Ayam Pedas Probiotik

Selama ini setiap minggu saya selalu belanja minimal 2 ekor ayam kampung untuk menu seminggu ke depan. Semenjak punya baby, saya tetap melakukannya untuk persediaan daging beku untuk MPASI Gregory, jadi ayam kampungnya difillet bagian dagingnya aja, atinya juga dipakai buat MPASI dia. nah, yang saya heran setiap kali dimasakin ayam dengan cara dikukus, dia selalu lepehin lagi dagingnya, sedangkan kalo masaknya direbus bersamaan dengan nasi dia masih bisa mencerna, dari pengamatan saya mungkin daging ayam kampungnya masih liat dan susah dikunyah. Memang sih seharusnya saya menggunakan daging giling, tapi kendalanya, saya takut daging gilingnya itu dibikinnya jorok dan juga menggunakan ayam broiler, jadi saya berusaha sebisa mungkin pakai ayam kampung asli terus saya cincang sendiri menggunakan chopper.

Berhubung ayam kampung dagingnya liat, akhirnya saya mencoba pilihan lain dan saya lagi jatuh cinta dengan ayam ini , yaitu ♥ ayam probiotik ♥. Ayam ini adalah sejenis ayam broiler namun pemeliharaanya dengan cara yang sehat. Ayam probiotik juga tidak mengandung antibiotik dan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia seperti yang terdapat dalam tubuh ayam broiler. Bahan2 kimia tersebut bisa mengubah susunan hormonal pada manusia. Nah, ini yang membuat saya sangat menghindari ayam broiler.

Memang sih, harga ayam probiotik hampir sama seperti ayam kampung asli ataupun ayam kampung lignan. Tapi kelebihannya adalah, ayam probiotik ini badannya gendut lho, mirip seperti ayam broiler, dagingnya juga lunak. Informasi lain, ada yang menyebutkan kandungan lemak ayam probiotik sangat rendah, tapi proteinnya lebih tinggi dibanding ayam pedaging (broiler).

So, tanpa banyak pikir saya langsung memutuskan untuk beralih ke ayam probiotik ini, meskipun saya juga tetap membeli ayam kampung untuk diambil hatinya, karena ayam probiotik biasanya tidak dijual bersamaan dengan ati ampelanya.

Nah, berhubung fillet daging yang gendut2 nya sudah disisihkan untuk frozen stocknya Gregory, maka tulang ayam dan sedikit daging2 yang tersisa sangatlah sayang bila tidak dimanfaatkan. Sebelumnya, saya pernah memasak Ayam Bihun Kuah Pedas yang terinspirasi dari blognya mbak Astri Nugraha. Pada saat itu saya menggunakan ayam kampung. Sebelum menuang air untuk kuah ayam saya mengambil beberapa potong tumisan ayam untuk dinikmati kering, ternyata rasanya enak banget. Jadi saya ketagihan bikin lagi dengan resep modifikasi tanpa bihun dan tanpa kuah menggunakan ayam probiotik yang tadi.

SONY DSC

Berikut resep modifikasi ala cintaresep.

Resep Ayam Pedas Probiotik

Bahan :

500 gr ayam probiotik, dipotong jadi 8 bagian (karena bobot ayam probiotik saya sudah berkurang jauh dari normal maka resepnya saya pakai ini, kalo ayam anda diatas berat yang saya tuliskan silahkan menyesuaikan bahan2 dan bumbunya)
1/2 buah bawang bombay, rajang halus
1 buah cabe merah, iris serong tipis
1 buah cabe hijau, iris serong tipis
8 buah cabe rawit, rajang kasar
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdm saus tiram
2 sdm minyak goreng
1 batang daun bawang, iris2 tipis

Bahan perendam :

5 siung bawang putih, haluskan
1 cm jahe, haluskan
3 sdm minyak wijen
3 sdm kecap ikan
2 sdt gula pasir

Cara membuat :

1. Rendam potongan ayam dalam bahan perendam lalu diamkan 1 jam
2. Panaskan minyak lalu tumis bawang bombay hingga harum
3. Masukkan daun bawang, cabe merah, dan cabe rawit, aduk hingga layu
4. Masukkan potongan ayam beserta bahan perendamnya, aduk2 sampai ayam berubah warna
5. Masak sampai matang

SONY DSC

Ayam pedas ini rasanya enak banget, khas resep2 juwara nya mbak astri deh. Makan sama nasi putih sih ga cukup sepiring. Sebenarnya saya juga jatuh hati sama Ayam Bihun Kuah Pedas di resep aslinya mbak Astri yang saya juga pernah masak, tapi saya sangat amat tidak bisa menahan diri untuk tidak mengulang resep yang tanpa kuah ini. Rasanya asyik dan cetar banget deh, musti pada nyobain, ;p Kalo bahasa sundanya tuh Seuhah da lada !!

SONY DSC

Penjualan Ayam probiotik ini karena masih baru dan lagi happening memang sangat laris sih, makanya stoknya juga kadang2 kosong. Anda bisa mendapatkannya di supermarket2 terdekat di kota Anda. Silahkan berharap banyak supaya para peternak semakin banyak yang membiakkan ayam pedaging yang lebih sehat seperti ayam probiotik ini. Supaya generasi kita jadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit2 hormonal yang tidak kita inginkan.  Caranya ya sebisa mungkin serempak para ibu2 suka masak dirumah, nyari2 deh tuh ayam probiotik kayak saya (meski suka kecewa karena sering kosong) di counter daging. Seperti hukum ekonomi, semakin banyak permintaan, semakin banyak pengusaha yang membuka bisnis peternakan ayam probiotik. Ehhhh, hukum ekonomi yang mana tuhhh? koq nyeleneh bangetttt hahahaha maklum anak ipa #ditoyorguruekonomi ;p

Ya, pokoknya intinya, kesimpulannya, intisarinya, Mari segeralah beralih memilih bahan makanan yang lebih sehat untuk hidup yang lebih baik, lebih berkualitas, lebih terjamin buat keluarga kita tercinta

 

love,

cintaresep

2 thoughts on “Ayam Pedas Probiotik

  1. Waaahhh pas malem2 lagi ya mak wkwkw saya dapetnya di lottemart mak ga tau di supermarket lain. Di googling coba mak siapa tau dapet penyalurnya langsung. Saya lihat di lotte juga kadang lagi banyak kadang kosong.

Leave a Reply

