PANADA

Selamat Panada, ehh… Pagiiiii,,,,^^
panada3

RESEP PANADA
sumber : Tabloid Resep edisi 24 tahun VI Hal 35

Bahan : 
Kulit :
250 gr tepung terigu protein sedang merk SEGITIGA BIRU
1/4 sdt baking powder
1 sdt ragi instan
1 sdm gula pasir
1 butir telur
1/2 sdt garam
125 ml santan dari kelapa murni
minyak goreng

Isi :
1 ekor ikan tongkol
1/2 buah jeruk nipis
3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
garam secukupnya
1 sdt gula pasir
100 ml santan
6 tangkai daun kemangi
1 1/2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
4 buah cabai merah
2 buah cabai rawit merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1 batang serai, diambil putihnya
2 butir kemiri, disangrai

Cara membuat :
1. Isi : Lumuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan sedikit garam, diamkan selama 10 menit. Kukus ikan selama 20 menit sampai matang, angkat dan suwir2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. masukkan ikan tongkol sambil diaduk rata. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan santan, tumis hingga bumbu meresap. Tambahkan daun kemangi, aduk hingga layu, angkat dan dinginkan
2. Kulit : Campur tepung terigu, baking powder, ragi instan, dan gula pasir, aduk rata. Masukkan telur, garam, dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai kalis dan elastis. Masukkan adonan ke dalam waskom, tutup dengan kain lembab. diamkan adonan selama 20 menit hingga mengembang
3. Potong-timbang adonan seberat 20 gram, bulatkan. pipihkan adonan, lalu tambahkan bahan isian. lipat jadi setengah lingkaran, pilin bagian pinggirnya seperti pastel. ( cara mudahnya : setelah dilipat jadi setengah lingkaran, tekan2 pinggirannya ke arah luar, lalu lipat menggunakan ibu jari, tekan lagi  bagian berikutnya ke arah luar, lalu lipat dengan ibu jari begitu seterusnya sampai membentuk pilinan ). Diamkan kembali selama 20 menit
4. Goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga matang, angkat dan tiriskan. Panada siap disajikan

untuk 21 buah

catatan :
-pada saat membentuk kulit panada, pastikan pinggirnya terpilin rapat, agar tidak terlepas pada saat adonan panada mengembang.
-goreng panada dalam minyak panas di atas api sedang, hingga warnanya kecoklatan

SONY DSC

Panada ini adalah salah satu masakan Menado yang disukai oleh suami saya, di Bandung dia biasanya membeli di Restoran Ikan Bakar Sulawesi di Jalan Setabudi Bandung, tempat lainnya yang menjual Panada adalah Total Buah di jalan Sultan Tirtayasa.

Beberapa bulan lalu dia sempat request minta dibuatkan, tapinya saya ga pede hehe

Setelah ga sengaja membeli Tabloid Resep ini minggu lalu, saya menemukan resep panada yang kemudian saya segera eksekusi. Menyenangkan berhasil membuatnya, meskipun tidak sebagus yang dijual diluaran. Tapi kata suami sih, rasanya lebih enak daripada yang biasa dia beli. hahaha… yaiyalah istri sendiri yang bikin^^

SONY DSC

Di malam harinya saya membawa sebagian panada ini untuk dimakan bersama di Tempat Komsel (Perkumpulan Doa). Dan, reaksi anggota komsel, ketika membukanya adalah wahh, panada !! Saya sempat kaget ternyata hampir semua orang mengenal Panada. Saya sendiri baru mengenal makanan ini setelah menikah dengan suami. Hahahaha, kampungan jek!

Bersyukurnya panada saya disukai, meski baru pertama kali buat, dari 17 buah, terakhir pamit pulang tinggal 4 panadanya, hehehehe…kata suami sih kurang pedas, jadi bagi yang pengen bikin, boleh tuh ditambahin cabenya biar meknyooossss bikin bibir bengkak wuehehehehe…

SONY DSC

Oh ya, supaya adonan panadanya lebih lentur dan gurih, lebih baik pakai santan dari kelapa murni =)

Salam Masak

^^,

13 thoughts on “PANADA

  1. iya maaaak indah… bener emang cocoknya ikan tongkol, yang udah diasap juga bisa. kalo mau diganti yang pernah saya baca mungkin ikan tuna mak, teksturnya mirip =) cobain mak,,,d^,*b

  2. Isi panada itu namanya pampis😀 dan cabe cm 7 biji,kuraaang mak😀 dan biasanya pampis gag pake kemangi🙂
    Saya pernah bkin postingan ttg panada, asal usul sampe pembuatan😀
    Pinggirannya kurang terpilin yah mak😀 heheheh
    Tiap mamaku dtg ke Solo slalu aq minta bawain panada dan nasi kuning.
    Pengganti ikan tongkol, bener ikan tuna
    Salam kenal mak😉

  3. wah dapet pengetahuan lagi nih, pampis ya *record
    iya ini resep dr tabloid, resep Frise Kue khas Manado yang terkenal enak dan laris katanya sih, blm pernah coba makk hehehe.
    btw, kenapa ya mak pinggirannya ilang saat digoreng, jadi ga keliatan hahaha.. si Frise kue ini juga tampilan panadanya saat difoto kurang kelihatan. tapi rasanya maknyus maakkk.

    saya kan masih menyusui, kalo makan pedes dikit aja, si baby pipinya langsung bruntusan haha. itu cabe di panada kayaknya cuma numpang lewat aja ya hueheheh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s