Rambeu (Bawal) Lado; Banda Aceh

Selamat Pagi…!!
Ya, saya semangat pisan dah pagi ini karena sedang terinspirasi oleh bukunya Pak Bondan Winarno, 100 Makanan Tradisional Indonesia yang mak nyusssss… Buku Pak Bondan ini mengusung 100 Best Street Food of Indonesia. Bokkk….makanan jalanan khas Indonesia yang jadi favorit saya, tentunya saya tau deh pasti juga favorit para pembaca sekalian; baik yang domisili Indonesia maupun lagi melanglang buana ke luar negri. Meski jauh, makanan Indonesia tetep ngangeninnnn kannnn??

Image

Nah, karena itu, edisi cintaresep hari ini dan ke depannya akan setia mencoba membuat resep2 yang ada di buku ini. Menarik banget soalnya, selain resep2 didapat langsung dari para pedagang dan pemilik rumah makan seantero Indonesia, ada juga resep2 perkiraan Pak Bondan sendiri yang mau saya coba praktekkan. Lumayan, bisa wisata kuliner Indonesia gratis tanpa ongkos pesawat, tinggal masak ajuaaaa…

Mudah2an Pak Bondan dan penerbit Kompas ga keberatan yah saya bedah buku resepnya, hihihi…

Edisi perdana saya mau coba bikin masakan dari Banda Aceh. Nasi Guri dengan lauk Rambeu Lado, tapinya karena saya udah punya nasi se rice-cooker, saya ga bikin nasi gurinya, cukup lauknya aja. Mudah2 an tidak mengecewakan presentasi Rambeu Lado nya yah..hehehe

Image

Resepnya lumayan gampang, ini dia,

RESEP RAMBEU LADO

Bahan :
2 ekor ikan rambeu (bawal)
1 jempol asam jawa, beri sedikit air, ambil sarinya
1 sdt garam
5 siung bawang merah
5 buah cabai merah
2 sdm cuka atau sari jeruk nipis
minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Bersihkan ikan bawal, lumuri dengan sari asam jawa dan garam, kemudian goreng sampai kering
2. Bawang merah dan cabai digoreng utuh, haluskan kasar, campur dengan cuka atau sari jeruk nipis dan 2 sdm minyak bekas menggoreng cabai dan bawang, (Bisa ditambahkan sedikit garam sesuai selera)
3. Lumuri ikan bawal goreng dengan sambal

Image

Karena nasi gurinya ga bikin, akhirnya saya benar2 penasaran dan nambahin kacang goreng, kerupuk, dan lalap timun disitu, mustinya ada serundeng dan bawang goreng juga, but its ok deh *belajarmencukupkandiri😉

Bawal goreng yang saya pakai adalah bawal hitam. Berhubung tukang sayurnya cuma punya bawal berukuran kecil jadilah saya pakai 5 ekor ikan, dipotong jadi 2 bagian. Cucok banget sama sambalnya, saran saya sih, waktu dilumuri, letakkan ikan dicobek dan agak ditekan2 dengan ulekan supaya sambalnya meresap ke badan ikan. mak nyussss rasanya…

Image

Kalau mau agak pedas cabe nya bisa ditambahkan lagi dari takaran resep.

Image

Posting berikutnya, ada Ikan Goreng dan Kukus dengan sambal Parape, masakan dari Makassar, stay visit me ^^,

Akhir kata,

terima kasih Pak Bondan dan Kompas sudah menerbitkan buku ini, love it!!

=)

13 thoughts on “Rambeu (Bawal) Lado; Banda Aceh

  1. Pingback: Ikan Kerapu Kukus / Goreng Parape | C'NT'A resep

  2. Pingback: Sambal Raja | C'NT'A resep

  3. Pingback: Manuk Ragi Rajang | C'NT'A resep

  4. Pingback: Sate Lilit Ikan khas Bali | C'NT'A resep

  5. Pingback: Ayam Tangkap khas Aceh | C'NT'A resep

  6. Pingback: Pallu Mara khas Makassar | C'NT'A resep

  7. Pingback: Lempah Kuning khas Ba-Bel (Bangka Belitung) | C'NT'A resep

  8. Pingback: Sate Maranggi khas Jawa Barat | c'nt'a resep

  9. Pingback: Be Sisit (Ayam Suwir) / Ayam Pelalah Khas Bali | c'nt'a resep

  10. Pingback: Be Sisit (Ayam Suwir) / Ayam Pelalah Khas Bali | c'nt'a resep

  11. Pingback: Soto Ayam khas Lamongan | c'nt'a resep

Leave a Reply

