Mom๐Ÿ˜‰

Resep Takoyaki

sumber : buku seri Sedap 57 Resep Japanese Cake & Bread dengan adaptasi oleh http://www.cintaresep.com

Bahan :

2 kuning telur
1 putih telur
600 ml kaldu ikan / campuran air dan kaldu cumi
200 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
5 sdm minyak goreng untuk mengoles

Bahan Isi :(aduk rata)

150 gr cumi segar, kupas,ย buang kepala dan isian di badan, rebus hingga empuk, potong kotak 1 cm
50 gr kol, iris tipis
1 sdt garam
2 batang daun bawang, iris halus
3 cm jahe, cincang halus
5 siung bawang putih, haluskan
1 sdt ketumbar, haluskan
50 gr keju, parut

Pelengkap :

50 gr saus takoyaki
50 gr mayones
3 sdm dried bonito ( cumi tipis kering yang bisa bergoyang bila kena panas)

Cara membuat :

1. Kocok lepas telur. Tambahkan kaldu sedikit2 sambil diaduk rata
2. Tuang ke dalam campuran tepung terigu, baking powder, dan garam sambil diaduk rata
3. Panaskan cetakan poffertjes. Kecilkan api. Oleskan minyak goreng (sekitar 3 ml, sedikit menggenang supaya mudah dilepaskan). Tuang adonan kedalam cetakan hingga penuh. Tambahkan isi. Biarkan hingga bagian bawah dan pinggir takoyaki berkulit. Tusuk dengan tusukan besi, bila bisa tergeser berarti sudah bisa dibalik 90 derajat. Tambahkan sedikit adonan kulit. Tangkupkan dan tekan hingga menyatu dengan adonan tambahan
4. Bolak balik sampai membentuk bola dan matang
5. Sajikan takoyaki bersama pelengkap

IMG_20140708_123803

Membuat Takoyaki dibutuhkan latihan, kalo masih pemula bulatannya ga rapih kaya buatan saya diatas tuh, hihi Pardon me v

 

Selain bulatannya belang bentong dan ga rapi saya juga kelupaan beli dried bonito, padahal uda diinget2 tetep aja lupa dibeli. Tapi ga ngaruh juga tuh buat si kecil, hihihi…

IMG_20140708_225816

Ternyata kunci supaya takoyakinya empuk dan maknyosh adonannya musti sedikit cair. Jadi kalo Anda yang mau mencoba bikin juga dirumah, merasa kurang empuk bisa tambahkan air/ kaldu lagi sedikit sampai didapat tekstur empuk yang sesuai dengan selera Anda. Kalo suami sendiri lebih suka yang empuk dan terkesan kosong ga terlalu padat

IMG_20140708_225719

 

Selamat mencoba, Takoyaki Lovers !! O_O

One thought on “0_0 Truly Takoyaki Lovers 0_0

  1. Pingback: Kumpulan Resep Seafood - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s