Baby, I love You Paskali (1), Pantai Namalatu, Ambon, Maluku

Baby, I love you paskali dalam bahasa Ambon artinya adalah Sayang, saya cinta kamu sangat. Kata2 ini adalah sebuah lirik lagu yang saya dengar dari suara radio tape di tengah perjalanan darat  di mobil sewaan tatkala berkunjung ke kampung halaman suami  di kota Ambon, Provinsi Maluku Tengah.

Ketika foto2 di bawah ini diambil, saya dan suami sedang dalam rangka sesi foto2 untuk prewedding di bulan Agustus tahun 2011 lalu. Kami membawa fotografer asal Bandung. Tapi semua foto dibawah ini adalah courtesy of my beloved hubby ^_^. File yang lama teronggok di folder komputer ini akhirnya saya buka kemarin. Pasalnya, saat nyasar blogwalking saya menemukan seorang blogger luar negri asal Indonesia yang pengen banget jalan2 dan plesir ke daerah timur Indonesia tapi belum kesampean, dia menyebutkan baru bali yang sering dia kunjungi. Saat itu hati saya terketuk untuk memposting secuplik cerita tentang Ambon, pantai2 indah, kehidupan masyarakat, dan objek wisata yang mengandung banyak magnet alami. Membuat Indonesia yang kita semua pikir kaya jadi terasa jauh lebih indah dan lueeebihhh kaya raya begitu kita menyaksikan sendiri alam yang tidak pernah kita kunjungi dan mengabadikannya dalam memori sedalam mungkin. Supaya meski kita jauh darinya, rasa bangga terhadap bumi pertiwi tetap ada di dada. Bisakah kita menceritakannya dengan bangga dan bersemangat seperti ketika kita bercerita tentang Bali, Yogyakarta, Medan, dan kota-kota indah lainnya yang sarat dengan wisatawan dari mancanegara?

Seperti opini mengagetkan dari suami saya, “Sewaktu kecil, saya menganggap semua ini biasa dan tidak menarik, sampai belasan tahun setelah merantau ke  luar Ambon dan kembali, saya seperti tersihir, belum pernah tahu bahwa semua ini ternyata ada.”

Langkah kecil saya menceritakannya kepada Anda dimulai dari blog ini ^__^

Pantai pertama yang saya kunjungi adalah pantai berkarang Namalatu. Pantai Namalatu ini terletak di wilayah Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe. Asal kata nya dari Nama dan Latu, Latu sendiri artinya Raja. Di depan pantai terbentang laut Banda yang sangat luas. Airnya biru tua, jernih, dan tenang. Pantai ini masih sangat bersih bak perawan. Pantainya berpasir putih dan terbentang hamparan karang hitam. Dari Bandara tidak jauh untuk mencapai pantai ini.

Bandara Internasional yang ada di Maluku adalah Bandara Pattimura. Apabila ingin menyewa mobil, Anda bisa mengunjungi pusat kota Ambon dulu dan menginap disana. Jaraknya sekitar 20-30 km saja. Sekitar 1 jam perjalanan karena tidak ada kemacetan yang perlu dirisaukan. Persewaan mobil dan akomodasi hotel cukup banyak di kota Ambon. Jangan kaget bila Anda tidak menemui taksi berwana biru disini, karena mayoritas yang disebut taksi disini adalah deretan mobil2 avanza dan xenia yang parkir dengan rapi di sepanjang jalanan kota. Berbicara dan bertransaksilah dengan supir2nya, karena mereka dengan senang hati akan membantu. Anda bisa berkeliling mengunjungi pantai2 indah ini sesering yang Anda mau tanpa takut perjalanan akan memakan waktu. Karena Maluku adalah kepulauan yang kecil. Berjarak 15 km dari kota Ambon, kurang dari setengah jam saja Anda akan tiba di pantai ini.

Pantai Namalatu, Ambon, Maluku

Pantai Namalatu ini memiliki karang2 yang eksotis di sepanjang tepiannya. Saat air laut surut Anda bisa melihat karang 2 ini dipenuhi oleh ikan2 kecil yang berseliweran dengan bebas dan luar biasa menggemaskan. Air lautnya yang biru dan berbuih putih merupakan kontras yang tidak pernah terlihat menjemukan meski dipandangi berjam-jam. Bila Anda haus, pesanlah kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya oleh para pedagang sekitar yang jumlahnya tidak banyak. Hanya seharga Rp. 5000,-  saja dahaga bisa terpuaskan. Jangan lupa membawa sedikit bekal untuk berjaga2 apabila Anda kelaparan, karena tidak banyak pedagang makanan yang bisa jadi pilihan di Pantai ini.

Deretan pohon2 kelapa ada di sepanjang pesisir pantai meneduhkan terik matahari yang cukup menyengat.

Ini adalah jembatan batu yang akan mengantarkan Anda lebih dekat dengan laut. Di ujungnya suara deburan ombak sangat merdu dan cipratan ombaknya bisa buat bilas muka dadakan =) Bila Anda berminat, Anda bisa memancing disini.

Pantai Namalatu, Ambon, Maluku

Di sepanjang tepian pantai ada tebing rendah dan banyak sekali tempat duduk beratapkan genteng untuk Anda bersantai atau sekedar tidur2an sampai sore.

Foto2 diatas diambil ketika masih pagi diatas jam 11 siang. ketika air laut masih surut dan kita masih bisa turun ke pantainya dan berjalan2 di tengah2 karang, namun ketika matahari sudah tinggi diatas kepala dan air sudah mulai pasang Anda tidak bisa lagi turun kebawah, karena air sudah menutup rata semuanya. Jadi saya sarankan ke pantai ini saat hari masih pagi. Foto2 di bawah menunjukkan air sedang pasang saat saya mengunjungi namalatu keesokan harinya. Deburan ombaknya tidak lagi setenang kemarin.

Untuk menghibur diri karena air sedang pasang, saya naik kano dulu ya =)