Pindang Iga Sapi

Orang tua teman adik saya membuka sebuah tempat makan di rumahnya. Nah, salah satu masakan jawara yang paling digandrungi oleh adik saya adalah pindang dagingnya. Promosi dilakukan dengan gencar oleh adik saya, entah mengapa. Sampai suatu kali kami berhasil digiringnya untuk mencoba menu yang satu ini

pertama kali mencoba memang ga salah ga bukan, pindang daging ini memang enak sekali. manis, pedas, gurih kaldu semua bekerjasama jadi satu memanjakan lidah kami. sejak itulah saya jadi terobsesi untuk membuat pindang. beberapa resep sempat saya coba, tapi hasilnya sangat jauh berbeda dengan pindang yang satu ini.

sampai pada satu titik, saya menyerah kalah. hahaha…beli aja deh..

berbekal pengalaman sulitnya mencari makanan jadi pada lebaran tahun kemarin, saya dan suami melakukan persiapan menyetok bahan makanan di freezer dan kulkas. ada sayuran, buah, ayam, ikan, daging has, dan iga sapi. Jadwal rutin saya selama liburan adalah  : Memasak indah di dapur tercinta. *soraksoraibergembira

Tiba giliran si iga sapi untuk dimasak, seperti biasanya step pertama yang dilakukan adalah berburu resep. Dan saya mendapatkan resep dari Ibu Sisca Soewitomo, penulis buku Masak Praktis dengan 3 bumbu dasar yang tersohor itu. =)

tebak resep apakah itu? Pindang Iga sapi

Image

Memasak pindang ini saya menggunakan jurus modifikasi seperti biasa supaya rasanya sebelas duabelas dengan pindang jualan yang kalo beli ampe nambah2 itu. ;p

RESEP PINDANG IGA SAPI

Bahan :

500 gr iga sapi, potong sesuai ruasnya
1500 ml air
45 gr bumbu dasar kuning, lihat resep dibawah
3 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk, robek2
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
6 sdm kecap manis
1 sdt merica bubuk
1 sdm air asam jawa
2 buah cabai merah, iris
3 buah tomat muda yang masih hijau, potong 4 memanjang
8 buah cabai rawit merah

Bahan bumbu dasar kuning :

3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas kunyit, bakar
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica butiran
1 1/2 sdm minyak goreng
1 1/2 sdm air

Cara membuat bumbu dasar kuning :

1. campur bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, merica, dan air, haluskan
2. tumis bumbu hingga air menyusut, masukkan minyak goreng, daun salam, daun jeruk, serai jahe, dan lengkuas. tumis hingga harum dan matang

Cara membuat pindang iga sapi : 

1. rebus iga bersama bumbu dasar kuning, hingga iga empuk, sebaiknya menggunakan presto selama 45 menit, kalau tidak menggunakan presto rebus selama 2 jam dengan api kecil
2. masukkan kecap manis, garam, air asam jawa, dan merica bubuk, aduk sebentar. Tambahkan cabai merah, tomat, dan cabai rawit, aduk rata
3. sajikan hangat

Image

Mencicipi pindang buatan saya ini membuat saya teringat pada obsesi pindang kala itu. dalam hati saya girang setengah mati, nah ini dia pindang yang saya mau. rasanya tidak sama, tapi menyerupai, dan itu sudah cukup buat lidah saya dan suami.

Image

Kebetulan saat saya memasak ini ada teman programmer yang datang dari surabaya , ikut menikmati dan makan malam bersama kami. dia ini berdarah jawa tulen dan katanya pindang ini enak, pas bumbunya, dan harum, enak cukup buat saya, daripada enak pake banget, nanti jadi sombong hahahaha…

rasa kaldu sapi dan rempahnya terasa pas banget, cuman yang ga nahan itu lemaknya. jadi, kalo masak ini sediain deh, teh panas hangat, lebih baik lagi kalo pake es jeruk dingin, nomnomnom…

dan, jangan lupa, olahraga buat bayar kalori yang masuk karena pindangnya suedeeeppppp !!

Image

😉

😉

Leave a Reply

