Semur Daging Betawi – kaya rempah

Beberapa bulan belakangan ini, saya tiba2 menyadari kalo setiap kali saya menikmati makanan berkolesterol tinggi seperti udang, iga, daging berlemak, cumi, kepiting, belakang kepala saya seperti tersengat dan tiba2 ajah kliyengan. Haizzz, ketakutan banget deh hati ini, kayaknya saya terjangkit penyakit tua nih, yaitu kolesterol yang meninggi. ;p

Saya langsung teringat sama mama saya yang kolesterolnya tinggi juga dan rawan kalo makan yang enak2 berkolesterol. Saya mencari tahu gejala2 nya dan sepertinya yang saya takutkan semakin mendekat. Saya kemudian disarankan cek lab, tapi sampe sekarang belum2 juga karena takut dan sedikit malas mengatur waktunya.

Saya hanya merenung dan berusaha instropeksi, dulu selagi saya masih bekerja sambil kuliah, mungkin asupan makanan saya habis terkuras sama aktivitas yang menghabiskan energi tinggi. Jadi jauh2 tuh yang namanya kolesterol, yang ada sayanya kurus kerempeng bagai papan penggilesan.

Selagi sibuk skripsi, saya berhenti bekerja dan fokus untuk lulus dan menyandang gelar sarjana. Selama tahun pertama nganggur, saya asik pacaran sama mantan pacar yang sekarang jadi suami (;P), keluar masuk tempat fitness demi tubuh ideal dan ngabisin masa lajang seharian diluar rumah dengan banyak aktivitas (sempat berwiraswasta juga) sebelum akhirnya dinikahi setahun kemudian*dipaksa nikah (;p). Yang ini jelas aktivitasnya banyak meskipun keluar masuk resto tapi kalori terbakar buat olah tubuh dan mikir buat masa depan (cieh)

Dan semasa hamil, saya mengaku memang sangat addict terhadap daging, masalahnya si jabang bayi kalo ga dikasi daging bisa bikin saya pingsan (sampe 3 kali di tempat umum). Kalo hamil, makan banyak emang kewajiban yah, dan anehnya ga ada keluhan apa2 kalo makan banyak dan makan apapun juga sebanyak apapun itu, malahan jerawat satupun tidak berani hinggap di wajah saya. Hebat, nak!!

Selama menyusui eksklusif 6 bulan pertama, saya masih belum merasakan adanya perubahan berarti, makan masih tetap sama tidak ada pantangan. nah, kendalanya, di masa ASIX (ASI eXlusive) inilah obgyn saya tidak menyarankan olahraga terlalu berat seperti High Impact (Fitness) dan Diet. Padahal badan ini udah gatal rasanya pengen dikurusin lagi, cara instan ya olahraga berat. Jadilah makan saya tetap begitu tanpa diimbangi olahraga yang cukup. Ngurus bayi tanpa Nanny memang berat dan menguras banyak waktu ternyata. *gasempetlaripagi, ngantuk

Sekarang ini, saat si baby udah boleh makan, tiba2 manggung deh tuh jerawat secara solo di pipi mulus saya. Hiks…tampaknya saya mulai berlebihan lemak yang tidak terbakar dan tidak tersedot oleh ASI.

Halo, masih bersama saya kan?

Postingan ini tampaknya akan sangat pannjangg dan curcol, hehehe…
Sebagai penyemangat, saya upload foto makanan enak dulu yah..

Image

Jadi begini saudara2, heheheh….*tariknafasdulu

Suami saya yang paling ganteng di dunia kalo ga makan daging sehari aja tuh suka uring2an dan lemes2 ga puguh, jadi saya suka kasian kalo kerjanya jadi ga semanget dan ga fokus gara2 makan sayuran doang hahaha…. Padahal dari hasil instropeksi saya, saya butuh diet daging dan banyakin makan sayuran dan buah.

So, belanja mingguan kemarin saya udah niatin stok daging buat masakkin hubby. Pengennya rawon, tapi karena ada bencana tiba2 kluwek yang mau dipake buat bikin rawon ternyata setengahnya kosong melompong gada isinya (koqbisasih?!?)

Jadilah banting setir masak semur daging ala betawi, hasil googling dari resep masakan

Berikut resepnya dengan modifikasi ala cintaresep =)

RESEP SEMUR DAGING BETAWI

Bahan :

500 gr daging sapi, dipotong kotak
2 sendok makan minyak untuk menumis
5 butir bawang merah, diiris tipis
5 cm jahe, digeprek
2 lembar daun salam
3 buah cengkeh
4 cm kayu manis
sedikit pala bubuk (sedikit saja kira2 tidak sampai seujung sendok teh)
2 buah tomat, potong-potong
4 sendok makan kecap manis merek apa saja
1 ½ liter air

Bahan yang dihaluskan :

4 siung bawang putih
7 butir bawang merah
4 butir kemiri, disangrai dulu
2 sendok teh garam
1 sendok teh merica butiran
1 sendok teh ketumbar butiran, disangrai dulu
¼ sendok teh jintan, disangrai dulu

Cara membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah iris sampai harum. masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, jahe, daun salam, cengkih, kayumanis, dan pala bubuk, sampai harum dan matang.
2. Masukkan daging sapi, diaduk hingga daging berubah warna. Tambahkan juga tomat, aduk sampai layu. Masukkan kecap manis, aduk rata.
3. Tuangi air, aduk rata, rebus dengan api kecil sampai daging empuk dan air berkurang setengahnya. Tambahkan garam dan kecap sesuai selera
4. Semur siap disajikan

Image

Kalo di lidah saya yang polos dan lugu ini, semur diatas agak terlalu kaya rempah dan tajam, saya sih sukanya yang kuah bening2, tapi di lidah suami saya, masakan ini pas banget sama seleranya, makannya sampe nambah2 dan berharap penuh tidak usah berbagi makanan ini dengan istrinya huahahaha…*ketokpaladia

Saya sendiri jadinya makan sup salmon aja, ceritanya udah tobat makan daging.

Image

Belakangan saya sibuk sekali bikinin MPASI buat anak, buku Makanan Sehat Alami nya Pak Wied Harry hampir seharian saya bolak balik ampe agak kumel. Rutinitas saya dari pagi adalah bikin jus dan puree buah sebelum Gregory bangun, setelah dia sarapan buah dan minum ASI, saya langsung bersiap untuk makan siangnya, dan setelah itu makan sorenya. Ampun deh seharian nguplek blek di dapur nyoba bikin sesuai resep Pak Wied. Sampe agak stress di awalnya, karena kaget bin shock ternyata makanan bayi ribet juga ya bok!

Pantesan aja bubur instan laku keras, tapi saya bener2 ga tega ngasih makan anak bubur instan kecuali sangat2 terpaksa. Hasilnya sih sangat menggembirakan buat saya dan papanya, *maaf pupnya Gregory bagus banget dan badannya berisi kelihatan sehat dan lincah bener. Makannya dia lahap banget dan makin keliatan secakep seperti mama papanya hahaha…Berita gembira lainnya adalah, muncul bakal gigi depan bawah, girang setengah mati waktu liatnya kayak menang lotere *padahalgapernah

Image

Yak, segitu dulu aja updatean resep dan curcol ga pentingnya, semoga ada yang lagi butuh resep semur yah, yang ini sih nendang banget, just try !!

4 thoughts on “Semur Daging Betawi – kaya rempah

  1. Pingback: Kumpulan Resep Sapi - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s