Grilled Rice with Salted Fish & Squid

Suami saya lahir di kota kecil nan cantik, Ambon manisse, kepulauan Maluku sana, jauh yaaa…

Saat ini kami stay di Bandung, kota kembang yang kembang2 kotanya cantik kayak saya, hihi…;p.

Beberapa kali  dalam sebulan dia suka kangen pengen makan ikan asin asli Ambon kesukaannya, so, ibunda tercintanya mengirimkan paket yang berisi banyakkkk sekali ikan asin dan cumi asin. Ternyata, ikan asin yang berasal dari perairan yang masih bersih dan jauh dari pencemaran, rasanya berbeda. Dagingnya tebal dan tidak berbau amis. Masyarakat sana sangat rewel masalah kualitas ikan. Ikan yang mutunya kurang baik digeletakkan begitu saja di hamparan pantai. Tidak ada yang mengambilnya. Hanya yang terbaik saja yang mereka konsumsi dan perjualbelikan.

Bosan menggorengnya dan memakannya sebagai lauk, menumisnya dengan tauge segar, maupun sebagai teman pendamping sayur asem, menu yang biasa saya masak, timbul ide yang membuat saya geregetan semalaman ingin cepat2 membuatnya. Kayaknya enak ya kalo cumi dan ikan asin dibuat nasi bakar😉

Image

RESEP NASI BAKAR CUMI DAN IKAN ASIN
sumber : Tabloid Bintang modified by cintaresep

Bahan :

300 gr cumi dan ikan asin (campur), rendam dengan air panas selama 5-10  menit, potong2 kecil, kerat2
4 siung bawang putih, cincang
1/2 buah bawang bombay, cincang
2 batang daun bawang, iris2 1 cm
3 buah cabai merah, iris serong
2 buah cabai hijau, iris serong
1 kg nasi atau sesuai kebutuhan
daun pisang untuk membungkus
minyak untuk menumis

Bumbu halus :

4 buah cabai merah
4 buah cabai keriting
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdm teri nasi, goreng kering

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus, bawang bombay, dan bawang putih hingga harum, masukkan cumi dan ikan asin,  masak hingga bumbu menyerap. Tambahkan daun bawang, cabai merah, dan cabai hijau, aduk rata, angkat.
2. Masukkan nasi, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
**( cara saya : ambil ikan asin dan nasi secukupnya, buat dan bakar pada saat mau makan saja, sisa tumisan nya bisa disimpan di kulkas dalam wadah tertutup rapat, kalau mau buat lagi, panaskan dengan sedikit minyak. sejauh ini bertahan 3 hari dengan kelezatan yang tdk berkurang =))
3. Ambil 1 lembar daun pisang, beri nasi di atasnya, gulung sambil dipadatkan. Bungkus rapi.
4. Bakar nasi hingga daun pisang kecokelatan, angkat, sajikan hangat.

Image

Image

Masak nasi bakar ini membuat jempol gede teracung tepat di depan hidung saya di meja makan kami. hihihi…
Dan biasanya kalo udah gitu, selalu kata2 gombal ini yang muncul, “Tau pinter masak gini, dari duluuu loo gue kawininnn!!”. Langsung deh saya nyaut , “Idihhh Nyong, sekarang aja udah kawin muda, gimana kalo lebih muda lagi dikawininnya, bisa kawin ABEGE namanya”. Hehe, Just Joking !

Image

Hubby banyak bercerita tentang makanan favoritnya yang satu ini. Dari dia juga saya jadi lebih mengenal sifat dan karakteristik ikan asin. Putih2 yang menempel pada ikan ternyata bukanlah jamur seperti yang terlihat, melainkan garam untuk proses mengasinkan. Jamur sendiri tidak mungkin hidup di tempat yang berkadar garam tinggi. Cukup sering dijemur di bawah sinar matahari langsung bisa membuat cita rasa ikan asin semakin kaya😉

Oh ya, kalo ada yang berminat sama ikan asin dan cumi asin ini, jangan pada ilerannn yahh, langsung aja

add pin BB : 29 DE 24 DE
atau kontak aja di 0896.3258.2375
dengan harga murah pake banget, kita melayani pembelian per 100 gr untuk minimalnya,
mau pesen 5 kg, tunggu kiriman dari Ambon dateng, sekitar 3 hari sampai 1 minggu

tar kita kirim special ke seluruh nusantara, buat memuaskan hasrat kuliner pembaca blog saya yang mau coba masak, tapiiii inget2, jangan salah ngerti ya jangan minta dikirimin nasi bakar buatan saya, hahaha, masak sendiriiiii !!! hehehehe…

Image

Wangi nasi bakarnya bener2 bikin lupa diet lho ..
Btw, itu daun pisangnya boleh malak satpam depan pos jaga perumahan tempat saya tinggal. hihiii…besok harus kirim2 kayaknya buat temen mereka jaga malem.

Image

Selamat Makan !!

😉

😉

4 thoughts on “Grilled Rice with Salted Fish & Squid

  1. Pingback: Kumpulan Resep Seafood - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s