Sate Maranggi khas Jawa Barat

Huaahh.. sejak muncul tanda2 kolesterol (meskipun belum periksa darah; cuma curigation ;p ) gara2 terlalu banyak makan daging, saya jadi jarang sekali masak daging sapi. Kalau diperhatikan, kebanyakan saya masaknya ikan ikan ikan, kalo ga ayam ayam ayam berbagai jenis, berbagai rupa, dan bentuk hehehe…

Lama2 suami saya jengah juga, hahaha…

Kalo makan di luar pelampiasannya pasti yang berbau daging2an, soalnya katanya badannya jadi lemes (#meatsaddict) karena dirumah udah jarang makan daging

Kalo dipikir2 kasian juga sich ya soalnya kan katanya laki2 itu kekuatannya dari makanan, ngeliat anak saya yang juga laki2 dan baru menginjak 9 bulan makannya kuat bener, kalo piring makannya ditaro dia pasti nangis2 disangka mo udahan makannya, tuhhh dari bayi aja uda keliatan jago makan, gimana bapaknya yang secara tubuh dan kebutuhan jauh lebih besar dan semua itu perlu dipenuhi. Emang turunan itu kuat yah, Like father, like son..Ahhh

Berhubung melalui buku 100 mak nyus nya Pak Bondan kita sudah menjelajah kuliner nusantara ke pulau2 seluruh Indonesia dari dapur pribadi, ga ada salahnya kalo kita rehat sejenak dan balik ke pangkuan Bumi Parahyangan, Jawa Barat tercinta. Hehe… Kali ini saya tergoda masak Sate Maranggi, secara sudah menghabiskan waktu cukup lama di kota kelahiran tapi ga pernah makan yang namanya Sate Maranggi. Duh duh duh kasian banget yah hahaha,,,

Asal Sate Maranggi ini katanya dari 2 kota, Cianjur dan Purwakarta. Tapi seiring perkembangannya, saat ini Sate Maranggi bisa ditemui di seluruh pelosok Bandung. Tentunya dengan citarasa yang sudah mengalami modifikasi ala masing2 pembuatnya. Versi saya ini dia,

SONY DSC

Resep Sate Maranggi
sumber : 100 mak nyus Bondan Winarno dengan penyesuaian oleh cintaresep

Bahan :

500 gr daging sapi sandung lamur / kambing / domba dipotong dadu sekitar 1,5 cm (saya pakai has dalam)

Bumbu :

5 siung bawang merah
1 kelingking lengkuas
1 kelingking jahe
2 sdm bubuk ketumbar
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm minyak kelapa /margarin
1 sdm cuka (saya pakai perasan air jeruk nipis 1 buah)

Cara membuat :

1. Ulek halus bumbu dan campur dengan kecap, minyak, dan perasan jeruk nipis
2. Gaulkan bumbu (namanya proses marinasi) dengan potongan daging dan biarkan semalaman di kulkas bawah / chiller  (min 1 jam) agar bumbu menyerap
3. Tusukkan daging sekitar 5 buah pada tusukan bambu, bakar sampai matang
4. Karena sudah berbumbu manis, maranggi tidak perlu lagi disajikan dengan sambal / saus

Sate Maranggi yang saya buat berlimpah bumbu, karena saya suka dan berani bumbu, proses marinasi saya hanya berlangsung selama beberapa jam saja, dan rasanya membuat saya cukup terkejut karena enak sekali. Saya yang ga pernah mencicipi Sate Maranggi, sekarang malah jatuh hati setengah mati.

SONY DSC

Sate Maranggi ini jadi hidangan kangen2an yang sempurna buat suami, sekalinya dimasakin daging lagi, langsung dibabat habis sampe lupa diri, heheheh, untung masaknya cuma setengah kilo. ;-p

Berikut saya lampirkan resep sebelumnya ya, biar ga ketinggalan wiskul bareng saya lewat dapur sendiri,

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

2. Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

3. Sambal Raja khas Kutai

4. Manuk Ragi Rajang khas Lombok

5. Sate Lilit Ikan khas Bali

6. Ayam Tangkap khas Aceh

7. Pallu mara khas Makassar

8. Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung)

9. Gohu Ikan Tuna khas Ternate

10. Soto Ayam khas Lamongan

Sepertinya Sate Maranggi ini akan jadi favorit saya seeeeee….lamanya !! I love West Java by the way

=)

SONY DSC

 

Ciaoo !!

5 thoughts on “Sate Maranggi khas Jawa Barat

  1. Pingback: Be Sisit (Ayam Suwir) / Ayam Pelalah Khas Bali | c'nt'a resep

  2. Pingback: Pempek Lenjer khas Sumsel | c'nt'a resep

  3. Pingback: Kumpulan Resep Sapi - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s