Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

Hai2 readers, udah hari sabtu aja nih..hari2 berlalu begitu cepat ya, bisa jadi karena kesibukan atau memang bumi berputar lebih cepat dari biasanya. siang ke malam, malam ke pagi, eh uda sore lagi ajah.. hehe…meski begitu tetep bersyukur yah semuanya bisa dilalui dengan baik.

Buat yang di rumah aja guna menghindari macet karena akhir bulan gini ini musimnya gajian, saya temenin yah acara weekend nya dengan resep ikan kerapu parape. Seperti postingan terdahulu,

1. Rambeu Lado khas Banda Aceh

blog saya sedang dalam rangka mempraktekkan buku Pak Bondan yang terbaru,

Image

dari judulnya aja udah menarik banget kan?

Nah, kali ini resep yang mau saya coba adalah bumbu parape khas Makasar. Berdasarkan favorit penikmat parape, ikan laut yang biasa dipakai antara lain, lamuru, kakap, kerapu, su’kang, kudu-kudu, dsb. Pengolahannya bisa dengan cara digoreng, dibakar, maupun dikukus. Ikan kakap dan kudu-kudu sebaiknya digoreng. Ikan kerapu lebih terasa kelembutannya bila dikukus. Sedangkan ikan su’kang dan lamuru cocok untuk dibakar. Ini adalah saran pengolahan yang diberikan oleh Pak Bondan.

Perlu diketahui bahwa hasil ikan laut di masing2 wilayah berbeda. Kalau di Bandung, daerah saya, ikan laut yang sering ditemui adalah kakap, bawal, dan kerapu. Bisa jadi ikan lamuru, su’kang, dan kudu-kudu adalah jenis ikan yang ada di tempat saya tapi dengan penamaan yang berbeda. Saya tidak tahu. mudah2an pembaca ada yang bisa kasi info ya, =)

Bagaimana saya memilih resep kali ini pastinya ga jauh dari kebutuhan saya dan keluarga, kebetulan saya sedang menderita flu yang lumayan, kata dokter saya terkena radang. Ini terjadi setelah anak saya batuk pilek juga sekitar 3 hari. Saya sudah mencoba mencegah penularannya dengan menggunakan masker, namun malang tak dapat dihindari, ketularan juga, hiksss…

Jadilah saya memilih yang lembut2 seperti Ikan kerapu kukus yang disarankan Pak Bondan. Sebenarnya saya agak sedikit ragu suami tidak dapat menikmati masakan pilihan saya karena dia tahu betul kerapu adalah ikan yang kadar amisnya tidak dapat diterima oleh lidahnya. Seperti postingan dulu sekali saya pernah masak Sup bawal putih yang sukses ga bikin suami parno karena bisa ditutup amisnya, kali inipun saya pede bisa menangani baunya.

Image

Berikut Resep Ikan Kerapu Kukus Parape
sumber
: Anita de Quelju, RM Ratu Gurih; bukunya Pak Bondan Winarno, 100 Makanan Tradisional Indonesia yang mak nyusssss dengan adaptasi oleh cintaresep,

Bahan :

2 ekor ikan kerapu, bersihkan
7 cm jahe, parut
1 buah jeruk nipis atau lemon, peras airnya
1 batang daun bawang, iris2 1 cm

Bumbu :

20 siung bawang merah ukuran besar
1 sdt merica
2 sdm kecap manis
2 jempol asam jawa, aduk dengan 6 sdm air, ambil 3 sdm
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara membuat :

1. Balurkan air jeruk nipis/lemon, daun bawang, dan jahe, ke badan ikan. Diamkan 15 menit, kukus di alasi daun pisang sekitar 30 menit.
2. Tumis bawang merah utuh hingga warnanya sedikit pucat, haluskan.
3. Tumis lagi bawang merah hingga harum
4. masukkan air asam, kecap manis, gula, garam, dan merica. Aduk dan tumis sampai mendidih
5. Siramkan saus kental parape ke atas ikan kukus
6. Sajikan

Image

Saya sendiri cukup cocok dengan ikan kukus ini, menurut saya tidak amis, tapi suami saya tetep ga bisa makan yang dikukus kayak gini, padahal bumbu parape nya sangat dia suka, jadilah dia makan ikan kerapu goreng, pastinya goreng sendiri karena kokinya udah pegel seharian di dapur hahaha

Image

Ikan kerapu gorengnya abis 2 ekor dimakan sendirian sama hubby dengan menggunakan bumbu parape kukus saya. hihihi…Kalau sedang tidak sakit, saya juga pasti lebih prefer yang digoreng atau bakar, hihihi…dengan menggunakan ikan kakap yang lebih cocok digoreng, mungkin judulnya bakalan Ikan kakap Goreng Parape, its alternatif for you readers…=)

ikanparape

Ikan bumbu Parape ini salah satu kesukaan saya kalau makan di RM. Sulawesi di Setiabudhi Bandung, Bumbu Parape di resto ini pedas dan nikmat. Lain kali mungkin saya akan ngerendos cengek supaya bumbu parape buatan saya agak pedas seperti yang disajikan di RM sulawesi. Iyaaaa…saya mau resep2 yang saya coba sesuai dengan selera saya dan keluarga. Itu kan gunanya masak di rumah ? =) ;D

SONY DSC

Sampai jumpa di bedah resep buku berikutnya ^^ babay !!

Happy Weekend all !!

9 thoughts on “Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape khas Makassar

  1. Pingback: Sambal Raja | C'NT'A resep

  2. Pingback: Manuk Ragi Rajang | C'NT'A resep

  3. Pingback: Sate Lilit Ikan khas Bali | C'NT'A resep

  4. Pingback: Ayam Tangkap khas Aceh | C'NT'A resep

  5. Pingback: Pallu Mara khas Makassar | C'NT'A resep

  6. Pingback: Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung) | C'NT'A resep

  7. Pingback: Sate Maranggi khas Jawa Barat | c'nt'a resep

  8. Pingback: Be Sisit (Ayam Suwir) / Ayam Pelalah Khas Bali | c'nt'a resep

  9. Pingback: Gohu Ikan Tuna, sashimi khas Ternate | c'nt'a resep

Leave a Reply

