Kintsuba, Healthy Japanese Cake

Sejak, anak kecil di rumah saya melewati masa 1 tahunnya yang istimewa karena setiap hari saya masak buat dia, bangun jam 7 pagi, masak makan pagi, sembari siap2 masak makan siang dan makan malamnya dengan menu yang berbeda2. demi supaya ia mendapatkan rekam ingat yang menyenangkan tentang kegiatan yang namanya makan.

Syukur puji Tuhannya, sampai saat ini sudah lewat hampir 4 bulan, dia selalu antusias saat jam makan tiba. Ga susah disuruh makan apa aja, bahkan batu pun dikulumnya ;D.

nah, masalahnya, stok semasa MPASI di bawah satu tahunnya masih saja menumpuk, kacang merah kering, ada satu toples dan lama tak tersentuh lagi karena kini menu makannya hampir sama dengan kami, papa mamanya.

bakat dibuang sayang, saya mulai sibuk mencari resep yang berbahan dasar kacang merah yang bener2 kalo bisa 90 % nya menggunakan kacang merah. Biar cepet abisss ;p

pilihan jatuh pada resep japanese cake yang kedengarannya menggiurkan, KINTSUBA. Ada yang merasa cukup familiar dengan namanya ?  saya juga! Serasa pernah tinggal di Jepang , di mimpi kali yeeee, wkwkwkwk

langsung aja ya…*takutdisambitmixer

IMG_20140626_122848

Resep Kintsuba

sumber : sedap, 57 resep japanese cake & bread dengan adaptasi oleh http://www.cintaresep.com

Bahan :

100 gr kacang merah kering, rendam semalam, ganti air beberapa kali kalo keruh, rebus sampai empuk,

(untuk perebusannya, karena saya emak rempong *ngaku, air saya tambah 500 ml bertahap, jadi abis tambah lagi 500 ml, gitu terus, tapi ga empuk2. Saya masukkin kulkas kacangnya, saya tinggal tidur ;p. besok harinya saya rebus lagi sampe empuk beneran)

500 ml air

2 sdt agar2 bubuk (2 agar2 swallow plain)

100 gr gula pasir

1/2 sdt garam (sesuai selera ya kalo kurang asin tambah seujung sdt)

1 sdm mentega tawar

Bahan Pencelup :

50 gr tepung ketan

100 gr tepung terigu

25 gr gula tepung

200 ml air

Cara membuat :

1. blender kacang merah dengan 250 ml air sampai lembut.

2. Aduk rata agar2, gula, air 250 ml, dan garam. tambahkan blenderan kacang merah. Rebus dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental dan kalis (kalo pengaduk diangkat tidak tes2 tapi nyambung). Kira2 7 menitan.

IMG_20140626_181235

3. Tuang ke dalam loyang kotak, 15 x15x3 cm. Biarkan dingin. Potong2 kotak 5×5 cm. sisihkan

Saya pake loyang kotak saya, ga sama tapi lumayan kecil🙂

IMG_20140626_110651

Ini ukuran 18×18 cm

IMG_20140626_121354

4. Pencelup, ayak tepung ketan, tepung terigu, gula tepung, campurkan dengan air hingga tepung larut.

5. Celupkan potongan kacang merah ke dalam pencelup

6. Masak di atas pan yang sudah dioleskan mentega tawar. masak sampai matang.

IMG_20140626_123740

Bagi saya yang irt tanpa prt, membuat kintsuba ini gampang banget dan ga nguras energi terlalu banyak. Senangnya lagi cepet banget ludes, ga biasanya si kecil nafsuan begini makan yang sehat2. Sebenarnya, papa mamanya juga nafsu sih, pantesan kan buah ga jatuh jauh dari pohonnya😉, yakan yakan??? hihi

IMG_20140626_122623

Kalo banyak komen di medsos tentang stroberinya yang lebih bikin ngiler bin ngacay dibanding kintsubanya, maap aja emang ini stroberi baru beli kemaren, bole kebujuk ama logo MANIS yang ada di bungkus packingnya. Biasanya kan stroberi jarang2 yah yang manis. Akhirnya ya diangkut. Eh, tapi jangan salah, meski berlabel manis, stroberinya tetep haseeeeuuuummmm *ngatainpenjualnya. Krkrkrkrkrkrkrk…fokus ama kintsuba aja yah bu ibu, kalo ini beneran manissss kayak eyke. #kaboorrr…

Leave a Reply

