Tepung Tempe for my Baby

Natalan tahun ini kami rencananya mau ke Singapura, pertama kalinya ke luar negri sejak punya baby. Agak deg2an sih mengingat makannya masih memerlukan pengolahan secara khusus dan homemade. Kami berharap disana nanti bisa menemukan makanan tim di restoran yang berkualitas atau grade nya tinggi supaya kebersihannya terjamin dan aman untuk bayi. Itu plan – A nya, tentu saja harus banyak planning kalau berencana Berpergian dengan bayi apalagi ke luar negri. plan – B nya adalah saya akan membawa MPASI instan, atau tepung gasol, di supermarket saya lihat banyak tepung ubi, tepung kacang hijau, tepung beras, tepung jagung, dll. eh, tapi ini juga agak riskan kurang gizi, jadi saya sudah berpikir akan membuat tepung tempe yang tahan lama dan mudah, tinggal dicampur saja dengan bubur instan. Selain tepung tempe saya juga membuat tepung teri, nanti akan saya posting cara membuatnya di postingan berikutnya.

Untuk berpergian selama 3 hari 2 malam, saya akan membawa pisang untuk hari pertama dan jeruk untuk hari ke 2, hari ketiga mungkin pepaya, karena sejauh ini dia bisa makan dengan cara menggerogotinya. syukur2 kalau disana nanti bisa mendapatkan buah segar yang bisa melengkapi sarapan buah setelah bangun tidurnya.

sempat siih niat mau bawa travel cooker tapi pasti nantinya akan sangat merepotkan dan tidak efektif untuk berlibur. lagipula pihak airlines pasti tidak akan mengijinkan bila membawa alat2 tajam seperti pisau atau hand blender. cara amannya instan dulu aja ya nak, nanti sepulang dari jalan2 mama masak yang bergizi lagi yaaaaaa *sembunyiinbadantakutdikepruk ibu2 grup hhbf ;p

Resep Tepung Tempe

untuk 100 gr tepung tempe

sumber : ย Makanan Bayi sehat alami oleh Wied Harry dengan adaptasi oleh cintaresep

Bahan :

250 gr tempe (fermentasi matang sempurna, tidak busuk)

cara membuat :

1. panaskan oven pada suhu 140 derajat celcius. Siapkan loyang kue kering

2. Potong tempe setipis mungkin, antara 0,5-1 cm. Atur tempe berjajar diatas loyang. panggang dalam oven hingga kering sekitar 45 – 50 menit. balik tempe, lalu masukkan lagi ke dalam oven. sisihkan tempe hingga dingin

image

image

3. Haluskan tempe dengan blender. Simpan dalam wadah bersih bertutup rapat

image

image

Tepung tempe ini adalah makanan yang mengandung zat alami penghenti diare. Jadi kalau bayi anda terkena diare, buatkan tepung ini. Nah, apabila tidak digunakan untuk penghenti diare, bisa digunakan untuk memperkaya zat gizi makanan bayi seperti yang saya buat ini, untuk mencampurnya dengan bubur instan saat berpergian jauh dan tidak memungkinkan untuk memasak.

saya membuat tepung tempe dalam berbagai tekstur, ada yang saya saring hingga halus, dan yang lainnya saya biarkan seperti diatas, masih bergerunjul berupa butiran kecil.

image

 

Horee tepung tempe nya sudah jadi tinggal bikin tepung teri nya.

Mudah2an tepung tempe ini berfungsi dengan baik ya, doakan saja Supaya anaknya suka dan acara liburannya lancarrrrr, aminnn, hehehehe…

btw, kalo ada ibu2 cakeppp yang punya ide lain untuk saya, monggo yah ditunggu saran dan anjuran baiknya, terima kasihhhh….^^

 

 

 

11 thoughts on “Tepung Tempe for my Baby

  1. Wah, Rajin banget buat tepung, Mak.

    Saya sih belum pernah ke luar negeri bareng bayi, tapi waktu pulang kampung kemarin, saya bawa tepung gasol dan buahan. Pas persediaan habis, saya cari nasi tambahkan air panas trus diulek supaya halus. Lauknya sementara sayur aja. hehe

    Semoga liburannya menyenangkan, Mak

  2. hehe, iya mak sary biasanya saya juga langsung cemplung, dibikin tepung mah ribet, tapi kalo ga dibikin tepung, ga bisa tahan lama buat dibawa2 mak, hehe, ini alternatif pengolahan saja. Plus, kalo anak diare lebih mudah buat si kecil makan kalo tepung tempenya dicampur ke bubur. sama2 mak makasih sudah mampir ^^

  3. rajin karena kefefet mak, huaaaahahaha…
    ide bagus tuh mak, nasinya diulek hehehe…, kalo pulang kampung lebih enak ya mak minimal rumah orang tua, kalo di hotel aduh pusing mikirinnya euy mak, btw, ngasih tepung gasol kemarin pas anak berapa bulan mak?

  4. Horeeeeee nemu juga pengolahan tepung tempe homemade, nih… kebetulan ga punya bukunya Pak Wied, jadi terimakasih udah diposting disini, mbak ^^ Ternyata tempe itu penghenti diare ya? khusus tempe yang diolah jadi tepung atau tempenya? Sempat baca sepintas buku Pak Wied katanya tempe itu kaya akan zat besi juga… makanya hampir tiap hari Kalki aku kasi tempe yang dikukus trus dibejek diatas saringan kawat๐Ÿ™‚

    Itu idenya bagus bener dimasukkin per porsi ke plastik kedap udara, plastik ziplock ya namanya, jadi tepungnya sekali terbuka langsung dipakai semua. mau cari ah satu pack aah… hehehe

    ditunggu ya mbak resep tepung terinya๐Ÿ˜€

  5. wahhh senang bisa membantu padahal hasil contek resep pak wied doang hihihi…iya bener tempe bagus buat bayi mbak.

    memang ini dimasukkin ke ziplock supaya praktis buat dibawa2 jauh ^^,

    tepung teri saya tinggal posting doang udah difoto hasilnya tapi kelewat hihi iya nanti saya posting yah.. stay cunnn ya mbak ;P

  6. Pingback: Tepung Teri for MPASI my Baby | c'nt'a resep

  7. grup hhbf itu apa mbak?
    saya juga ikut milis mpasi rumahan, dan rasanya kok guilty banget ya pas ngasi anakku makanan instan T___T
    tapi gapapa lah dari pada aku nggak ngasi anakku makan

  8. Homemade healthy baby food mba di fb. Iya mba saya juga bersalah dan ga tenang rasanya kalo kecolongan harus ngasi instan, jadi biar repot gimana tetep diusahain masak, kebetulan irt full time jadi memungkinkan.tetep semangat aja mbak setiap ibu tau yg terbaik buat anak2nya๐Ÿ™‚

  9. Iya bisa mak, hehehe variasi makanan bayi yang aku dapet dr bukunya pak wied harry mak, salam kenal juga, terima kasih sudah bertamu ;D

Leave a Reply

