15 Tips Panduan Liburan Mudah, Nyaman, dan Hemat di Singapura

Liburan Natal kemarin saya bersama suami, anak, dan ibu saya berangkat ke Singapura untuk pertama kalinya. Setelah sebelumnya enggan berwisata ke daerah Asia yang menurut kami tidak terlalu istimewa karena kultur dan alamnya tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Berhubung sudah kebelet banget ingin liburan namun terhalang status kepemilikan bayi yang tentunya sangat tidak gampang bila diajak liburan ke luar apalagi ke negara orang, hehe. Liburan di dalam kota sendiri aja ribetnya minta ampun huaaahhh.. Jadinya diputuskan untuk mengunjungi negara tetangga, Singapura, negeri kepala singa yang kabarnya sangat familiar untuk liburan keluarga.

Setelah beberapa bulan mencari informasi seputar Singapura dan membuat itinerary atau rencana perjalanan selama 3 hari 2 malam disana, saya merangkumnya dalam 15 Tips panduan Liburan Mudah, Nyaman, dan Hemat di Singapura. Semoga bermanfaat untuk Anda yang berencana pergi ke Singapura untuk pertama kalinya dan tanpa pemandu atau tur =)

1. Pastikan mendapat  Tiket Penerbangan Anda

Seperti judul postingan diatas saya menekankan kata Mudah dan Nyaman di tempat pertama baru kemudian Hemat. karena ga ada gunanya kalo biaya yang kita keluarkan sangat minim tapi liburan kita menjadi tidak nyaman atau malah menyulitkan. Hal ini saya terapkan dalam rencana liburan saya kemarin. Saya jarang sekali terbujuk rayuan promo penerbangan yang murah dan harganya sangat2 dibawah rate normal. Biasanya jarak tanggal booking dan tanggal penerbangan sangat jauh. Bagi Anda yang berkeluarga tentu hal ini akan sangat beresiko sekali mengingat faktor kesehatan setiap anggota keluarga yang berbeda dan bukan tidak mungkin bila satu sakit yang lain akan batal berangkat juga kan? Belum lagi faktor ketersediaan dana liburan dan kesiapan mental untuk berangkat.  Mereka yang single saja ada resiko batal berangkat apalagi mereka yang membawa serta keluarga termasuk anak2 kecil atau bayi. Jadi sebisa mungkin hindari memesan tiket promo yang meskipun harganya murah namun beresiko hangus karena batal digunakan. Paling tidak Anda memesan 2 bulan sebelumnya untuk menciptakan atmosfer liburan, merencanakan bagaimana rumah Anda ketika harus ditinggal, mempersiapkan dokumen dan persiapan2 lainnya.

Rata2 agen tiket perjalanan menetapkan harga yang sama, tidak perlu mencari yang lebih murah karena hanya akan membuang2 waktu Anda. Bila ingin menghemat, hematlah dengan tidak usah membeli bagasi. Pakailah fasilitas kabin pesawat dengan ukuran tas 56cm X 36cm X 23cm dengan berat tidak lebih dari 7 kg. Oh ya, bila Anda membawa stroller atau kereta dorong bayi, pihak airline tidak akan menganggapnya sebagai jatah bagasi. Anda punya jatah gratis menitipkan 1 stroller dalam bagasi pesawat.

2. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang penginapan atau hotel yang Anda pesan.

Saya memesan kamar di sebuah hotel yang terletak sangat strategis berdasarkan alamatnya namun tidak cukup dekat dengan stasiun MRT. Padahal dengan harga yang beda tipis, saya bisa mendapatkan hotel yang terletak tepat di atas stasiun, kondisi kamar yang jauh lebih cantik, dan mudah mencari taksi. Alih2 mendapatkan penginapan tersebut, saya justru mendapatkan kamar yang agak kotor – tidak seperti foto yang ditampilkan di web, harus berjalan geret2 koper dari hotel ke stasiun karena sulit mendapatkan taksi, dan kasur yang tidak empuk. Hikss !!

Saran terbaik saya adalah Carilah Hotel atau penginapan yang banyak disukai atau terkenal banyak orang Indonesianya, hahaha, tahu sendiri deh orang Indonesia emang paling jago soal liburan secara ekonomis tapi nyaman. Kalau Anda berminat tidur di apartment atau condo, sahabat kami tidak menyarankannya karena secara faktor kenyamanan ga bisa bilang deh. Soalnya Singapura kan terkenal sebagai tempat tujuan berobat. Banyak orang sakit yang pergi ke Singapura untuk berobat dan mereka serta keluarganya banyak menyewa apartment. Jadi bila tidak ingin mendapatkan pengalaman berlibur dengan pemandangan seperti di bangsal rumah sakit, silahkan pesan hotel saja… Ini kata sahabat kami  yang pernah mengalaminya lho…;D

3. Bawalah botol minum Anda sendiri dari rumah

Ya, dengar2 air di Singapura itu impor, jadi harganya tentu saja sangat mahal – maksud saya air mineral kemasan. Tapi jangan kuatir karena di setiap fasilitas umum di Negara ini terdapat banyak keran air bersih yang dapat langsung kita minum. Bila tidak ingin langsung meminumnya, Anda bisa merebus air di dalam teko listrik yang tersedia di penginapan, dan memasukkannya ke dalam botol minum untuk dibawa berpergian seharian. Hal ini sangat penting dan berguna banyak untuk Anda yang terkenal “ngonta” kalo minum dan cepat haus. Perlu diketahui Negara Singapura adalah negara tropis sama seperti Indonesia. Mataharinya bersinar cukup terik dan dekat dengan laut sehingga udaranya panas dan gerah bahkan dalam cuaca hujan sekalipun.

4. Sarana Transportasi : MRT

Kami memilih MRT ( kereta bawah tanah yang sangat cepat ) karena harganya cukup murah dan bisa dimasuki kereta bayi karena kami membawa stroller atau kereta dorong bayi. Karena itu kami membeli Singapore Tourist Pass (STP), untuk tarifnya sbb,

Tarif MRT untuk 1 hari bebas kemanapun dengan MRT  = $S 10 / penumpang

Tarif MRT untuk 2 hari bebas kemanapun dengan MRT = $S 15 / penumpang

Plus tambahan Deposit kartu $S 10 yang akan dikembalikan saat Anda mengembalikan kartu STP

Tempat2 tertentu untuk membeli STP :

Changi Airport 12:00 pm – 03:45 pm
& 04:45 pm – 07:30 pm Daily
Orchard 10:00 am – 09:00 pm Daily
Chinatown 12:00 pm – 03:45 pm
& 04:45 pm – 07:30 pm Daily
City Hall 09:00 am – 09:00 pm Daily
Raffles Place 08:00 am – 09:00 pm on Weekdays
08:00 am – 05:00 pm on Saturday
Closed on Sundays and Public Holidays
Ang Mo Kio 08:00 am – 09:00 pm Daily
HarbourFront 10:00 am – 09:00 pm Daily
Bugis 10:00 am – 09:00 pm Daily

Karena kami hanya 2, 5 hari di Singapura, maka kami membeli tiket untuk 2 hari. Hari ketiga kami membeli tiket MRT untuk satu perjalanan saja. Tiket ini namanya Tiket MRT Standard, Anda bisa membelinya dengan mengoperasikan mesin2 tiket yang ada di stasiun MRT. Langkah2nya sangat mudah :

  • Pilih Standard Ticket pada menu Select Option
  • Pilih daerah / stasiun tujuan Anda dan jumlah tiket yang ingin Anda beli
  • Masukkan uang kertas atau logam sesuai dengan tarif yang tertera
  • Uang kembalian akan keluar di ruang bagian bawah mesin tiket

Bila Anda tidak ingin repot sekalian beli tiket untuk tempat  tujuan berikutnya atau tiket untuk pulang

Jangan membuang tiket standard karena bisa Anda tukar dengan $S1 yang merupakan deposit. Anda bisa menukarnya di mesin tiket.

Peraturan di MRT yang harus diperhatikan :

  • Tidak dibolehkan merokok, Anda bisa didenda
  • Tidak dibolehkan makan / minum, dendanya mahal
  • Jangan membuang sampah / meludah sembarangan, Anda bisa didenda
  • Perhatikan tanda panah ketika akan masuk MRT, mengantrilah disebelah kanan dan kiri pintu, jangan tepat di tengah2 pintu, karena itu adalah jalan penumpang yang akan keluar dari MRT.
  • Jangan memaksa masuk MRT apabila sudah dekat dengan detik2  mau menutup karena Anda bisa berbenturan dengan pintu. Pintu tidak akan menjepit Anda sih tapi benturannya ketika berbalik pasti akan terasa mengagetkan. Tunggulah kedatangan berikutnya, hanya selisih 5 menit koq.

5. Sarana Transportasi : Bus

Ada Bus juga tapi sulit untuk kami menaikkan stroller, jadi tidak kami pilih. Untuk info lebih lengkap bila Anda tertarik menggunakan bus silahkan klik link berikut : Naik Bus di Singapura

6. Sarana Transportasi : Taksi

Taksi adalah sarana transportasi yang mudah, cepat, dan nyaman. Perlu Anda ketahui, harga taksi di Singapura tidak terlalu mahal, tapi mencari taksi yang kosong pada hari2 libur tentu saja sangat sulit, rata2 selalu penuh dengan penumpang. Tambahan info, para supir taksi ini berganti shift pada pukul 13.30 sehingga apabila Anda membutuhkan taksi pada jam2 sekitar 1300-13.15 biasanya para supir ini akan menolak karena bertepatan dengan jam pergantian shift nya. Alasan diperkuat karena mereka akan didenda $S 100 bila terlambat. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan dan mengganggu jadwal liburan Anda.

7. Beli tiket masuk wahana sekaligus dalam paket lebih murah

Bila ingin ke beberapa wahana sekaligus lebih baik Anda membeli tiket terusan daripada sendiri2, karena harganya akan jauh lebih murah. Paket2 ini tersedia di bandara, Anda bisa meminta shopkeeper untuk menjelaskannya pada Anda. Bertanyalah dengan bahasa internasional alias English. Membeli di bandara bisa menghemat beberapa dolar dibandingkan dengan membelinya secara langsung di loket2 wisata, apalagi Anda diharuskan mengantri, tentu saja tidak efisien dalam hal waktu

8. Makanlah di tempat2 makan lokal dan bukan mall

Tempat makan lokal di Singapura harganya cukup murah meriah dengan kualitas dan rasa yang enak. Jika dibandingkan dengan restoran di mall Anda akan mendapati harga yang fantastis dan merogoh kocek lebih dalam. Contoh tempat makan yang saya rekomendasikan sbb :

  • Kopitiam – dekat stasiun MRT Lavender, sebelah V Hotel Lavender
  • Food court di Vivo city Mall – lantai teratas
  • Bugis Street

9. Makanan non – Halal di Singapura harganya lebih murah daripada di tanah air

Bagi Anda penggemar daging babi, menu makanan yang menggunakan bahan tersebut  sangatlah banyak dan beragam. Harganya pun jauh lebih murah daripada di Indonesia. Untuk gerai besar penjual Pork meat seperti Bee Cheng Hiang yang cabangnya juga ada di Jakarta, harganya jauh lebih murah dan dagingnya terasa lebih enak. Jadi, silahkan menikmati makanan mewah dan enak dengan harga yang benar2 murah dengan memesan menu makanan ini, dan jangan lupa untuk berhati2 apabila Anda penderita kolesterol tinggi😀

10. Mencari tahu operator lokal Indonesia yang bekerjasama dengan operator di Singapura

Di Singapura, saya membutuhkan koneksi internet dan telepon seluler. Namun tarif internasional operator telepon saya mengenakan biaya yang sangat mahal bahkan untuk sekedar ber – sms saja. Bahkan baik pihak penelpon maupun penerima telepon pun dikenai biaya roaming yang mahal. Saya sebelumnya tidak tahu bahwa salah satu operator telepon lokal Indonesia yaitu XL bekerjasama dengan operator di Singapura untuk layanan telepon dan internet bebas roaming. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli kartu SIM di Indonesia untuk fasilitas yang ekonomis ini.

11. Membeli kartu SIM lokal Singapura

Apabila Anda tidak sempat berganti kartu di Indonesia, tapi membutuhkan telepon selular dan koneksi internet di Singapura, Anda perlu menonaktifkan kartu SIM lokal Anda dan membeli kartu SIM Singapura. Harganya tidak terlalu mahal. Dengan membayar $S 28 Anda mendapatkan kartu SIM dan sebesar $S 5- 10 akan ditarik untuk mengaktifkan layanan internet. Sinyal kartu SIM di Singapura cukup memuaskan.

12. Pahami alur rute MRT Singapura agar perjalanan Anda efektif

Pertama kali sampai di Hotel daerah Lavender saya sudah menetapkan akan mengunjungi daerah Bugis terlebih dahulu. Pada saat berjalan kaki menghilangkan pegal karena seharian duduk di pesawat dan taksi saya memahami bahwa di negara ini penting bagi turis untuk memahami peta Singapura. Dengan memahami peta Anda bisa memutuskan apakah perjalanan Anda akan efektif atau tidak. Hal paling mudah untuk dimengerti adalah melihat alur MRT yang ada di atas pintu kereta. Jadi Anda bisa melihat alur MRT dan menyesuaikan mana rute terdekat yang ingin dikunjungi dan mana tempat yang perlu menunggu. Kecuali Anda memang sudah memutuskan akan ke daerah yang lebih jauh terlebih dahulu untuk mengejar waktu.

Ada 4 jalur utama MRT, jalur merah, kuning, hijau, dan ungu.  Anda tidak perlu bingung karena di setiap stasiun banyak keterangan / petunjuk arah. Bila Anda terlewat satu stasiun, santai saja, turun dari MRT, dan kemudian mencari MRT arah sebaliknya untuk kembali.

  • Kalau Anda mau berpindah jalur, Anda perlu mencari stasiun Interchange. Misalnya Anda ada di jalur hijau, Lavender dan ingin ke daerah Orchard di jalur merah. Anda perlu menuju City Hall terlebih dahulu dan berganti MRT disana.
  • Peta MRT dan LRT Singapura
  • peta_mrtsingapura

13. Aman Menyeberang jalan di Singapura 

Carilah zebra cross atau dua garis putih vertikal sejajar dekat lampu merah. Bila ada banyak orang yang sedang menunggu lampu hijau, Anda bisa ikut nimbrung dengan mereka. Tapi bila hanya ada Anda saja dan ingin menyebrang, maka tekanlah tombol panah yang ada di tiang lampu merah untuk membantu mempercepat lampu menjadi hijau. Kemudian tunggu lampu hijau baru Anda menyeberang.

Apabila Anda berada di daerah yang tidak terdapat zebra cross dan dihalangi oleh pembatas seperti di Orchard road, maka satu2nya jalan untuk menyeberang adalah mencari stasiun MRT terdekat dan menyeberang lewat bawah tanah. Disana Anda bisa membaca petunjuk arah untuk menuju seberang jalan

14. Makanan terkenal dan wajib di Singapura yang perlu Anda jajal salah satunya adalah Chili Crab

Makanan ini hanya terdapat di daerah China Town, jarang sekali ditemui di daerah lainnya. Jadi pastikan Anda mengunjungi China Town bila tidak ingin manyun karena kurang informasi seperti saya ;-(

sorry OOT hehehe, tapi menurut saya ini adalah panduan paling penting lho untuk food addict ;p

15. 3 hari 2 malam di Singapura, Anda bisa kemana saja?

Saya kasih contekan Itinerary saya, ga banyak sih, maklum deh bawa bayi umur 10 bulan, jadi habis waktunya di kasih makan dia, menyusui, dan ganti pospak, hehehehe… Ga ada jadwal have fun di wahana2, hanya belanja , makan, dan jalan2 saja =)

hari pertama, berangkat pukul 07.30 tiba di Singapura pukul 10.15

  • Makan siang di Bandara
  • Naik mrt ke lavender, naik taksi ke hotel karena ga tau hotelnya dan koper banyak banget, meletakkan barang2, rehat sebentar
  • berjalan kaki ke Bugis street, makan cemilan jalanan di Bugis, belanja sampai sore
  • Naik mrt ke Orchard road, jalan2 dan menikmati pemandangan malam hari Orchard yang terkenal sebagai surga belanja, makan malam di Takashimaya restaurant di ION Orchard (not recommended bcoz the food is expensive ;D)
  • Mampir ke Marina Bay sebentar untuk lihat pemandangan malam hari
  • Pulang ke hotel, istirahat

hari kedua, berangkat dari hotel jam 9.30 pagi, terlalu siang sih sebenernya, soalnya ngasi sarapan bayi dulu, nunggu dia bangun tidur, hahaha…

  • Makan pagi di Kopitiam, Lavender
  • Naik MRT menuju Vivo City Mall, Harbourfront, jalan2 di mall
  • Naik monorail yang terletak di lantai 3 Vivo city mall ke Sentosa Island
  • Berjalan kaki menuju Silloso Beach
  • Makan Siang di Food court Vivo City Mall
  • Naik MRT ke Orchard Road lagi (terobsesi ‘blusukan’ disini nih),
    jalan2 sore dan lihat pohon natal di Orchard, window shopping sampai malem, jalan terus sampe pegel ;p
  • Pulang ke hotel, istirahat

hari ketiga, berangkat dari hotel jam 9.00 pagi pulang ke Indonesia pukul 17.30

  • makan pagi di Kopitiam, lagi? abis enak sih ;D
  • Naik MRT menuju Raffless Place
  • berjalan kaki menuju Patung Merlion, berfoto, melihat pemandangan Marina Bay Sands Hotel, Singapore Flyer dari jauh
  • makan Bread Ice cream Singapore di Uncle2 yang berjualan di pinggir jalan
  • beli suvenir di souvenir shop
  • jalan kaki balik ke stasiun mrt raffless city
  • naik mrt ke bugis junction untuk makan siang dan jalan2
  • kembali ke hotel untuk ambil koper
  • naik mrt ke bandara dan pulang kampung

Sebenarnya hari kedua mau dihabiskan di Sentosa Island aja, niatnya mau main di Universal Studio seharian, tapi kasian my baby pasti capek banget kalo ikutin kita bersenang2 hohoho, jadi diputuskan jalan2 aja ke pantai Siloso, eh, ternyata, hujan turun lebat sekali lho hari itu. Untungnya ga jadi ke Universal Studio, kalo engga rugi banget kan, mana hujannya disertai angin kencang. Jadi dalam 3 hari 2 malam itu, sebenarnya Anda bisa cukup leluasa kalau ingin menghabiskan waktu di tempat2 asyik di Singapura, so, kembali pada pilihan Anda. Singapura adalah kota yang tidak terlalu luas, transportasi massalnya seperti mrt membuat perjalanan Anda dari satu daerah ke daerah lain hanya berkisar 5-10 menit, jadi Anda punya banyak waktu untuk menjelajah dalam 1 harinya

Nah, 15 panduan berlibur di Singapura sudah saya paparkan di atas, bila Anda mau bertanya, jangan malu lantas tersesat dijalan yah, silahkan kirim komentar, apabila tahu saya akan bantu dengan senang hati.

 

I hope u enjoy my share

Thanks for visit my blog

 

 

♥ kisses and hugs ♥

cintaresep.

 

6 thoughts on “15 Tips Panduan Liburan Mudah, Nyaman, dan Hemat di Singapura

  1. Kalau pengguna BB, bisa optimalkan paket kerjasama XL (I’sia) dg M-1 (operator Spore); 3 hari paket free untuk selanjutnya bayar. Lumayan hemat ^_^

  2. Aih lengkap sekali pemaparannya. Thanks ya makk, ngomong” hotel yg harganya masih aman buat kantong emak” pengiritan dimana ya ? Bawa bayi soalnya, jadi ga mungkin ke motel atau hostel. Hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s