Pinky – White Cake

Karena suka coba2 bikin roti yang menggunakan kuning telurnya saja, persediaan putih telur saya jadi menumpuk Di kulkas. Mau dibuang rasanya duh koq sayang banget, nah, berkat nongkrongin  grup FB Natural Cooking Club, saya jadi dapet banyak pencerahan guna memanfaatkan putih telur ini. Salah satu yang membuat saya tergiur adalah resep White Cake punyanya mbak vero yang bentuknya cantik dan rasanya juga ga kalah sweet, resep diambil dari sini ya

image

Berikut resepnya

Resep White Cake

Sumber : catatandapurnyavero.blogspot.com dengan penyesuaian cintaresep

Bahan :
180 gr gula pasir ( harusnya 225 gr tp menurut saya kemanisan)
100 ml air
100 ml minyak goreng
42 gr susu kental manis
200 ml putih telur
1 sdt emulsifier
1/4 sdt vanili
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
5 gr susu bubuk
250 gr tepung terigu
pewarna pasta makanan warna pink dan hijau
Cara membuat :
Kocok semua bahan hingga mengental, pisahkan menjadi 2 atau 3 bagian, beri sedikit pewarna, tuang di loyang atau cetakan puding secara bertahap. Adonan pink dulu kukus selama 15 menit atau setelah mengembang, lalu tuang adonan putih, kukus sampai matang sekitar 30 menit.
image
Di grup NCC FB, ada yang nanya apakah saya menggunakan cetakan puding untuk mengukus? Yep, betul. Meskipun terbuat dari plastik tapi aman kok kalo buat ngukus doang sih.
Rasanya manis dan empuk sekali, teksturnya moist dan enakk. Emang saya doyan sponge cake dan white cake ini jauh lebih lembut dari sponge cake.
Nah, karena sorenya ada pertemuan doa, saya putuskan membuat lebih supaya bisa dibawa,
image
Kalau melihat dari penikmatnya, white cake ini terlalu manis bila disajikan pada orang Bandung dan berusia lumayan sepuh, tapi kalo disuguhkan pada orang Jawa yang dominan suka manis atau anak kecil pasti langsung ludes. Hehehe, white cake saya laku sama bapak2 pensiunan tentara berdarah Jawa, cucok maricok, ngambil2 terus. Yang lain sih ambilnya satu satu doang, ga tau malu mo nambah, apa takut disangka ngabisin, karna saya bawanya juga cuma sedikit, hehehe…Sipp ahh yang penting ada yang doyan juga udah senenggg hihihihi. tapi, mohon maaf sebelumnya kalo yang ngabisin cetakan pertama saya sendiri huahuaaaa…#tutupinlemakperutpakepanci

Leave a Reply

