Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung)

Ternyata, eh ternyata masakan dari bangka ini, enak banget lho, jadi perjanjiannya gini, suami saya yang ga mau ikan kembung doyanannya dimasak kuah sepakat akan menggoreng sendiri ikan jatahnya yang 3 ekor, lalu saya akan membuatkan bumbu minyak bawang pedas untuk teman ikan gorengnya. Sementara saya tetap dengan hasrat ngiler memasak resep dari buku 100 mak nyus nya Pak Bondan, masakan sebelumnya bisa dilihat2, berikut linknya,

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

2. Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

3. Sambal Raja khas Kutai

4. Manuk Ragi Rajang khas Lombok

5. Sate Lilit Ikan khas Bali

6. Ayam Tangkap khas Aceh

7. Pallu mara khas Makassar

Masakan yang bikin ngiler bin ngacay datang dari Pulau Bangka Belitung, Lempah kuning, kebetulan pas banget tergerak beli nanas kemarinnya. Dan, saudara2, setelah masakannya jadi, bagaimana nasib 3 ekor ikan yang saya masak kuah lempah kuning? setengahnya yang gasak suami saya. Bisa dihitung berapa jatah makan saya karena penindasan terselubung oleh suami saya? *tolongtisuhikshiks… wkwwkwk, memang pantas sih bodi saya balik jadi langsing begini, semua karena dukungan suami tercinta hahahahahaha….Terima kasih sayang…#lemparcentong

Image

Resep Lempah Kuning

sumber : Chef Zikri, Parai Beach Resort & Spa; 100 Mak nyus Bondan Winarno

Bahan :

4 ekor ikan kembung
1/4 buah nanas
(bisa digunakan jenis ikan laut lain, seperti : ikan pari, kakap, tongkol, tenggiri, cumi2, udang, dll)

Bumbu :

10 siung bawang putih
10 siung bawang merah
1 kelingking kunyit
1 kelingking lengkuas
50 gram terasi belacan
10 cabai rawit
10 cabai merah
2 sdt garam
1 liter air

Cara membuat :

1. Bersihkan perut ikan, cuci, dipotong menjadi 2
2. Potong nanas menjadi ukuran yang diingini.
3. Haluskan semua bumbu
4. Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak sayur, kemudian tambahkan air
5. Masukkan potongan ikan dan nanas, rebus dengan api sedang sampai mendidih, kecilkan api sampai ikan dan nanas matang

Image

Kalau ngikutin resep, kuah lempah akan berwarna merah, karena rasanya akan pedas. Tapi karena saya masih menyusui, saya tidak memasukkan semua cabainya, disesuaikan dengan selera saja.=)

Asam segar nanasnya sudah pasti meningkatkan nafsu makan saya. Catatan, karena saya masak hanya untuk sekali makan saja dan dapat ikan kembungnya ukuran kecil berjumlah 6 ekor maka kuah lempahnya agak membanjir. Jadi kalau bisa temukan ikan kembung yang besar2 karena durinya yang kecil2 cukup mengganggu. Tapi secara rasa, ga ganggu lezatnya sih…

Image

Tips memilih ikan : Ikan Kembung ini adalah ikan laut. Harganya murah dan gampang ditemui di pasar2 maupun super market. Pilih Ikan kembung segar yang matanya tidak rusak dan tidak berwarna merah darah. kalau dipegang, dagingnya masih kenyal.

Next Trip, kalau ke Ba-Bel (aminaminamin), ingatkan saya untuk mendokumentasikan lempah kuning yang dijual disini yah… Makannya sambil menikmati udara pantai yang bersih dan sepiring nasi hangat…wuuuhhhh bisa koprol di tepi pantai sambil seuhah2😉😉

10 thoughts on “Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung)

  1. Pingback: Gohu Ikan Tuna, sashimi khas Ternate | c'nt'a resep

  2. Sudah 30 tahun tdk pernah lagi makan makanan khas Bangka seperti Ini ….Aku lahir di Bangka besar di Canada …Akan di coba bikin weekend ini …mudah2an bahan2nya ada di Grocery store disini …..mudah2an berhasil …thanks for the tips

Leave a Reply

