Pempek Lenjer khas Sumsel

Hai hai readers,

Udah lama banget nih saya ga beli tenggiri, kangenn, biasanya dibuat baso ikan terinspirasi dari mama tersayang yang jagonya masak baso ikan. Tapi kali ini saya beli tenggiri untuk mengisi persediaan frozen stocknya Gregory, soalnya daging ikan salmon sekarang lagi mahal2nya, jatah makan ikan 2 porsi aja udah abis rp. 50.000, – . Duh, kasian sang pencari nafkah kalau belanjanya salmon terus. So, saya coba menggantinya dengan tenggiri, belinya ditukang sayur deket rumah. Dan, supaya terjamin kebersihannya, saya fillet sendiri. Sekitar 500 gr saya buat frozen stock, sedangkan kerangka ikannya daripada dibuang sayang, saya buat kaldu ikan yang sukses menerbitkan air liur kami. hihihi… harum dan gurih sekali rasa kaldunya yummmm, buat yang punya baby dan mau bikin resepnya saya bagikan disini yah..Kaldu Ikan atau bisa juga klik gambar kaldu dibawah ini.

SONY DSC

500 gr yang tersisa saya mau cobain buat pempek aja, resep dari buku 100 mak nyusnya Pak Bondan belum semua saya praktekkan. Beberapa yang sudah dicoba ada di link berikut ini,

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

2. Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

3. Sambal Raja khas Kutai

4. Manuk Ragi Rajang khas Lombok

5. Sate Lilit Ikan khas Bali

6. Ayam Tangkap khas Aceh

7. Pallu mara khas Makassar

8. Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung)

9. Gohu Ikan Tuna khas Ternate

10. Soto Ayam khas Lamongan

11. Sate Maranggi khas Jawa Barat

12. Be Sisit (ayam suwir) / Ayam Pelalah khas Bali

Jadi ini namanya sekali beli ikan tenggiri, 2-3 masakan jadi hueheehehe… #IRTogahrugi
Saya biasanya kalo makan pempek itu beli, soalnya ga pede mau bikin. Nah, karena ini resepnya Pak Bondan, cukup terpercaya nih, jadi saya coba, dan rasa cukonya buat saya hampir mirip dengan buatan orang Palembang asli loh #pede hehe… Cuma Pempek Lenjernya kebanyakan dagingnya. Kalo beli kan banyakan aci / kanjinya jadi lebih empuk. But, anyway, pempek lenjernya cukup memuaskan d^,*b

SONY DSC

Resep Pempek Lenjer

sumber : 100 mak nyus Bondan Winarno dengan adaptasi oleh cintaresep.com

Bahan :

500 gr daging ikan tenggiri
50 ml air es
150 gr sagu singkong / tapioka
3 sdm tepung terigu
1 sdt garam

Pelengkap :

cuko
rajangan timun
mi kuning

Cara membuat :

1. Pastikan ikan sudah bebas tulang/ duri, blender sampai lembut. Bubuhi garam dan air es. Aduk sampai rata dan lengket
2. Campurkan sagu singkong dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk agar rata
3. Sesudah adonan rata dan liat, bentuk menjadi lenjer atau silinder panjang ( lebih mudah menggunakan sarung tangan plastik)
4. Lenjer dikukus sampai matang sekitar 20 menitan
5. Bila lenjer berukuran besar, diiris2 dulu, baru digoreng. Bila lenjer kecil, bisa digoreng langsung

SONY DSC

Cara membuat cuko:

Haluskan 5 bawang putih, 3 cabai rawit, 1 sdm ebi sangrai (saya ga pakai karena suami ga suka), kecap manis (sekitar4-5 sdm), dan 1 sdt garam. kemudian masukkan ke dalam setengah liter air mendidih. masukkan gula merah 30 gr sampai cair, dan terakhir masukkan 1 sari buah jeruk nipis. Tingkat kepedasan dapat disesuaikan selera

SONY DSC

Yummyyy !!!

Biasanya kalo di tukang pempek tuh pakenya soun yah, tapi karena saya punyanya mie kuning, maka saya pakai ini, ga kalah nikmatnya kok. Variasi pendamping pempek dan rasa mau sepedas apa bisa disesuaikan dengan selera Anda ya, yang penting maknyuss dahh !! ;p

pempeklenjer2

 

Selamat mencoba ! ^^

Oh ya, mungkin ini postingan terakhir cintaresep ditahun ini, karena cintaresep dan keluarga mau berliburrrrrr !!!! yaaayyyy !!!

Sebenarnya ingin sekali memanggang beberapa cupcakes yang sweet dan lezat sebagai postingan penutup tahun 2013 tapi apa daya waktu dan kesempatan tidak mengijinkan. Hikss! Padahal udah beli tier2 lucu dan unik sebagai dekorasi cupcakes untuk natalan tahun ini. Tapi coba deh liat ntar kalo detik2 terakhir menutup tahun sempet baking, saya akan posting disini sebagai penghangat dan keceriaan yang akan mengantarkan kita ke tahun yang baru.

Selamat natal 2013 dan Selamat menyongsong Tahun Baru 2014.

Cheers,

*kiss from cinta♥resep

3 thoughts on “Pempek Lenjer khas Sumsel

  1. Aku suka banget pempek! Pas hamil juga ngidam pempek tapi karena tinggal di desa di Bali jadi agak susah ndapetinnya… coba kalo pas hamil liat resep ini, pasti aku bikin sendiri nih. Tapi sekarang pun tertarik juga untuk nyoba karena kelihatannya gampang hehehe

  2. Iya betul mbak intan aku tinggal setaun dibali waktu sma juga ga pernah ketemu pempek padahal di denpasar hehehe…silahkan dicoba mbak, biar kangennya terobati, hehehe ;D

  3. Pingback: Kumpulan Resep Seafood - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

