Onde-onde Rasa Original, Mocha, dan Pandan

Hai-hai..

Apa kabar semuanya..

Ya..ya..saya ini memang ga begitu suka sama kue-kue jajanan pasar,
apalagi kue2 basah yang mengandung ketan dan kelapa, ajubilah susahnya bukan main bahkan untuk tertarik nyobain.

Meski begitu, aneh tapi nyata *sowhat?? saya ini fans beratnya onde-onde lho. Penting banget buat ngasih tau, soalnya kalo ga suka ga mungkin banget bela2in bikin. Satu daya tarik onde-onde yang bikin saya rela ngabisin berlusin2 onde-onde (*emakrakus) adalah di isian kacang hijaunya. Harum vanili berpadu dengan wangi kacang hijau kupas bikin saya klepek2. Sampai2 saya makanin tuh isian onde2 yang tersisa, gitu aja digado, enaaaakkkk bangett.

Dan emang dasarnya Hawa ya dari jaman Adam dulu, kalo punya makanan enak, pasti aja ajak2 suaminya buat makan juga. Jadilah saya dan suami asik ngegadoin isian onde-onde pake sendok. Hihihi..sini ada yang mo nimbrung ga? saya suapin ;p

SONY DSC

Dalam pembuatan onde-onde ini, ide jahil saya muncul, gimana kalo adonan kulitnya saya campur pasta supaya ada efek rasa lain gitu. Mo testing apakah rasanya makin yahud ga. Jadilah adonan saya bagi 3, dan saya campur pasta moka dan pasta pandan. Sementara biji wijennya juga saya modif dengan menggunakan wijen berwarna hitam.

Dengar2 sih biji wijen hitam sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu), saya sudah lama sebenarnya beli biji wijen hitam, tapi bingung mau diolah seperti apa. Kebetulan bikin onde-onde, biji wijen hitamnya jadi berguna. =)

onde23

Dari rasa original, moka, dan pandan. Favorit saya adalah onde-onde rasa pandan. I like it. I like it soooo much !

SONY DSC

Jangan lama2 bikin anak orang ileran yah, ini saya share resepnya. tapi isiannya pakai setengah resep aja yah, soalnya nyisa banyak. tapi kalo mau sisain buat digado kayak saya juga ok banget. hehehe…

Resep Onde-onde Rasa Original, Mocha, dan Pandan

sumber : Rahasia sukses membuat cake, roti, kue kering, dan jajanan pasar oleh Budi Utomo, S. Pd dengan adaptasi oleh cintaresep

Bahan Biang :

60 ml air mendidih
1 sdm tepung kanji

Bahan Kulit :

350 gr tepung ketan
50 gr gula halus
230 ml air
1/2 sdt garam halus
60 gr biji wijen (putih, hitam)
minyak untuk menggoreng
4-5  tetes pasta moka
4-5 tetes pasta pandan

Bahan Isi :

250 gr kacang hijau kupas
150 gr gula halus
100 ml santan kental
1 lembar daun pandan, potong-potong
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt pasta / bubuk vanili

Cara membuat :

1. Isi : Rendam kacang hijau selama 3 jam. Kukus di pinggan tahan panas selama 50 menit atau hingga empuk. Angkat, haluskan
2. Campur kacang hijau yang telah dihaluskan dengan santan, gula halus, garam, dan pasta vanili. Aduk rata. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk. Angkat, dinginkan. Ambil satu sendok makan adonan. Bentuk menjadi bulatan-bulatan. Sisihkan.
3. Biang : Tuang air panas sedikit demi sedikit ke dalam tepung kanji sambil diaduk-aduk hingga tepung larut dan tekstur mengental. Sisihkan.
4. Kulit : Rebus air dengan gula dan garam. Masak hingga mendidih. Tuang air rebusan gula panas ke dalam tepung ketan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan adonan biang. Uleni hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk
tambahan : Bila ingin menambahkan pasta pandan dan moka, inilah saatnya, beri beberapa tetes pasta, dan uleni hingga rata.
5. Ambil dua sendok makan adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Letakkan satu bahan isi di tengah-tengah kulit, bulatkan
6. Gulingkan adonan yang telah dibentuk ke atas wijen. tekan-tekan agar wijen menempel di seluruh permukaan adonan.
tambahan : tips supaya wijen mudah menempel, siapkan mangkuk kecil berisi air hangat, basahi permukaan adonan yang sudah dibulatkan dengan sedikit air
7. Panaskan minyak yang banyak. Goreng onde-onde hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.

Untuk 20 buah onde-onde

Tips sukses membuat onde-onde berdasarkan pengalaman saya :

1. Pada saat menggoreng apinya sedang saja, apabila sudah terlalu panas kecilkan api. Ini untuk menghindari onde-onde menjadi terlalu berminyak
2. Kadang2 onde-onde saya pecah karena pada saat membulatkan adonan, kurang rapat.
3. Supaya onde-onde terbentuk bulat sempurna, pada saat digoreng putar2 atau digoyang2 dengan sutil.

SONY DSC

Teman-teman, kadang kalau kita beli buku masak, isinya tuh suka sering ga bisa dipercaya, kadang juga penulis buat resep tuh ga di testing dulu berulang kali, jadi seringnya pembaca yang praktek malah gagal padahal udah ikut resep. Nah, buku ini saya rekomendasikan buat teman-teman pembaca yang pengen belajar bikin kue tapi takut gagal kayak saya, hehehe.. Sudah beberapa resep saya coba terapkan dan hasilnya tidak mengecewakan. So, this book is very recommended yah =)

SONY DSC

Rasanya senenggg banget bisa bikin onde-onde hahaha, bisa puas makan tanpa takut minyaknya jelek, Saya pake minyak kletik malahan buat goreng onde-onde ini. Enaaakkkk…

onde26

Dengan perasaan rendah diri karena masih pemula *hihihi, postingan Onde-onde Tiga rasa ini diikutsertakan dalam Challenge #1 YKMK 2014

logotantanganykmk1

Selamat mencoba yahhh, kabarinnn..;D

 

love, cintaresep

Leave a Reply

