Soboro Bread, Roti asal Korea

Haloo readers!!

Sudah lama juga ga pernah posting yang melibatkan oven kesayangan. Berhubung hari ini adalah hari libur masak sedunia #padahalemanglagimales, serta dapet ijin cuti masak sama bos besar aka husband, jadilah agenda saya hari ini adalah memanggang roti yang berasal dari Korea, Soboro. Dan yang paling asyik, suami tercinta ikutan turun gunung buat mendampingi saya di dapur. Horeeee !!

SONY DSC

 

Kenapa harus roti Korea sih? soalnya bentuk roti ini tampak familiar dengan roti yang dijual di bakery shop popular di Indonesia. Tebak apa hayo?

Soboro ini cukup padat dan tanpa isian dengan topping manis yang renyah seperti crumble. Saya sempat mengintip resep soboro di internet, karena resep yang kami buat berasal dari buku karanganย A. Yahya Hastuti, membuat saya ragu2. Tapi resep di internet tersebut sungguh berbeda dengan di buku. Jadi kami memutuskan untuk mengikuti buku dan menyesuaikannya. Anggap saja pembelajaran, pikir kami. Beruntungnya Soboro kami sukses dan rasanya memuaskan.

Pada prosesnya, kami menggunakan mixer roti, bukan menguleni manual dengan tangan, hasilnya adonan agak terlalu encer sehingga kami menambahkan takaran terigu sedikit demi sedikit sampai adonan elastis. Untuk toppingnya, saya juga melakukan sedikit perubahan. Nah, resep yang saya akan share adalah resep yang sudah kami adaptasikan sehingga Anda tidak akan menemui kejanggalan seperti yang kami temukan ;D

soboro2

Resep Soboro Bread
sumber : Aneka Bakery paling Favorit A. Yahya Hastuti dengan modifikasi oleh cintaresep

Bahan :

250 gr terigu protein tinggi
5 gr ragi instan
10 gr susu bubuk
1 gr bread improver
2 kuning telur
30 gr gula pasir
100 ml air
30 gr margarin
1/8 sdt garam

Topping :

30 gr margarin
90 gr gula pasir
1oo gr terigu protein sedang
20 gr selai kacang

Bahan Celupan :

200 ml air

Cara membuat :

1. Campur terigu, ragi, gula pasir, bread improver, dan susu bubuk. Tambahkan telur, lalu air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. (lebih bagus kalo pakai mixer roti)
2. Tambahkan margarin dan garam, lalu uleni hingga kalis elastis. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang
3. untuk Toppingnya : kocok gula dan margarin hingga lembut dan berubah warna agak pucat. Tambahkan selai kacang. kocok hingga bercampur rata. masukkan tepung terigu. Aduk2 dengan tangan hingga berbentuk gumpalan atau butiran kecil
4. Kempiskan adonan dengan cara meninju2nya. Timbang masing2 seberat 30 gr, lalu bulatkan. Celupkan adonan yg telah dibulatkan pada air, lalu tekan2 pada bahan topping agar menempel pada roti.
5. Diamkan selama 20-30 menit
6. panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 15-20 menit
7. tunggu agak dingin, roti siap disajikan

untuk penyajian sekitar 15 buah

SONY DSC

 

Soboro Bread ini sangat cocok disajikan sebagai sarapan di pagi hari ataupun teman ngeteh di sore hari. Apalagi sebagai pendamping kopi, cocok sekali.

SONY DSC

Kalau tidak ingin terlalu manis, Anda bisa meniru saya yang memasukkan hanya setengah takaran gula pasir pada toppingnya.

SONY DSC

 

Bentuknya yang bulat montok mengingatkan saya pada bodi pesumo Jepang, hahaha…mudah2an kita bisa sama2 membatasi diri ya saat menikmati hasil praktek resep Soboro Bread ini, supaya jangan gendut menyamai sumo nantinya. ;p

 

One thought on “Soboro Bread, Roti asal Korea

  1. Pingback: Soboro Bread “The Korean Bread” | dhee'scription

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s