15 hal menarik tentang Ziarah ke Situs2 rohani di Israel – Mesir

Berziarah adalah salah satu pengalaman spiritual yang menarik dan berharga untuk dilewatkan. Pengalaman pertama saya ke luar negri adalah berziarah ke Yordania, Israel, dan Mesir di bulan Maret tahun 2011. 3 Negara yang berada di Asia dan Afrika yang penuh dengan situs menarik untuk dikunjungi.

1. Tiang Ular Beludak

SONY DSC

Peziarah pasti akan diajak mengunjungi tempat dimana tiang ular beludak ini tertancap, pada kenyataannya tiang ini bukanlah tiang tembaga asli yang didirikan Musa di jaman dahulu, melainkan hanyalah replika yang dibuat oleh seniman kelas dunia.

2. Tempat Musa memukul batu dengan tongkat dan keluar air dari dalamnya

10

Saya dan calon suami ditahun 2011 berada di situs tempat Musa memukul batu dengan tongkatnya, jangan membayangkan tempatnya masih berupa batu, karena ternyata sudah dibangun dan jadi seperti di foto diatas, airnya mengalir jernih, tidak banyak, tapi entah ya airnya dialirkan secara buatan atau tidak, hehehe…meski begitu masih ada saja yang kekeuh, masukkin botol mineral dan dibawa pulang. ;p

3. Seni memasukkan pasir berwarna warni dalam botol sebagai suvenir

SONY DSC

Kalo perabot seperti ini sudah pasti demenannya saya, hihihi. Jadi botol2 suvenir ini isinya pasir berwarna warni yang dimasukkan secara bertahap dengan alat khusus sehingga membentuk pola gambar atau tulisan yang diinginkan. Harganya lumayan mahal kalau ukurannya besar. kalau kecil2 murah aja, bahkan bisa digratisin buat hadiah ultah kata penjualnya, wkwkwkw… kapan juga ultahnya, tapi iya2 aja deh gratis ini. Saya nekad bawa pulang 4 botol dari ukuran besar sampe yang terkecil, ngakalinnya bungkus aja pake baju kotor yang tebal trus masukkin hand carry bisa masuk kabin pesawat, jangan sampai masuk koper. Botol pasir ini bisa ditemui di daerah Petra

4. Anda bisa dibaptis seperti Tuhan Yesus di Sungai Yordan !!

SONY DSC

Foto diatas adalah foto suami saya yang sedang dibaptis di tempat dimana Yesus dibaptis. Bukan karena pengen gaya2an, tapi karena musibah akta baptisnya ilang sementara taun depannya kami mau nikah. Jadi kesempatan baptis di Israel dipergunakan dengan sebaik2nya oleh suami saya hihihi… Syaratnya cukup dengan membawa pakaian dalam ganti, handuk dan peralatan mandi, serta meminta bantuan pembimbing rohani Anda. Seru deh kata suami saya, sungainya lumutan dan dinginnnnn brrrr…

5. Negeri dengan banyak musim

SONY DSC

18

SONY DSC

Israel adalah negeri yang diberkati. Disana pohon pisang tumbuh yang artinya ada musim panas. Malahan, padang gurun terbentang sangat luas. Anehnya, Musim dingin juga ada. Bahkan kalau ke Israel di waktu yang tepat, kita bisa menikmati salju di atas Gunung Hermon. Seperti kami yang kesana di bulan Maret, pas salju sudah berhenti turun dari langit, tapi belum mencair. Pemandangan indahnya bisa membuat Anda tersihir. Oh ya, ada kereta gantung juga. Sebrangi Gunung Hermon dari sisi ke sisi dan Anda akan lihat betapa urapan sukacita benar2 turun =)

6. Naik perahu Petrus, berlayar di Danau Galilea

SONY DSC

SONY DSC

Setelah menikmati ikan bakar yang ditangkap Petrus, hihihi, saya berkesempatan naik perahunya dimalam hari. Dapat sertifikat pula. Perahu Petrus ini adalah replika dari aslinya. Menurut saya perahu ini sangat bagus, bahkan mungkin lebih bagus dari aslinya. Iyalah ini kan untuk turis ya bukan untuk menangkap ikan. Danau Galilea di malam hari sangatlah tenang, angin malam berdesir dengan sangat halus. Kalau bukan karena ramai2 pasti saya akan merinding disko deh membayangkan dulu Tuhan Yesus pernah berjalan di atas air di danau ini.

7. Taman Getsemani, Pohon Zaitun berusia ribuan tahun

SONY DSC

Bayangin deh, pohon ini sudah ada ditaman ini dari sejak jaman Tuhan Yesus, bahkan mungkin sebelumnya. Kuat bener yah, ga mati dan ga kering lho. Peziarah ga ada yang boleh masuk, taman ini dipagari dengan ketat dan tinggi, jadi kita cuma bisa memandangnya lewat atas pagar. Benar2 situs yang dijaga dan dilestarikan. Mungkin anak cucu kami nanti akan bisa melihat pohon yang sama yang kami lihat tanpa ada perbedaannya.

8. Pahatan dan ukiran dari kayu zaitun

SONY DSC

Salah satu hal yang saya sesali dari perjalanan ke Israel ini adalah kenapa saya tidak dalam keadaan kaya raya dan berangkat dengan limit 1 tas koper yang penuh dengan barang2 keperluan pribadi. Kalo engga kan saya bisa borong buat menuhin rumah. Saya jatuh cinta setengah mati sama pahatan kayu seperti di foto diatas. hiks. Jangan tanya harganya, saya bakalan mewek lagiiii huhuhuhu…mahalllll… Tapi sebanding sih sama kualitasnya. Bagus2, didasarnya ada nama setiap artist/seniman yang membuatnya.

Eh tapi agak terhibur  dengan drama panjang yang terjadi antara saya dan suami yang sama2 kepincut dengan barang2 ini. Setelah naik bus dengan ingatan masih terbayang2 pada salah satu toko, ga disangka tur leader membawa kami pada toko suvenir berikutnya, ga mau kehilangan kesempatan, kita gesek CC dan angkut sebiji pahatan indah yang sekarang bertengger dengan wibawanya di ruang tamu keluarga kami.

patung

Mengingatkan kami untuk saling melayani, seperti teladan Yesus yang sayangnya masih sulit untuk kami lakukan T_T #bertobat

kalo ada yang mo kesana, jangan ragu untuk beli min satu, ga akan nyesel ^^

9. Patung Bunda Maria sedang tertidur

SONY DSC

Informasi yang saya dapat adalah bahwa disini ga ada makam Bunda Maria. Kepercayaan yang beredar adalah bahwa Bunda Maria yaitu Ibu Yesus tidak pernah meninggal. Yang terjadi adalah beliau sedang tertidur seperti pada foto #abaikansepasangsejoliyangberposedidekatnya, dan lalu diangkat oleh malaikat ke surga. Cerita selengkapnya silahkan tanya pada rekan Anda yang beragama Katolik =) saya hanya sekedar dengar saja hehehe…

10. Patung Salib rekaan untuk dibawa di jalan salib

49

Ada yang mau memanggul salib sembari menghayati penderitaan Yesus saat melewati Jalan Salib via dolorosa?? Disamping jalan startnya disediakan salib yang perkiraan beratnya ga terlalu berat eh, tapi berat juga loh kalo beneran mau manggul apalagi jalan salib menuju situs bukit golgota nya itu juaaaauuuhhh beneran ciyusss… Saran terbaik saya adalah tinggalkan rasa penasaran dan kesombongan Anda, jangan terbujuk untuk manggul. Pasti nyesel kalau tidak diiringi dengan kadar keimanan yang dalam dan sungguh2. Hehehehehe…

11. Tiang Garam Istri Lot

SONY DSC

Melihat pemandangan ini, saya dibuat benar2 merinding. betapa cinta akan dunia dan segala kemegahannya itu bisa membuat kita binasa. Tiang diatas terbuat dari batu garam. Bentuknya menyerupai wajah dan tubuh seorang wanita ya. Sebenarnya bukan tiang garam yang di masa lalu sih, tapi itu adalah pahatan orang sana untuk melengkapi situs bersejarah di Israel. hehe jangan tertipu. Tiang benerannya sudah hancur dan lapuk dimakan usia. Tapi situs rekaan ini sudah cukup mengingatkan kita pada sejarah dan kebenaran di kitab suci. beside that, jangan menoleh ke belakang !!

12. Kolam Betesda

SONY DSC

Ini adalah reruntuhan Kolam Betesda. Luas yah.. katanya ada 5 serambinya, coba diitung sendiri ;p Kalau kita baca di kitab suci, ada orang yang sakit 38 tahun lamanya dan dia ga bisa menolong dirinya sendiri karna keduluan orang lain terus. Merinding yah, kalau saya jadi salah satu dari pesakitan itu di jaman itu, pasti pengharapan itu udah ilang sama seperti orang tersebut. Saat melihat Yesus, harapannya kembali muncul dan dia disembuhkan. beautiful=)

13. Bukit Tengkorak

SONY DSC

Coba lihat bukit ini, katanya 2 ceruk yang terlihat itu lubang mata, dan secara keseluruhan tampak seperti Tengkorak manusia. Makanya disebut Bukit Tengkorak. Tapi apa benar ini situs dimana Tuhan Yesus disalibkan?? Entahlah, kalo versi orang Kristen ini dia tempatnya. Tapi kalo versi orang Katolik beda laki loh Bukit Tengkoraknya bukan ini. Manapun yang benar atau dua2nya salah ga penting. Yang penting Yesus sudah bangkit dan menyelamatkan kita =)

14. 3 piramida mesir dengan patung sphinx sebagai penjaganya

SONY DSC

Kalau foto piramida mesir sih udah biasa, tapi kalo pertemuan yang melibatkan kursi seperti ada konferensi dan berlatar belakang 3 piramida besar dengan spinkx nya sungguh pemandangan yang menarik hihihihi…

Saya kurang tahu mau ada acara apa atau memang kursinya untuk tempat duduk turis yah..ga tauuu maap.

15. Tempat Yesus lahir

SONY DSC

dan karena ini menjelang natal, ga ada salahnya ya menyebutkan tempat Yesus lahir sebagai situs paling menarik. disini apa yang semua peziarah coba sentuh adalah lambang bintang yang merupakan tempat kelahiran bayi Yesus. Selamat Ulang tahun Jesus !!

Nah, 15 hal menarik dari pengalaman saya ziarah di atas adalah subjektif menurut saya.

Banyak teman2 peserta tur lain yang semuanya berumur senior, bertanya pada saya dan pasangan saya waktu itu kenapa orang2 muda seperti kami (saya 23 tahun, suami 24 tahun) memilih berziarah daripada berlibur ke negara2 menarik lain di Eropa seperti Perancis, Belanda, Inggris, dll.  Jawaban kami hanya satu, adanya Kerinduan. Dan, tur leader kami spontan menegaskan dari pengalamannya, bahwa mereka yang berziarah perlu 3 hal untuk sampai kesana. 1. Kemampuan; 2. Kesempatan; dan yang ke 3. Kerinduan. banyak orang punya uang tapi ga punya waktu. banyak orang punya uang dan waktu tapi tidak memiliki kerinduan. Bicara tentang kerinduan, ada seorang ibu yang sudah 6 kali berturut2 setiap tahunnya menabung hanya untuk kembali ke Israel. Bayangkan, ga pernah cukup buat dia ziarah hanya sekali. Beliau bukan orang kaya, melainkan ibu rumah tangga biasa yang setiap hari harus bekerja. Kerinduan membuatnya berkorban. =)

Akhir kata, semoga artikel ini bisa menjadi bacaan selingan dan menghibur untuk Pembaca ^^

12 thoughts on “15 hal menarik tentang Ziarah ke Situs2 rohani di Israel – Mesir

  1. postingannya keren.. seru ternyata banyak tmp sejarah yg bs dikunjungi yah.. sbnrnya aku jg pgn wisata rohani gini.. cm apa daya duitnya belom kekumpul.. smoga nanti ada aja rejekinya🙂 btw pas ke sana pas bulan apa ? kliatannya terik tp ga panas ya itu..

  2. hehe thank u..
    iya aslinya jauh lebih banyak tapinya gereja2 gitu takut ngebosenin hehehe…#apalagi foto narsisnya nyampe lah 30 giga hahahah
    iya aminaminamin… aku sama hubby juga lagi nabung terus pengen balik kesana lagi, cuma sekarang itu lagi mahal2nya hiks hiks

    aq bulan maret ci, ini panas dingin plus berangin dan salju.i beda wilayah beda beda cuacanya. padahal hanya jarak beberapa jam aja. ajaib ;D

  3. Saya sangat diberkati dengan artikel sekilas anda. Jadi ingin ke sana membawa grandparents saya. Pertanyaannya kapan musim / cuaca yang paling pas dan sejuk untuk ziarah ke sana. Mengingat nenek saya paling gak kuat musim terlalu dingin dan paling kuatir dengan medan yang berat. Tapi beliau rindu sekali ingin ke sana. Mohon infonya . Terimakasih banyak. Tuhan memberkati.

  4. Hai dear lois,
    Maaf karena blog saya pindah ke cintaresep.com jadi jarang nengok kesini, silahkan mampir ya ke alamat baru saya.😉
    Musim / cuaca yang paling baik sepertinya diatas bulan maret karena es mulai mencair, matahari mulai bersinar terik. Jadi cuaca tidak tll dingin, kasian oma kalo kedinginan. Anda bisa berkonsultasi pada tour guide karena mereka pasti tahu persis karena sering bolak balik dalam jangka waktu yg dekat. Kalo medan yang berat saya kira tidak terlalu ya, karena banyak bantuan koq, seperti kalo mengunjungi Petra kita bisa naik semacam kereta yg ditarik kuda, karena kalo jalan sih memang jauh sekali. Udara di sana juga fresh sekali lho, pengalaman saya tur dengan senior2, saya amazing sekali dengan semangat dan tekad mereka. Seperti diberi kekuatan yg diluar pikiran kita. Mungkin saking excitednya yah, jadi seperti muda kembali. Hihi. Selain itu saya rasa aman2 aja koq karena ziarah kesana kebanyakan peminatnya justru lansia jadi sebelum kita, sudah banyak oma opa yang sukses datang dan pulang dengan sehat dan selamat, tentunya sebelum dan selama disana banyak berdoa minta kekuatan. pasti Tuhan mampukan. Jangan khawatir ya, berangkat saja. Tuhan memberkati.

  5. Melviana, u org pling beruntung bsa br’zarh k’lsrael, doakan aq jga ya sbab doa ati manjur dengan kyakinan yg kuat qt pst yakn’ALlah mnyediakan s,gala s’swt indah dn tpt pd wktnya

  6. Bisakah ibu lansia berusia 79 tahu, masih bisa jalan sendiri tertatih dengan tongkat, tapi dipersiapkan kursi roda, untuk pergi juga berziarah ke tempat-2 di atas ? Jika bisa, akan ditemani oleh seorang anggota keluarganya. Mohon saran dan nasehat. Salam kenal dan terima kasih. GBU

  7. halo, salam kenal

    saya tidak menyarankan Pak Andrea, soalnya aktivitasnya bakal padat sekali, frekuensi jalan yang sangat tinggi, kadang melewati jalanan sempit, mendaki, dan tidak rata.
    Tapi kalau mau ambil resiko, silahkan berdiskusi dengan tur guide yg dr Indonesia diijinkan atau tidaknya.

    Saat berangkat dengan rombongan saya banyak sekali ibu2 berusia lanjut yang ikut tapi masih dalam kondisi fisik baik. Dalam arti tidak menggunakan bantuan. Mungkin sekitar umur 60 – 65 thn dan mereka masih sangat berenergi. Pergi tanpa anak atau saudara. Saya meragukan kemampuan mereka tapi mereka terbukti mampu bahkan naik unta ke gunung sekalipun dijabanin. Saya aja ga naik ;p

    Semoga mendapat pencerahan ya🙂

  8. Kereeen ….!!!!, terima kasih telah berbagi infonya , suatu saat nanti saya berharap bisa sampai disana …, GBU & Family.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s