Kekian (Ayam, Udang, Ikan)

Sudah lama sekali saya tergoda ingin memasak kekian. Gara2nya adalah hubby yang ga sengaja mencicipi nasi campur Canton di Cibadak. Sejak itu hampir tiap malam selama 3 hari berturut2 kami mampir ke Cibadak cuma buat menyantap nasi campur ini. Sepanjang hari diet ketat makan sesedikit mungkin kalorinya supaya malam bisa puas2in makan nasi campur. Saat itu kami bener2 kecanduan. Saya sebenarnya biasa saja, tapi hubby benar2 sangat tergila2, jadilah saya ketularan *gengsingaku hahaha….Sekali pesan bisa 3 piring untuk berdua, tentu saja luar biasa ga puas2 itu juga udah ditahan2 supaya jangan nambah order piring ke -4 ;D

Tapi semua orang pastinya tahu kalo masak menggunakan daging B2 (pork) itu tidaklah mudah, belum lagi lemaknya yang tinggi membuat saya cuma bisa ngurut dada menasehati diri sendiri supaya eling2. Selain itu juga bukan bahan belanjaan favorit saya. Karenanya saya mencari2 resep kekian yang menggunakan bahan yang lebih ramah bagi tubuh kami. Resep Kekian saya temukan diblognya mbak Astri Nugraha. Lagi2 blog masak favorit. Tapi saya melakukan sedikit perubahan dengan bahan udangnya. Biar bagaimanapun udang adalah musuh terbesar saya setelah mengidap penyakit kolesterol huahua…T.T

Memasak sesuatu yang belum pernah dimasak itu tidak mudah. Sekalipun sudah berusaha ikut resep tapi cara setiap orang dalam memasak pastilah beda disesuaikan dengan kemampuan dan pola pikir orang yang bersangkutan. Berikut ini adalah resep yang sudah saya modifikasi disertai step2 cara membungkus kekian yang paling mudah menurut saya. Silahkan mencoba !

Resep Kekian
sumber : www.resepnugraha.net dengan penyesuaian oleh cintaresep

Bahan:
300 gram daging ayam, cincang halus
100 gram udang, kupas, cincang halus
200 gram ikan tenggiri, pisahkan dari tulang ikan, cincang halus
8 siung bawang putih, rajang halus
5 butir bawang merah, rajang halus
2 batang daun bawang, rajang halus
200 gram tepung kanji
3 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
3 sdm minyak wijen
2 sdm saos tiram
3 butir telor, kocok lepas
Plastik untuk membungkus
Cara Membuat:
1. Campur semua bahan lalu haluskan (lebih enak menggunakan food processor).
2. Bagi adonan menjadi 6 bagian, lalu bungkus tiap bagian dengan plastik, sepanjang ±15 cm dengan diameter 3 cm. Ikat dengan karet gelang tapi agak dilonggarkan, karena adonan akan melebar saat dikukus.
3. Panaskan kukusan, kukus kekian sampai matang selama ±20 menit.
4. Setelah matang, dinginkan lalu potong serong setebal 1 cm. Bisa juga dengan dicacah kecil2 supaya garing
5. Goreng dalam minyak panas sampai kekuningan.

SONY DSC

Anda bisa membuat kekian cukup banyak untuk dibekukan di freezer seperti yang saya lakukan. Lumayan bisa dikeluarkan untuk teman hidangan apapun atau bisa juga buat sarapan. Diamkan semalam di kulkas bawah, atau dikeluarkan dan membiarkannya sampai empuk baru digoreng. Rasanya tetap lezat dan bikin nagihh ^^

kekian3

Menurut hubby kekian ayam ikan udang ini sangat enak, tapi tidak bisa dibandingkan dengan kekian b2 (pork). Citarasa dan wanginya beda. Tapi menurut saya, kekian ini jauh lebih aman dan sehat untuk saya. Apalagi rasanya enak, dimakan pakai nasi dan saus sambal juga udah nendang banget. Belakangan saking banyaknya jumlah yang saya buat, saya membaginya ke rumah ibu saya. Dan kekiannya ludes sama adik2 perempuan saya yang kalau pulang kerja malam suka kelaparan. Karena lapar atau enak, beti2 (beda tipis) lah ya..hahahah..

SONY DSC

Ini adalah hasil menggoreng yang keberapa kali, soalnya suka keburu diembat sama tangan2 jahil yang ga sabaran, hehehe, entah hari ke berapa, tapi rasa dan bentuknya tetap sama. Sama2 lezat =) Saya menggorengnya serong dan tipis2, beberapa saya cincang karena saya lebih suka kekian yang garing.

SONY DSC

Kekian ini adalah salah satu masakan favorit saya. Bikinnya mudah dan ga cepat habis, bisa disimpan lama, dan rasa ga berubah.  Tapi kalo ini sih saya ga jamin bisa tahan lama lebih dari 2 minggu di kulkas. Apalagi kalau punya anak kecil, pasti cepet ludes ^^

Ciao. ♥

One thought on “Kekian (Ayam, Udang, Ikan)

  1. Pingback: Daftar Resep Masakan Ayam - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

