Manuk Ragi Rajang khas Lombok

Selamat Pagi,

rasanya hari ke hari makin sibuk aja nih saya, makin ga sempet nge blog, hiksss… pengennya yah saya bisa nge blog dengan enjoy di coffee shop mana gituh, sambil nyeruput caramel macchiato duduk depan laptop or ipad dan bisa nulis panjang lebar tentang banyak resep yang udah dimasak dan belum sempet dibeberkan resepnya*berkhayal

tapi apa daya setrikaan masih numpuk, my baby makin hari makin ribet aja makanannya *masakalamaigapakeinstan, udah gitu dengan semakin pintarnya dia mewek2 agar selalu ditemenin main, banyak yang pengen dibuat di hum, dan masih ngegeber (ngejar jatah pilates yang harus abis dalam sebulan kalo ga angus, hiks!)

Ya sudahlah ya semua itu memang derita kesenangan saya sebagai irt full working hahaha…

yang penting sekarang saya masih bisa nge post walopun atuuuuu aja, tapi udah happy dan mudah2an berguna buat semuanya ya. ya buat aktualisasi diri ya buat pembaca, pokoknya happy is a must ! dah…

Seperti biasa, resep kali ini adalah lanjutan dari maraton masak resep dari buku ma nyus nya Pak Bondan,

SONY DSC

List yang sudah dibuat berikut linknya yah, barangkali ada yang ketinggalan ;D

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

2. Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

3. Sambal Raja khas Kutai

Manuk Ragi Rajang ini masakan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Artinya (ragi = bumbu; rajang=menerjang), makanan dengan bumbu yang nendang hiihihi. Rasa2 nya tuh gurih mirip2 opor atau kari jawa tapi dengan rempah kayu manis yang sangat terasa. Enak dan hangat buat pembaca yang demen sama makanan dengan kaya citarasa. Saya sih suka karena setelah makan masakan ini, tenggorokan yang sempet ketularan batuk anak saya jadi hangat dan membaik dengan cepat. Kuahnya yang tidak terlalu kental juga jadi favorit.

SONY DSC

Resep Manuk Ragi Rajang
sumber : Nasri, Warung Dakota, Rembiga; Buku 100 mak nyus Bondan Winarno
Bahan :

1 ekor ayam kampung (prefer ayam kampung muda, tapi saya pakai ayam kampung dewasa), dipotong 8 cuci bersih

Bumbu :

1 jempol kunyit
1 jempol jahe
1 jempol lengkuas
2 sdm ketumbar
1/2 sdm lada putih / merica
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cabai merah, dibuang bijinya, boleh ditambah cabe rawit bila ingin lebih pedas
1 batang kayu manis
1 batang serai, dimemarkan
3 lembar daun jeruk purut
1 1/2 sdt garam
800 ml air
bawang merah goreng secukupnya untuk pelengkap

Cara membuat :

1. Haluskan semua bumbu, kecuali daun jeruk purut, kayu manis, dan serai
2. tumis bumbu dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan potongan ayam, kayu manis, serai, dan daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai mendidih dan ayam matang sekitar 30-45 menit
3. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng

NB : Bila memakai ayam kampung muda, proses memasak tidak lebih dari 15 menit

SONY DSC

SONY DSC

Sudah ya, segini aja cerita2nya, mau masak buat makan siang nanti.

Love love love !!

*sruput jus pisang mix stroberi

6 thoughts on “Manuk Ragi Rajang khas Lombok

  1. Pingback: Sate Lilit Ikan khas Bali | C'NT'A resep

  2. Pingback: Ayam Tangkap khas Aceh | C'NT'A resep

  3. Pingback: Pallu Mara khas Makassar | C'NT'A resep

  4. Pingback: Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung) | C'NT'A resep

  5. Pingback: Sate Maranggi khas Jawa Barat | c'nt'a resep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s