Sambal Raja khas Kutai

Haloo..apa kabar semuanya..

Kali ini saya nyobain masak resep dari Kalimantan Timur, Sambal Raja atau sambal kutai. Nyatanya lidah Raja2 juga sama dengan lidah rakyat jelata sukanya nyambel, hehehe…

Postingan terdahulu mengupas tentang Resep makanan street food yang mak nyus rasanya ala Pak Bondan,

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

2. Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

Karena saya ini sukanya nge lalap, maka Sambal Raja ini selera saya banget, apalagi ada kacang panjang dan terung ungunya, duhhh mantep dimakan sama nasi anget. Yuk ahh mari disimak,

Image

Resep Sambal Raja
sumber : Resep dari Ibu Ainun (Acil Inun), Warong Selera, Samarinda; Buku 100 Makanan Tradisional Indonesia mak nyus

Bahan :

2 butir telur ayam rebus
5 untai kacang panjang
1 buah terung ungu
10 siung bawang merah

Bumbu :

10 cabai merah besar
10 cabai rawit
1 jeruk nipis
1/2 sdt terasi
garam secukupnya
gula secukupnya

Cara membuat :
1. kacang panjang dipotong 2 cm. Terung dipotong dadu bersisi 1 cm. Bawang merah dibelah menjadi empat. Semuanya digoreng sebentar dengan minyak panas
2. Telur rebus dicincang
3. Cabai dihaluskan dengan terasi, garam, dan gula. Bubuhi sambal dengan perasan jeruk nipis. Tumis sambal dengan minyak sayur
4. Kulit jeruk nipis dirajang halus, dicampurkan ke dalam sambal. Sajikan sambal di tengah cobek, dikelilingi oleh telur rebus, bawang, terung, dan kacang panjang
5. Sajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk lainnya

Image

Saya abisin sambal raja ini sendiriaan, ga dibantuin hubby soalnya dia anti sama kacang panjang, padahal bukan mentahan tapi digoreng sebentar, tetep aja ditolak, huhu, padahal sambal raja ini nih mak nyuss banget.

Wangi dan asem seger irisan jeruk nipisnya berasa enak di lidah saya yang ningrat ini *ditakol ulekan ;p

Image

Lebih enak sih bikin ayam goreng yah, atau gepuk sekalian buat nemenin, tapi ga ada lauk pauk pun menurut saya udah cukup, soalnya ada telur sebagai sumber proteinnya. Cucokkkk buat yang lagi diet kayak saya *ngempisinperut

Image

Selamat mencoba !!

Salam Seuhahh ^^

8 thoughts on “Sambal Raja khas Kutai

  1. Pingback: Manuk Ragi Rajang | C'NT'A resep

  2. Pingback: Sate Lilit Ikan khas Bali | C'NT'A resep

  3. Pingback: Ayam Tangkap khas Aceh | C'NT'A resep

  4. Pingback: Pallu Mara khas Makassar | C'NT'A resep

  5. Pingback: Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung) | C'NT'A resep

  6. Pingback: Sate Maranggi khas Jawa Barat | c'nt'a resep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s