Swike Goreng Tepung ala Cintaresep

Belasan tahun yang lalu, waktu tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Timur, Situbondo. Seminggu sekali selalu ada penjual kodok yang datang kerumah menawarkan dagangannya. Dan mama saya selalu membelinya untuk lauk makan keluarga kami. Beliau memasaknya menggunakan tauco dan berbumbu kuah yang lezat dan rasanya saat itu saya sering menggadonya didalam sebuah baskom kecil. Puas sekali makan sendirian dan dalam jumlah lumayan banyak.Β 

Di Bandung, kota kelahiran saya yang tercinta ini masakan kodok terkenal dengan mengusung nama beken, Swike Jatiwangi. Mungkin kodoknya dipasok langsung dari kota Jatiwangi yah..;D

Saya agak jarang makan yang goreng. Saya prefer swike kuah tauco kalo pesan. Sementara suami saya lebih doyan swike goreng mentega dan swike goreng tepung. Kalo makan swike jatiwangi ini, kami harus mengunjungi daerah wisata kuliner Cibadak yang tempatnya dipinggir jalan dan berada di gerobak2 yang berjajar dengan ramainya. Mereka buka pada jam tutup toko hingga larut malam. Β Dulu sih semasa belum punya anak kami demen nongkrong sambil makan di daerah ini. Makanannya enak2 dan bervariasi dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, begitu punya bayi, saya tentu harus jaga makan, jangan sampe sembarangan jajan diluar dan faktor ketidak- higienisan (kebersihan) makanan membuat saya sakit dan mengganggu produktivitas ASI untuk bayi kami.

Nah, sejak melahirkan saya jujur saja kangen dengan makanan yang satu ini. Di balik pro dan kontra kodok yang katanya mengandung parasit cacing meskipun dimasak hingga 100 derajat celcius, saya ga bisa memungkiri kalo pesona swike selalu membuat air liur ini ga tahan mo jatoh, hehehe…
Setelah berdiskusi dengan suami, diputuskan bahwa makanan apapun bisa mengandung parasit apabila memasaknya tidak benar dan kurang matang. Jadi, kami memilih untuk menggorengnya dalam minyak panas karena logikanya kan minyak mampu mencapai suhu jauh lebih panas dari air bila dipanaskan.

So, ini dia swike goreng tepung ala cintaresep yang mampu membatalkan niat diet hubby, nambah 2 piring dia ;p, kami langsung memakannya begitu selesai digoreng. Crispy dan Juicy dagingnya. Beli daging kodoknya di supermarket ya, supaya bisa milih yang gede2 dan udah bersih siap diolah =)

swikegoreng3

RESEP SWIKE GORENG TEPUNG
Bahan :

500 gr kodok yang sudah dibersihkan
4 siung bawang putih, haluskan
4 cm jahe, parut
1 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
250 gr tepung tapioka / kanji
1 buah telur, kocok, ambil setengahnya saja
minyak yang banyak untuk menggoreng

Pelengkap :Β 
cabe rawit, potong2
kecap manis

Cara membuat :

1. Cuci bersih kodok. Lumuri dengan semua bahan kecuali tepung kanji. Diamkan selama 15-20 menit
2. Taburi dengan tepung sedikit demi sedikit aduk sampai kodok terbalut dengan tepung dan agak lengket
3. letakkan sisa tepung pada wadah. celup kodok ke dalam sisa tepung hingga seluruh badan kodok tertutup tepung
4. goreng dalam minyak yang benar2 panas. Bila ingin garing sampai ke daging kecilkan api. jika ingin garing di luar dan juicy di dalam, goreng dengan api sedang
5. Swike Goreng siap dihidangkan dengan pelengkap

swikegoreng

 

Tuh, gede2 ya pahanya, meskipun banyak yang memasak swike menggunakan ayam, daging kodok ini jauh lebih gurih dan lembut dagingnya. Ga perlu khawatir bakalan amis, karena direndam dengan jahe parut rasa amisnya langsung kaburr hehehe…untung bukan kodoknya yang kaburrr

swikegoreng2

 

Kapan2 kalo sempat beli tauconya, saya mo coba resep turunan mama ya, kemarin sudah sempat berkonsultasi by phone, tapi ga jelas takut gagal. Harus ketemu langsung buat mengadopsi ilmunya. See you soon momma !

Happy cooking, Friends !!

πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s