Rolade Tenggiri

Kalo lagi belanja ikan, pilihan selalu jatuh pada jenis ikan yang dagingnya empuk, durinya tidak banyak, dan ga berbau amis, salah satunya adalah ikan tenggiri. Tapi cara mengolahnya yang itu2 saja membuat para ibu rumah tangga seperti saya kadang2 merasa jadi pemain filmnya Desperate Housewives, hihihi…Yang dipikiran hanya seputar otak2, pempek, atau baso ikan, atau kekian atau…. koq itu2 aja, bahkan kalo lagi niat tenggiri pun saya buat Steak, parah kan? meskipun ya jadinya enak juga sih *pede. Tapi tetep aja bosen, pengen yang lain, yang supaya gampang bisa juga jadi makanan MPASI buat batita saya yang belakangan apa aja dimakan, *”kalo enak”. Huaaaaa…. embel2 kalo enak nya itu yang bikin saya bakal bener2 jadi desperate nih…gimana ga desperate, kalo dirasa ga enak, si dudul kecil ini bakal nge – lepeh dengan tega masakan emaknya yang dibuat berjam-jam dengan susah payah. T____T

Bolak balik buku masak ampe lecek, checking2 blog masak punya temen2 ampe tangan kriting,  usut usut internet ampe jaringannya kusut,, akhirnya nemu juga resep yang berbahan dasar ikan tenggiri. Jadi, marilah kita coba…

Eng..ing ..eng dan ternyata enak juga loh, rekomen deh buat ibu2 yang punya batita seperti saya, bisa juga disantap buat suami nyamil2 ya, karena kalau sebagai lauk kayaknya kurang lengkap dan kurang nendang gitu, hehehehe…Lets try..

roladetenggiri3

Rolade Tenggiri
sumber : anekeresepmakanan dengan penyesuaian oleh cintaresep

Bahan :

450 gr daging ikan tenggiri, (1 ekor ikan ukuran sedang, pisahkan daging dari kulit, tulang, ekor, dan kepalanya, keruk dengan pisau supaya gampang)
50 gr wortel, potong dadu ½ cm, rebus
1 putih telur ayam, kocok lepas
100 ml air es
4 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdt minyak wijen
3 sdm tepung kanji, ayak
1 sdt garam

Kulit rolade :

3 butir telur ayam, kocok lepas
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
sedikit minyak sayur

Cara Membuat :

1. haluskan daging ikan dengan hand blender
2. campur daging dengan air es, putih telur, garam, wortel, bawang putih, bawang daun, minyak wijen, dan tepung kanji. Aduk rata dan bagi menjadi 4.  Sementara menunggu kulit rolade, masukkan adonan ke kulkas bawah
3. Untuk kulit : kocok telur, garam dan merica. Buat 4 lembar dadar tipis menggunakan teflon berdiameter 22 cm. Supaya hasilnya bagus dan tipis rata tanpa lubang, tuang kocokan telur pada saat teflon belum panas. bila telur sudah mengeras, kecilkan api.
4. Letakkan telur dadar di piring datar. Tuang adonan ikan diatasnya dan ratakan ke seluruh permukaan telur. Gulung pelan2 hingga padat. Siapkan alumunium foil. Bungkus rolade dalam alumunium foil, kukus selama 30 menit

roladetenggiri
5. Angkat, potong2 setebal 3 cm, siap dihidangkan bersama pelengkap (saus cabe atau sambal)

roladetenggiri2

Pembuatan Rolade ini sederhana banget tapi hasilnya enak. kalo lagi rajin bisa juga dikreasikan dengan penambahan bahan2 lain. Sayangnya, saya lagi ga rajin, jadi segini aja deh, yang penting ada makanan hahaha, udah ahhh lanjut nyetrika lagi yaaa… *prt mode : ON

 

luvluv

c’nt’a

4 thoughts on “Rolade Tenggiri

  1. Saya Belum testing juga mak, tapi dicoba aja modifikasi dengan ikan tongkol, kalo udah jadi, kabari hasilnya ya mak =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s