Soto Ayam khas Lamongan

Hai2 readers, setelah agak sibuk dengan pemindahan domain cintaresep yang tadinya di wordpress.com, sekarang cintaresep sudah seattle dengan cintaresep.com. Kenapa sih harus pindah, seperti yang pembaca lihat, blog resep masakan ini jadi lebih rapi dan penggolongan bahan makanannya jauh lebih terurut dan dapat ditemukan dengan mudah. Yayaya, saya sendiri kalau ingin memasak makanan yang dulu2 sekali ingin buka blog sendiri tapi nyarinya susah bener dah harus ditelusuri satu persatu, nah, karena alasan inilah saya akhirnya memutuskan untuk membuka blog baru yang lebih memberikan peluang untuk blog saya dapat dieksplor.

tentunya bila sangat bermanfaat buat saya, diharapkan bisa berguna juga buat kalian ya, semogaaa hehehe…

menyambung ke eksekusi masak  bukunya Pak Bondan yang ini nih, untuk mengingatkan saya tampilkan lagi gambarnya ya,

SONY DSC

saya sudah mempraktekkan masakan yang macem2 dari luar pulau jawa seperti :

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

2. Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

3. Sambal Raja khas Kutai

4. Manuk Ragi Rajang khas Lombok

5. Sate Lilit Ikan khas Bali

6. Ayam Tangkap khas Aceh

7. Pallu mara khas Makassar

8. Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung)

9. Gohu Ikan Tuna khas Ternate

Sekarang tibalah saatnya kembali ke makanan2 lezat di sekitaran Pulau Jawa. Yeayyy !!! Soto Ayam Lamongan, makanan kesukaan saya banget ini mah.apalagi yang ada koyanya, mantepp banget ga ketulungaaaannn, yuk ah mari disimak ya resepnya, =)

SONY DSC

Soto Ayam Lamongan

sumber : 100 mak nyus Bondan Winarno

Bahan :
1 ekor ayam kampung
6 butir telur ayam, direbus
1/4 kol / kubis, dirajang halus
4 batang serai
6 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
200 gram soun, direndam air panas, tiriskan setelah lunak
2 batang daun bawang, dirajang halus
bawang merah goreng secukupnya

Bumbu :
8 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 butir kemiri, disangrai
1 kelingking jahe, dibakar
1 kelingking kunyit, dibakar
2 sdt bubuk merica putih

Cara membuat :
1. rebus ayam kampung utuh dalam sekitar 3 liter air, dengan serai, daun salam, daun jeruk purut, dan sedikit garam
2. bila sudah empuk, angkat ayam, tiriskan, dan goreng dengan minyak goreng
3. bumbu2 dihaluskan dan ditumis dengan sedikit minyak. Masukkan ke dalam kaldu dan teruskan memasak dengan api kecil
4. Penyajian : tata soun dan rajangan kol di mangkuk kecil, masukkan sayatan tipis-lebar ayam goreng, setengah telur ayam rebus, siram dengan kuah soto, taburi dengan rajangan daun bawang, bawang merah goreng, dan koya
5. untuk koya, tumbuk 2 kerupuk udang goreng dan 2 sdm bawang putih goreng sampai menjadi bubuk halus. Taburkan hanya sesaat sebelum menyantap soto. Bila terlalu lama terendam kuah panas, koya akan menjadi lembek dan kehilangan tujuannya sebagai contrasting texture

soto ayam

 

Saya ga pernah sadar sebelumnya kalau soto ayam itu sebelum disuwir ayamnya harus digereng terlebih dahulu. Dan setelah masakan jadi, saya baru ngeh, ternyata enaknya dari sini toh, hehehe…

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki versi soto masing2, namun soto yang paling bisa membangkitkan selera makan saya adalah soto kuning ini. Perpaduan rajangan kubis dan soun membuat acara makan saya jadi seru dan kenyang karena udah ada soun ada nasi pula hahaha.

Biasanya saya doyan jajan Soto Madura yang ada di pinggir jalan. Tapi mereka biasanya membandrol harga sangat murah karena menggunakan ayam broiler. Dengan masak sendiri, saya bisa menggunakan ayam kampung yang membuat kuah sotonya jadi gurih tanpa tambahan penyedap buatan.

SONY DSC

Soto yang pernah saya buat adalah Soto Sulung khas Madura, ketauan kan saat saya buat Soto Sulung, gaya saya hampir menyerupai Soto Ayam khas Lamongan ini tapi minus koya.

Uhhh saya suka sekali versi soto Lamongan ini, I love Koya !! Do you???

4 thoughts on “Soto Ayam khas Lamongan

  1. Pingback: Sate Maranggi khas Jawa Barat | c'nt'a resep

  2. Pingback: Be Sisit (Ayam Suwir) / Ayam Pelalah Khas Bali | c'nt'a resep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s