15 Cerita Menarik Tentang China kota Beijing, Shanghai, Hang Zhou, Su Zhou(Honeymoon Special Report – latepost) ♥♥ ^___^ ♥♥

[simpleSubscribeForm] Masukkan alamat email Anda pada kotak diatas, lalu klik Subscribe untuk mendapatkan info mengenai artikel terbaru cintaresep. for Free !! ♥ Thankyou ♥

——————————————————————————————————–

Baru ketemu nih file foto2 tentang hanimun saya waktu ke China bulan april tahun 2012 lalu. 2 bulan setelah pernikahan yang persiapannya sangat melelahkan. Hahaha maaf numpang narsis beduwa yah teman2. Wkwkwk maafkan kalo jadi bikin sirik buat yang jomblo dan yang mau muntah *sediain ember buat yang uda pernikahan emas atau silver.

Kisah Cinta itu abadi, ga bakalan ngebosenin atau jadul atau apalah yakan2 ?? hihiihi…

Berikut penampilan saya ga jauh2 dari masa2 gadis, masa2 masih wangi sewangi bunga *mawar lho ya bukan bangkai. Kalao sekarang sih saya akui emang lebih tajam kecium bau bawangnya daripada wangi harum bunga wkwkwk…

Beberapa cerita yang saya ulas kebanyakan berasal dari sisa2 ingatan dan memori yang masih ada, rata2 tidak ada di ulasan tentang china lainnya karena tur guide kami emang bener2 hobi mendongeng jadi cerita2nya adalah original kisah yang bertumbuh di lingkungannya. Kalau mau dibuktikan di wikipedia ya jelas ga akan nemu, hehehe.. kalo ada yang mo nambahin or ngoreksi boleh banget, ditunggu komen2nya. Yuk, capcus..

1. Temple of Heaven (Kuil Langit), Beijing

1335263378136

DSC_1483

Sesuai namanya, Kuil Langit dibangun pada tahun 1420, merupakan tempat pemujaan langit bagi kaisar-kaisar pada Dinasti Ming dan Qing, dua dinasti terakhir dalam sejarah Tiongkok. Kuil Langit ini dicantumkan dalam Warisan sejarah dunia. Pada zaman itu, kalau musim sedang kekeringan, maka rakyat berharap Raja berdoa di Kuil Langit ini dengan sungguh2 kepada para dewa supaya turun hujan. Mereka percaya kalau sang Raja rajin berdoa, maka kehidupan mereka akan sejahtera karena diberkati oleh para dewa. Sebaliknya bila Raja lalim, rakyat akan sengsara, tapi mereka tetap tidak perduli kalo raja lalim, yang penting ketika berdoa Hujan turun. hehehe..simple banget ya mereka.

Kuil Langit ini terkenal di dunia dengan tata ruangnya yang rapi dan struktur bangunannya yang istimewa serta dekorasinya yang indah. Kami hanya berfoto2 di pelataran Kuil yang  luas dan kebetulan saat itu hujan rintik2 turun membasahi bumi Tiongkok. Jadilah agak kurang konsen dalam berpose. ihiikk…Tapi melihat bangunan Kuil yang indah kita bisa tahu bahwa berdoa adalah hal yang penting buat masyarakat China yang besar itu. Patut dicontoh ya, marilah kita berdoa ^^

2. Forbidden City (Kota Terlarang), Beijing
DSC_1517

DSC_1529

1335281048954

Di Kota terlarang ini dulunya adalah tempat tinggal para permaisuri, anak2, dan selir2 raja. Mereka ditempatkan dalam kompleks istana kayu yang besar dan luas sekali. Kabarnya para pelayan laki2 yang terkenal dengan sebutan kasim harus dikebiri (dipotong buah zakar; kemaluannya melalui tindakan bedah untuk menghilangkan fungsi testis dan kejantanan) supaya mereka tidak berbuat macam2 pada para istri2 raja. Hanya para kasim laki2 ini sajalah yang diijinkan masuk ke Istana. Kabarnya Kaisar Cina tidak banyak yang berumur panjang, karena capek,  selirnya banyak, kan musti giliran terus.. hahahah….

Forbidden City termasuk dalam Situs Warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Selama hampir 500 tahun, Forbidden City merupakan istana kaisar, pusat upacara dan politik dari pemerintah Cina. Sekarang Forbidden City menjadi tempat yang sering dipertontonkan dalam film2 tersohor di box office dunia. Kalau teman2 suka nonton film2 Tiongkok kuno yang melibatkan Kerajaan, situs ini pasti menjadi perhatian. Saya masih merekam dengan jelas saat menonton film2 itu dan sekarang saya melihatnya dengan mata kepala sendiri. Rasa Terkagum2nya sulit dijelaskan. Seperti ada arwah2 prajurit di sekeliling pelataran istana yang luas itu. Huaaa seremm.. Sempat sih menengok agak lama ke dalam, mengamati ruangan yang tertutup pintunya tapi dari jendela masih terlihat jelas. Auranya kelam sekali. Dari luar saya terbelalak, tapi enggan bila dipersilahkan masuk, ehh tapi siapa juga yang mo ngijinin masuk, wkwkwk

1335282982695

Sekali lagi disana sedang hujan saat saya kunjungi. Jadi kurang berasa gimana gitu masa bawa2 payung, apalagi saya dan teman2 rombongan pada salah kostum semua. Kirain musim panas ;p

DSC_1553

Masih di wilayah yang berdekatan kami juga mengunjungi Tian An Men, tempat Mao Zedong Memorial Hall, berfoto didepan fotonya yang kehalangan kepala hubby tuh. ;p Mao Zedong adalah pendiri negara Republik Rakyat China sekaligus Presiden pertama Cina. Ia salah satu tokoh terpenting dalam sejarah modern China. salah satu yang menarik perhatian saya adalah  prajurit yang berdiri di depan pigura Mao Zedong, dia berdiri ga gerak2 lho, dan saya sempat melihat dia berganti shift di tengah hujan rintik2. Takut ada yang mo curi pigura Ketua Mao pikir saya ;D

1335285662073

Foto terakhir bersama dengan patung kura2 berkepala naga. Ceritanya naga itu menikah dengan 9 orang, ehh, hewan, jadi kura2 ini adalah anaknya. ada satu lagi yaitu patung burung bangau. Keduanya melambangkan Keabadian. Semoga cinta kami abadi ya, hahaha, apasih !

PIC_0149

1335283428534
3. Bird Nest (Sangkar Burung), Beijing

DSC00454
Bird Nest ini adalah salah satu ikon Olimpiade China. Sesuai namanya, bentuk arsitekturnya yang menyerupai sangkar burung sangat indah. Stadion ini dibangun untuk menyambut Olimpiade Beijing pada tahun 2008. Olimpiadenya sudah berlalu tapi kebanggaan terhadap Olimpiade dan kemajuan ekonomi Cina terus dikumandangkan. Setiap hari ratusan bahkan ribuan orang datang ke lokasi Bird Nest ini untuk mengabadikannya. Lokasi ini sangat bersih, cuaca berangin membuat banyak orang berjualan layang2 dan menerbangkan layang2 yang berderet deret dengan indah bak burung2 terbang. Daerah sekitarnya yang kosong dari bangunan2 tinggi membuat acara main layangan jadi seru banget. Di beberapa titik terdapat beberapa pemusik yang memainkan alat musik tradisional khas China. Alunan merdu dan cuaca yang bersahabat membuat acara sore di tempat ini sangat mengasyikkan. Belum lagi penjaja makanan tradisional selalu siap sedia untuk pengunjung yang kelaparan. Nice place =)

DSC00462

 

DSC00464

4. Hutong, Beijing

1335291797161

DSC_1565

ini adalah foto kami naek Becak di Hutong Beijing, fotografernya ya si tukang becaknya lah. hehehe
Di Beijing ada pepatah yang mengatakan “sulit mengenal Beijing tanpa memasuki hutong, dan percuma ke Beijing tanpa memasuki hutong”.
Jadi Hutong ini adalah lorong2 , sejenis gang2 perumahan di kota lama Beijing. Bila sulit memaknainya, anggap saja Hutong adalah Pembuluh darah yang berdenyut di kota lama Beijing. Artinya sendiri berasal dari kata “huto” : sumur air. Hutong dibangun berdasarkan letak sumur2 air sebagai sumber kehidupan masyarakat. Beijing lama mulai tergeser dengan bangunan2 pencakar langit, pusat perbelanjaan, dan gedung2 baru yang dibangun di pusat kota. Tapi pesona Hutong bagi wisatawan tetap memiliki arti tersendiri. Bahkan menjadi menu tetap wisatawan yang bertema Hutong Tour. Kami diajak berkeliling gang2 sempit yang asri dan apik sekali dengan menumpang becak. Sedangkan sang tukang becak bergaya dengan penuh rasa percaya diri dan keakraban, menjelaskan dan bercerita panjang lebar dengan bahasa mereka yang kami sama sekali tidak tahu maknanya. Intinya sih dia sedang berkisah tentang daerah ini. Sejauh mata memandang kami menyaksikan kehidupan desa yang sama sekali jauh dari hingar bingar perkotaan besar. Danau di kanan mengalir dengan tenang, sementara di kiri kami terdapat sejenis kafe2 sederhana yang diperuntukkan bagi para turis. Beberapa anak kecil tampak berlarian dan bermain di gang2 yang jauh lebih sempit. Rumah2 tua yang sangat tradisional tampak masih berdiri dengan tabah. Kami sangat menikmatinya, Serasa berada di Beijing di jaman lampau.

5. Juyongguan Great Wall (Tembok Besar Cina), Beijing

DSC00405

DSC00416a

 

 

DSC00402a

DSC00388

Maaf ya posting foto narsis di Great Wall nya kebanyakan, kasian pasti pada sakit mata hihihi…
Tembok Raksasa Cina ini dibangun sebagai benteng pertahanan. Benteng ini adalah bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Menurut cerita, para pekerja yang membangun Tembok sangat kelelahan dan apabila mati mereka akan dikuburkan dan menjadi bagian dari tembok, karena tidak ada yang kuat menurunkan mayatnya kebawah. Jadilah jasad mereka dikubur di atas sana, entah di km berapa mereka masing2 menemui ajalnya.
Pepatah kuno bilang, Mereka yang belum naik Tembok Besar China,bukan laki2 sejati. Hehe…Padahal perlu waktu setahun untuk naik dr awal sampe ujung tembok. Saya sih memutuskan untuk hanya naik sampai pos ke 3 saja, karena makin keatas tangganya makin terjal, ga lucu kan kalo jatoh dan jauh dari rumah,;p
Beberapa dari teman2 berusia lanjut kekeuh mau naik terus padahal sudah dibilang waktu tur sangat terbatas, tapi mereka nekad dan benar saja kami semua menunggu kepulangan mereka dari atas sana hampir 3 jam lamanya dari waktu yang sudah ditentukan, mereka hampir saja mau ditinggal. Tapi kami semua kasihan karena untuk menuju Great Wall tidak ada kendaraan umum, dan letaknya sangat jauh dari kota. Bahkan kami semua sudah berpikiran buruk bahwa para lansia ini kelelahan dan sekarat di atas sana. hahahaha…sadis ya?

Pemandangan dari Great Wall sangat2 indah, dan memandang liukan Tembok bagai ular naga panjangnya. Waktu selama 9 tahun dibutuhkan untuk membangun tembok ini, dan selama itu jatuh banyak korban yaitu rakyat jelata, sampai2 terjadi pemberontakan oleh para petani yang akhirnya menggulingkan dinasti yang berkuasa. Sejak itu pembangunan tembok tidak dilanjutkan. Bayangkan kalo lanjut mo sampai berapa panjang yah, sekarang aja udah lebih dari 8850 km.

6. Ya Show Market, Beijing
DSC00485a
Pasar ini udah seperti Mangga Dua di Jakarta dan seperti ChinaTown di beberapa negara2 besar di dunia. Jadi kalo berharap harga disini kebanting jauh Anda salah besar, karena harganya ga jauh beda dari di Jakarta. daripada nyempit2in koper mending udah belinya di mangga dua aja *dorong2 hahaha. Apalagi pemerintah Cina menerapkan Politik Dumping untuk mencapai target pemasaran, dimana harga produk di dalam negri lebih mahal daripada harga produk di luar negri.
Trus yang saya beli apa? iseng2 lahhh ga sampe 200 ribu ;p *teteupppp

7. Yuyuan Garden, Shanghai

DSC00606a

DSC00608

 

DSC00611

Yu Garden, taman ini dulunya dimiliki oleh  orang kaya, terdapat banyak bonsai beragam jenis dan bentuk, dari yang mini sampai yang raksasa berusia ribuan tahun. Pada jaman krisis, orang kaya beserta keluarganya lari ke luar negeri, akhirnya taman ini diambil alih oleh pemerintah dan dijadikan objek wisata. Luas taman indah ini puluhan hektar.

DSC00635

Ini adalah foto Ruang Keluarga Orang Kaya China jaman dulu, ada plakat bertuliskan nama LinQuan Qishuo House

DSC00660

Ada gambar Ruang Tamunya juga, bagus banget

DSC00650

Sedangkan foto diatas adalah foto sepatu gadis2 jaman dulu, katanya perempuan yang berkaki kecil itu cantik dan gampang mendapatkan jodoh, karena itu mereka rela memakai sepatu yang sempit, supaya pertumbuhan kaki terhambat dan bisa kecil seperti ukuran sepatu diatas. bandingkan dengan kaki saya yang berukuran 38, hihihi…

DSC00652

Ini adalah perkakas makan dan minum orang kaya jaman dahulu. Aduh sayang bertutupkan etalase kaca, kalo engga penyakit klepto saya bisa tiba2 muncul hahahaha

DSC00653

Foto Perhiasan yang dipakai orang kaya di jaman dahulu, ada gelang2 giok, kipas, dan macam2 batu2 berharga

8. Tiger Hill, Su Zhou

DSC00709a

Di Tiger Hill ini ada bangunan yang berbentuk seperti Menara Pisa dengan derajat kemiringan yang lebih besar dibanding Pisa Italia. Didalamnya terdapat kubur salah satu Raja, yaitu Raja Helu tapi sampai sekarang masih belum ditemukan Kuburnya dimana. Katanya sih Raja ini dikuburkan bersama dengan 3000 pedangnya dan 1000 orang pembangun makamnya dibunuh supaya tidak satupun dapat menemukan makam tersebut. Perjalanan masuk ke Tiger Hill ini ngeri2 sedap deh, karena di tiap titik terdapat kisah yang beda2. Tur leader menceritakan kisah yang beragam. Ada kisah pemuda yang dianggap idiot tapi bisa menggali dan menemukan sumber air sehingga namanya dikenang terus sebagai nama situs yaitu Han Han Spring,

DSC00690

ada kisah pembantaian dan mayatnya dilempar ke jurang yang dalam,
ada batu yang menjadi saksi bisu ketajaman pedang Kaisar

DSC00693

ada kuburan, tempat pembantaian, banyak deh udah lupa apa aja. China memang kaya dengan kisah dan pesan moral yang menjadi pembelajaran buat kita2 yang masih muda.

9. West Lake (Cinta Danau Barat), Hang Zhou

DSC00778

West lake dan legenda Siluman Ular Putih yang filmnya sangat2 beken di jaman saya kecil benar2 tidak dapat dipisahkan. Bahkan inilah salah satu alasan turis mengunjungi Danau Barat HangZhou. Buat yang belum tahu, konon katanya dulu ada ular yang ingin hidup sebagai manusia dan berubah wujud sebagai seorang wanita yang sangat cantik. Ia pun kemudian menikahi seorang tabib manusia. Hal ini diketahui oleh seorang biksu yang kemudian menangkap Siluman Ular Putih dan menyekapnya di Pagoda Lei Feng yang terdapat di West Lake ini. Kalau menurut saya dan hubby Hang Zhou ini sudah seperti Bali nya Indonesia. Suasana dan kehidupannya bener2 memanjakan turis. Kontur kotanya  dan suasana juga mirip Bali, dengan banyak bule, pertokoan mewah, dan cuaca yang panas namun memanjakan wisatawan bule. Disini kita bisa menaiki perahu dan berlayar menikmati danau Barat.

DSC00743

Tidak lupa juga menonton teater yang katanya  merupakan teater dengan layar 3D paling maju di dunia. Ada cerita tentang Siluman Ular naga, Legenda Perang, Sampek Engtay, dan lain lain berdurasi sekitar 1 jam. menarik banget. Katanya sih ada 2 opera semacam ini. Satu lagi di Hongkong. Ceritanya bagaimana udah lupaaa hahaha, cari aja di gugle yak tapi pasti udah pasa tau lah ya cerita2 terkenal macam begini. Film2 nya juga udah sering diputer.

DSC00804

 

DSC00818

 

DSC00830

 

DSC00849

 

DSC00794

nontonnya sambil minum teh Longjing yang sudah disediakan dan juga ada kipas tangan untuk bertepuk tangan supaya terdengar lebih kencang.

10. Acrobatic Show, Beijing

DSC00256

 

DSC00270

 

DSC00279

DSC00287

Acrobatic Show di Beijing sangat terkenal  karena merupakan bagian dari tradisi 2000 tahun lamanya dan para pemainnya dikenal di seluruh dunia karena keterampilannya. Mereka ini dididik akrobat sejak masih sangat2 belia. Jadi hidup mereka bergantung sepenuhnya pada show ini.  Menjelang selesai beberapa anak2 perempuan kecil berkeliling menawarkan cd pertunjukan yang bisa kita tonton ulang di rumah, tadinya saya tidak berminat membeli, toh sudah pernah nonton. Tapi karena tur guide bercerita bahwa anak2 ini menggantungkan hidup hanya dari pertunjukkan ini sampai mereka dewasa, saya jadi tersentuh untuk membantu mereka mendapat pemasukan tambahan.

DSC00330

Pertunjukan motor ini adalah yang paling menarik menurut saya, tadinya saya tidak mengerti apa yang akan mereka lakukan. Pertama ada sebuah motor dan pengendaranya berada di dalam dan berkeliling memutari bola besi ini. Lalu menyusul satu  lagi dan lama-lama ada 3 motor di dalam bola, mesinnya menggerung di dalam terdengar berisik sekaligus menakjubkan karena mereka bisa melakukannya tanpa terjatuh bahkan tabrakan sekalipun. Kemiringannya hampir 90 derajat lho

11. Yue Fei Temple, Hang Zhou

DSC00737

 

DSC00739

 

DSC00740

Yue Fei temple ini dibangun untuk mengenang Jendral Yue Fei yang gagah berani dan setia yang mati karena fitnah. Jadi kisahnya Jenderal ini tuh banyak menang perang atas pemberontakan2 melawan kerajaan. Rakyat sangat memuja2 dia. Perdana Menteri Kerajaan QinHui yang sirik karena kalah pamor memfitnah dia di hadapan Kaisar. Kaisar memanggil Yue fei ke Istana dengan maksud untuk menghukum mati Yue Fei. Jenderal yue fei yang meskipun sudah diperingati bahwa ia diambang celaka tetap dengan setia datang memenuhi panggilan Kaisar. Akhirnya Jenderal Yue Fei dihukum mati tapi jasa dan kebaikannya tetap dikenang sehingga dibangun Temple ini. Di seluruh dinding Temple digambari kisah Yue Fei. Di kompleks temple ini orang membuat patung QinHui dan istrinya, kedua patung ini banyak diludahi bahkan dikencingi oleh wisatawan sebagai lambang penghinaan yang masih terjadi sampai hari ini.

DSC00741

“Biarlah mati membeku daripada merampas rumah orang lain, dan biarlah mati kelaparan daripada merampok” dan “Kita semua sama dalam melayani negara” adalah ungkapan-ungkapan Yue Fei yang layak dicontoh dan dihayati.

Makanan Cakueh/cakwe yang terkenal  sekarang berasal dari cerita ini, cakueh dibuat dari adonan berbentuk dua orang yang saling memunggungi. Jika digoreng, ia akan mencuat ke permukaan. Pedagang yang baru saja mendapat ide untuk berjualan, membuat cakwe ini sebagai lambang penghinaan juga terhadap kedua suami istri pemfitnah QinHui, pedagang itu akan berteriak dengan lantang, “Dijual, Hui goreng!.  Dan semua orang yang penasaran membuat cakwe ini laku keras.

12. Istana Musim Panas Summer Palace, Beijing

DSC00208

DSC00203

Summer palace ini awalnya adalah kawasan perbukitan. Kemudian oleh Kaisar Wanyang dibangun Istana dengan maksud untuk memindahkan pusat kota ke Beijing. Di jaman Kaisar Qianlong kawasan ini dijuluki Longevity Hill. Kaisar Qianlong sangat suka berlibur dan jalan2 namun seiring dengan pertambahan usia Ibunda yang sangat dicintainya tidak mungkin membawa serta jalan2, akhirnya dibuatlah sebuah danau buatan yang menyerupai Danau Barat (West lake) di Hang Zhou. Beijing yang panas menjadi sejuk di sekitar kawasan ini akibat adanya danau buatan.

13. Tongrentang, Beijing

1335279015924

Tongrentang ini adalah pabrik obat  tradisional milik pemerintah yang katanya sih akurasi pemeriksaan sinshenya hampir sama dengan dokter USA. Tapi koq rasanya kita kesini tuh kayak dipaksa dan diintimidasi dengan penyakit supaya beli obatnya ya, harganya juga cukup mahal dan menguras kantong, lho. Tapi berhubung kita jarang2 juga ke china ya dicoba lah ya, hihihi, jadi sinshenya itu bilang kalo suami saya tuh peredaran darahnya ga lancar jadinya banyak jerawat. Trus karena saya masih pengantin baru dan sudah 2 bulan belum hamil2, sinshenya itu bilang kalo kandungan / rahim saya dingin. Hanya dengan meraba nadi saya aja lho. Trus mereka menganjurkan obat yang harus diminum selama 3 bulan. Karena keberatan dengan harganya, mereka turunin jadi pengobatan 1 bulan aja, Haizzz…yaudah deh ya, ketimbang ga nyoba, penasaran dan ketakutan lebih tepatnya. Kami akhirnya beli. Cerita yang sama terjadi pada seluruh peserta tur. Bahkan ada suami istri yang ribut karena suaminya mau beli tapi istri ga setuju, trus suaminya bilang kamu tuh buat kesehatan saya koq dilarang2 hahahaha. Akhirnya tetep beli, dan sang istri ini curcolnya ke saya, lho..Aduhhh…bener2 nih Tongrentang pinter marketingnya ;p

14. Beli Biola di SuZhou

391803_2668180305840_1048689875_n

Dari Indonesia saya dan suami sudah berniat untuk membeli biola untuk saya. Karena saya lagi suka sama alat musik ini. Udah punya 1 di rumah tapi pengen yang lebih bagus suaranya. Dan guru les biola saya bilang kalo biola cina itu murah2 dan bagus. Jadi sejak tiba di China kita udah deket2in tuh tur guide lokal sana supaya bisa tanya2 tempat jual biola. Dan katanya adanya di SuZhou. Setelah beberapa hari sampailah kita di Suzhou dan bertemu dengan tur guide lainnya. Setelah bertanya, tur guide kami ini terlihat bingung dan enggan. Akhirnya setelah tiba di hotel sore dan acara bebas, tur guide kami hanya memberikan kertas bertuliskan alamat toko tempat alat musik di suatu tempat entah dimana itu karena kami tidak bisa bahasa cina dan tidak bisa membaca tulisannya juga. Kami yang bingung karena koq bisa2nya tur guide ini melepas kami untuk pergi sendiri tanpa pemandu, akhirnya didorong oleh jiwa muda yang nekad, segera meminta hotel untuk mencarikan kami taksi. Taksi yang supirnya tidak bisa berbahasa inggris membawa kami menuju suatu tempat perbelanjaan yang sangat luas dan terbuka. Kami berjalan melewati jalan raya, memasuki toko makanan sebentar dan bergegas mencari2, tapi karena saking luas dan besarnya kami tidak menemukan satupun tanda2 ada pedagang biola. Bicara dengan penduduk lokal pun tidak ada yang bisa bahasa inggris dan mengerti apa yang kami cari. Saya mencoba dengan bahasa isyarat sambil memetik2 jari  seolah2 sedang menggesek biola pun tidak dapat mereka pahami. Segala cara dan isyarat sudah dilakukan sampai habis akal. Lama kami berjalan berputar2 dan bahkan agen perjalanan (travel dan penukaran mata uang asing) pun tidak ada yang bisa bahasa inggris. Akhirnya, saya mempunyai ide, casing hp saya kebetulan bergambar biola, jadi saya hanya mencoba menemui orang baru dan menunjukkan casing hp saya, barulah dari situ ada titik terang. Kami diminta mengikuti suatu jalur yang ternyata ada di seberang di kompleks pertokoan yang berbeda. kami pun menyebrangi jalan raya, dan menemui polisi lalu lintas untuk lagi2 menunjukkan casing hp saya. Daaaannnn… perjuangan berbuah manis, saya bisa menemukan toko alat musik yang tersempil di tengah luasnya pusat perbelanjaan cina modern, huffftttt…Lenyap sudah bayangan saya akan mendatangi perkampungan produsen alat musik di china. Masa ketemunya toko alat musik sih.  Disini lagi2 kecerdikan kami diuji untuk menemukan apa yang kami cari. Setelah melihat2, mencoba biola, dan menawar harga menggunakan kalkulator. Kami pun bisa bernapas lega, karena ternyata buah kenekadan kami manis sekali. Hihihi… saya bisa mendapat biola bagus dengan harga setengah lebih murah dibandingkan dengan apabila kami membelinya di Indonesia. Setengah lho…50 % cheaper. Dan ini benar2 good news !! Praise God!!

Jadilah saya pulang ke tanah air dengan menenteng biola baru, yang suaranya sangat merdu dan beli di China langsung ! Bukan hanya made in China. Hahaha…Guru2 Biola saya juga pada amaze tuh liat biola, katanya sih bagus. Untunglah…

15. LongJing Tea Shop, HanZhou

DSC00856

 

Minum teh adalah tradisi cina yang berusia ribuan tahun. Salah satu jenis teh hijau yang terkenal khasiatnya ke seluruh dunia adalah teh Longjing. Konon katanya, dulu Kaisar pernah tiba di desa penghasil teh longjing ini dan merasa sangat kehausan. Kemudian ia mampir ke sebuah rumah penduduk yang menyuguhkannya teh ini. Saat kaisar meminumnya ia sangat2 marah karena rasanya aneh dan sangat tidak enak. Ia memuntahkannya dan bergegas keluar karena sangat berang. Setibanya Kaisar di luar pintu, baru dia merasa ada yang berbeda di mulutnya karena ia tidak kehausan lagi dan mulutnya terasa manis. Sejak itu desa ini menjadi sangat terkenal karena tehnya.

Desa di HangZhou penghasil teh Longjing ini berhawa dingin seperti di Lembang Bandung. Sangat cocok sebagai daerah penghasil teh. Penduduknya kebanyakan malas dan kerjanya hanya bersantai2 saja, karena hanya denngan menjadi petani teh kehidupan mereka sudah sangat makmur dan berkecukupan. Di depan rumah selalu tersedia meja dan kursi yang cukup banyak untuk bersantai bersama keluarga dan tamu minum teh.

Teh longjing ini memiliki khasiat ganda, bisa menambah nafsu makan apabila diminum sebelum makan, dan membantu program diet apabila diminum setelah makan. Biasanya penderita maag akut tidak dibolehkan meminum teh karena akan menambah asam lambung, tapi teh ini aman dan tidak berbahaya bagi penderita maag. Teh Longjing harganya cukup mahal. 100 gramnya mencapai Rp. 600.000. Tapi rasanya benar2 enak dan nagih banget. Haha tapi susah belinya di Indonesia ga ada.

Bonus Foto2:
Keluar hotel larut malam demi mencoba massage shanghai yang terkenal itu^^

1335479222518

1335479261381

Melihat Pabrik Mutiara

DSC00573

DSC00575

Sekian liputan honeymoon ke China, semoga cerita2 yang menarik dan banyak kononnya, bisa menjadi bacaan penghibur dan moga2 bisa nambah ilmu buat pembaca ya, hehehe

Terima kasih sudah berkunjung, nikmati teh yang cintaresep suguhkan dan silahkan membagi komentar Anda dibawah.

love,

c’nt’a ♥

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s