Mackerel Chermoula / Tenggiri Chermoula

Hai2 semua, apa kabarnya?

maafkan jarang update resep di bulan februari kemarin soalnya sebulan terakhir ini saya disibukkan oleh membuat dessert table untuk ultah pertama anak kesayangan saya, ceritanya nanti saya akan posting juga disini bagaimana membuat dessert table sendiri sebagai orang awam yang jiwa nyeninya kadang2 doang munculnya. Hehehe…Siapa tahu ada juga teman2 yang mau mencoba mengasah skill dekor dan barangkali juga ada yang penganggurannya ga ketulungan seperti saya ;p. Stay cun aja yah di cintaresep ;D

Di awal bulan Maret yang cerah ceria ini, saya ingin sharing resep steak ikan, yang mana tadinya adalah resep asli salmon steak, tapi saya ganti tenggiri karena kebetulan adanya ikan tenggiri 1 ekor berukuran sedang. So, marilah kita mencobanya..

Tak lupa yang paling saya tunggu2 adalah pamer foto ala kadarnya pun diedit dengan skill yang sangat2 terbatas, kan katanya yang limited edition itulah yang disukai. Iya gak sih ? *pembacalemparsendal ;p

SONY DSC

Resep Tenggiri Chermoula
sumber : sedap  52 Hidangan Eropa dengan penyesuaian oleh cintaresep

Bahan :

1 ekor ikan tenggiri ukuran sedang, dipotong2 bentuk steak (kira2 5 potong)
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
4 siung bawang putih, cincang kasar
3 buah cabai rawit hijau, cincang kasar
1 1/2 sdt garam
1 sdt merica hitam kasar
1/2 sdt jinten bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
2 sdm air jeruk lemon
3 sdm minyak zaitun
taburan oregano sesuai selera

Pelengkap :

wortel kupas diiris bentuk korek api
kentang goreng
kapri manis, rebus hingga empuk
tomat merah

Cara membuat :

1. Chermoula, campur bawang bombay, bawang putih, oregano, cabe rawit, garam, merica hitam bubuk, jinten bubuk, ketumbar bubuk, air jeruk lemon, dan minyak zaitun. Aduk rata
2. Masukkan tenggiri dalam campuran chermoula. Diamkan 60 menit sampai meresap.
3. Panggang salmon di atas griddle atau bisa juga panggangan / teflon dilapisi alumunium foil sampai matang

Tips : 
Jangan balik ikan sebelum benar2 matang supaya daging ikan tidak sobek

SONY DSC

Sebenarnya resep asli chermoula memakai daun2  seperti daun ketumbar, daun peterseli, serta daun mint. Namun karena saya jarang sekali memasak hidangan Eropa saya tidak memasukkan aneka daun2an ini dalam list belanja saya. Jadilah saya tidak menggunakannya. Tapi soal rasa saya bisa mempercayakannya pada aneka bumbu yang direndam bersama dengan ikan tenggiri. Meskipun tidak seharum cita rasa chermoula asli, steak ikan tenggiri ini cukup mampu mempesona lidah suami saya tercinta. Hahahaha… diomongin enak2 berulangkali lho, ciri khasnya kalo dimasakkin sesuatu yang cocok dengan lidahnya.  Jadi ya apa mau dikata, anggep aja beneran enak yah *angkatkerahbaju #ehhh…daster ;p

SONY DSC

Rasa steaknya tuh seperti gaya2 hidangan resto gitu, bumbunya merasuk ke dalam daging ikan. Gurih dan juicy banget. Saya baru paham kenapa harus dilapisi alumunium foil, karena ketika dipanggang alumunium foil sama sekali tidak panas nyelekit walau dipegang dengan tangan telanjang sekalipun tapi hantaran panasnya pelan2 mematangkan ikan. Jadi steak sama sekali tidak sampai gosong. Saya dapat ilmu baru setiap kali mencoba resep. Cintaaaa banget sama resep. Mudah2an lama2 bisa pinter kayak masterchef yah hihihi *ngayal

SONY DSC

Selamat mencoba juga yah.. =)

2 thoughts on “Mackerel Chermoula / Tenggiri Chermoula

  1. Pingback: Rolade Tenggiri | c'nt'a resep

  2. Pingback: Kumpulan Resep Seafood - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s