Ayam Goreng Bumbu Ngo Hiong

Haiiii, pemirsaaaa,,, apa kabarnya??

Kalo saya sih masih penasaran dengan resep2 yang terbaru, pengen cobain semua makanan enak di dunia, tapi dengan cara masak, yahudddd yahhhh…*denganbatasankesadarankemampuandiritentunyaahhh^^

Image

Dahulu kala, saya pernah berburu bumbu ngo hiong di supermarket karena mau buat udang gandum secara manual, tapi karena sudah ketemu bumbu instan, bumbu ngo hiong saya nganggur senganggur2nya. Eh, ternyata ayam goreng pake bumbu ngohiong itu enaknya dahsyat bokk…*barutahu, silahkan dicoba – kalo ga percaya potong leher ayammm, hehehehehehe…

AYAM GORENG BUMBU NGO HIONG
sumber : buku Ibu Cherry Hadibroto, dari link disini dengan penyesuaian ala cintaresep

Bahan :
2 ekor ayam kampung (berat total 1, 2 kg), potong 8 bagian
120 gram tepung sagu tani

Bumbu Perendam, campur rata:
4 sdm Kecap asin
7 siung  Bawang putih, haluskan
2 sdt  Merica putih bubuk
1 1/2 sdt  Bumbu ngo hiong

Cara Membuat:
1) Lumuri ayam dengan bumbu perendam sambil diremas-remas ke seluruh badan ayam. Biarkan semalaman di kulkas bawah ( kurleb 12 jam, kalo ga kuat nunggu, langsung diolah min 3 jam juga masih oke, heehehE *ga sabaran, kalo bersedia menunggu, hasilnya sepadan, lebihhh enaaaaakkk)
2) Gulingkan tiap potong ayam ke tepung sagu. Tepuk2 supaya melekat dengan baik (catatan: jika suka boleh tambahkan sedikit garam halus dan/atau merica di tepungnya supaya tidak hambar)
3) Goreng dengan api kecil dalam minyak banyak dan panas. Bolik-balik supaya bagian dalamnya matang merata dan permukaannya garing.

Image

Bikinnya super duper gampil, rasanya jangan ditanya lagi, sadaaaapppp banaaaaa !!! * inilogatmanadah lupa padang yah??

Bumbu Ngo hiong sendiri adalah bumbu racikan yang populer dalam kuliner cina terdiri dari kayu manis, lada hitam, bunga lawang, jinten, cengkeh. Harum banget baunya.

Kalo kesulitan cari bumbu ngo hiong, cari aja di supermarket terdekat di kota Anda, di lorong bumbu2 yaaa, di pasar kemungkinan ada, kayak Pasar Baru atau pasar2 terlengkap lainnya. Ada pepatah, malu bertanya, sesat di jalan. Kalo saya begitu sampe supermarket langsung cari karyawan disana, tanya beberapa orang untuk memastikan. Kalo masih susah, sok silahkeun hubungiiiii koki cintaresep ya, pasti dibantu ^^

Btw, just info, boleh percaya boleh tidak, cari tahu sendiri kebenarannya, Ayam goreng President di Jl. Tidar, Surabaya, favorit kami yang sangaaaaattttt terkenal maknyusssnya itu mirriiiipppp banget loh sama Ayam goreng bumbu Ngo hiong ini, hanya saja, ayam goreng President lebih dominan bumbu ketumbarnya daripada ngo hiongnya. Tapi secara otentik rasa, kesannya tuh sebelas duabelas bangettt.#histeris!!! kalo kangen ga punya bajet buat kuliner ke surabaya, bikin ini aja, hehehe ^^,

One thought on “Ayam Goreng Bumbu Ngo Hiong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s