Tomato Soup ~ Love from Our Lil Garden

Beberapa hari ini saya kebanjiran panenan tomat dari kebun kecil saya. Sesudah diekspor ke rumah mama saya 1,5 kg pun masih banyak lagi panenan berikutnya. Hiks…sayang banget kalo sampe busuk dan dibuang. Sementara saya ga punya ide masak apapun yang berhubungan dengan tomat. Sampai pusing padahal kan harusnya bahagia ya, kebun saya menghasilkan sesuatu yang baik dan berlimpah kaya gitu. Thanks God for this Grace!!

Hari ini mood saya sedang tidak baik dan rasanya hati ini ga semangat kalo otak buntu. I need inspiration so bad !!

Dan biasanya kalo udah kepepet otak manusia itu daya kerjanya bisa dobel lebih cepat loh daripada kalo sikonnya lagi tenang2 aja. Buktinya, karena ngeliat taneman tomat udah mulai mau merah2 lagi sementara di dapur tomat matang numpuk, saya tiba2 kepikiran hal simple yang entah kenapa baru muncul sekarang. Kalo mo pakai tomat dalam jumlah banyak apalagi kalo bukan bikin sup tomat. Ha ! sayangnya mencari resep tomato soup di internet itu kebanyakan pake tomatnya cuma 2 biji dan dibacking-in sama saus tomat botolan…Yaaaahhhh….sama aja boong ga menyelesaikan masalah

Googling sebentar, eh, ada satu resep yang menerangkan bagaimana cara membuat sop tomat pake tomat betulan. Asiikkk, Jadi, hari ini mari kita menomatkan diri !! ;D

Image

Tuh liat deh, tomat hasil kebun saya. Kecil2, merah segar, dan maniss..

Image

Tomato Soup hasil dari tanaman sendiri tuh rasanya bener2 beda. Hehe…warnanya cantik yah??

RESEP TOMATO SOUP
sumber : Resep Keluarga Cinta dengan modifikasi oleh cintaresep

Bahan :

4 buah sosis ukuran besar, iris2 2 cm
2 buah wortel lokal, iris2 2 cm
1 genggam buncis, iris2 2 cm
2 buah jagung manis, pipil atau iris ambil biji jagungnya saja
700 gr tomat merah, kalau kurang suka asam segar, boleh dikurangi jadi 500 gr saja
2 batang daun bawang, iris2 tipis
5 butir bawang putih, cincang
1 buah bawang Bombay besar, iris tipis
800 ml air
2 sdm margarine untuk menumis
1 sdt Merica
½ sdt Pala bubuk
4 sdm gula pasir
2 sdt garam
2 sdm maizena, cairkan dengan 4 sdm air

Cara membuat :

1.  Blender beberapa buah tomat, sedikit demi sedikit masukkan sisa tomat yang lain. Saring untuk mendapatkan air tomat.
2. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan bawang daun dengan margarine hingga harum dan layu. Masukkan sosis. Aduk sebentar hingga sosis berubah warna
3. Di tempat lain, didihkan air kemudian masukkan air tomat dan wortel. Aduk terus jaga jangan sampai busa tomat meluap tumpah keluar. Masak sampai busa tomat hilang dengan api kecil. Masukkan jagung dan buncis.
4. Masukkan tumisan sosis dan bawang ke dalam sop. Tambahkan merica, pala bubuk, garam, dan gula
5. Cicipi, bila rasanya sudah pas, masukkan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk.
6. Sop Tomat siap dihidangkan

Image

Tomato Soup ini enaknya dinikmati selagi hangat untuk sarapan di pagi hari. Kalo ada roti, boleh dipanggang sebentar dan bakalan jadi pendamping yang sempurna buat Tomato Soup ini. Sayangnya, hubby lagi ga bikin roti nih, jadi ga da roti panggangnya buat pelengkap. Tapi tetep asoy koq, segerrrr….

Setelah makan semangkuk Sup Tomat, badan saya jadi enak banget, bibir yang tadinya kering jadi lembut. ;D

Image

Sup Tomat diatas, isinya bisa Anda kreasikan lagi, bisa ditambahin fillet paha ayam, jamur, kacang polong, dan bahan lain sesuka2 situ aja deh, hehehe.

Image

Sekedar info, saya barusan baca artikel di tabloid Nova no 1336/XXVI hal 32-33, ada seorang tokoh Writer and Organic Educator, Bibong Widyarti,  yang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam banyak bahan dan bumbu masak organik. Hal ini berdasar pengalamannya karena menemukan tomat di pasar dalam kondisi rusak. Terdapat putih2 pada buah tomat yang diakibatkan bahan2 sisa semprotan pestisida. Sejak itu dia berkebun organik di rumahnya. Saya salut dan jadi bertekad ingin menuruti jejaknya dengan lebih serius berkebun.

Yuk berkebun tomat…!! =)

16 thoughts on “Tomato Soup ~ Love from Our Lil Garden

  1. saya nggak begitu suka tomat, mungkin karena rasanya yang asem kali ya. tapi tomat di tempat saya ini manis2, jadi suka lagi, meski ga suka2 banget, karena orang rumah jg pada ga gitu doyan. nah, liat resp yg mak bikin ini jadi kepengen. besok mau beli tomatnya deh. mau coba. makasih resepnya, maaak :))))

  2. hehe mbak moocen, kalo di sana namanya sup merah ya? aku lebih suka menyebutnya sup tomat, soalnya ini emang dominan bener2 dari belasan tomat, hahaha….

  3. sama deh kalo begitu mak, saya juga kurang doyan. Tapi apa boleh buat, bertanggungjawab terhadap apa yang ditanam, ga boleh menyia2kannya kan?hehehe…silakan dicoba resepnya maak, saran saya sih kalo ga begitu suka tomat, banyaknya dikurangi setengahnya saja mak, biar ga kaget, hehehe…ini pun saya sudah kurangi dari sekilo menjadi 700 gr saja. ;D

    selamat masak ya mak

  4. waaa. eh iya mbak saya belum minta izin secara langsung nih sama mbak. saya mau minta izin reblogg resep2nya mbak yaa (hehehe telat banget minta izinnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s