Belajar jadi Mang..eh..Mbak. So.. baso..; Baso Malang

saya lagi kangen sama baso malang, yang harusnya sih tinggal beli. kalo di perumahan suka banyak yah yang lewat, tapi higienitasnya ga terjamin tuh, apalagi kalo harganya murah, banyakan tepungnya daripada dagingnya. ya iyalah, kalo banyakan dagingnya, ga balik modal, mbak hehehe…

saya lagi suka nih sama yang namanya chopper, ga beli sih, hadiah Β dari teman, karena kemarin abis lahiran. so, beberapa masakan saya haluskan dengan alat ini, praktis, dan teksturnya juga halus merata.

saya coba deh bikin baso, bukan yang pertama karena saya juga pernah bikin baso ikan, tapi emang baso daging jauh lebih manteb, lebih berasa gitu nge baso…;-) apalagi pake sambelnya sambel baso yang merah2 oranye nan pedes. ajibbb!!πŸ™‚

saya dapet resepnya dari sesama blog wordpress juga What’s in my kitchen, dengan modifikasi dan saya bikin tahu gorengnya juga dari adonan baso, berikut sambal =), kulit pangsit ada sebungkus tapi udah expired ternyata, lupa ada di kulkasnya kelamaan, kalo engga baso malang saya kumplit plit plit. art saya aja bilang, “jualan, bu…” hihihi

Image

RESEP BASO MALANG

Bahan baso :

500 gr daging sapi giling, chopper
5 sdm tepung sagu
100 cc air es
1 butir telur
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt merica
3 sdt garam
2 sdm bawang merah, goreng
1 sdt baking powder
1 sdt minyak wijen

Bahan Kuah :

1,5 liter air
Tulang sapi berdaging
5 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt merica
1 batang daun bawang, iris 1 cm
1 batang daun seledri
1 sdm Garam

Bahan sambal baso :

1/2 buah tomat merah, rebus, haluskan
5 buah cabe domba, rebus, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
3 sdm air rebusan cabe

Pelengkap :

Mie kuning, rebus, tiriskan
Soun, seduh air panas, tiriskan
Bawang Goreng
Sambal Baso
telur rebus, kupas kulitnya
Kulit pangsit, selipkan adonan, lipat
Tahu, potong serong, goreng, belah tengah pinggiran tahu, selipkan 1 sdt adonan
kecap manis
saus tomat

Cara membuat :

1. masukkan semua bahan baso ke dalam baskom sedang, uleni hingga tercampur rata
2. Buat kuah baso dengan mendidihkan tulang sapi berdaging dalam air, hingga warna dagingnya berubah, masukkan bawang putih, garam, merica.
3. Bentuk adonan menjadi bulat bulat dan masukkan dalam kuah. Tips : cara membuat baso dengan mengepalkan tangan, jari mendorong keatas lubang antara jempol dan telunjuk. Berikut videonya, saya ambil dari youtube :Β Cara membentuk bulatan baso
4. Masukkan tahu dan pangsit. masak sampai baso, pangsit, dan tahu matang.
5. Sajikan dengan mie kuning, soun, telur, taburi dengan daun bawang, seledri, bawang goreng dan sambal.

Image

saya suka tekstur halus basonya, kalau tidak mau terlalu halus daging gilingnya tidak perlu dichopper ya…

sambal basonya maknyusss pedeeesss…
sebenarnya baso malang tidak ada telurnya, tapi saya sukaaa, jadi ditambahkan deh..
yang penting kenyang aja lahπŸ˜‰
masih sayang sama pangsitnya, padahal expirednya 2 hari yang lalu, hikss..telat bikin basonya.*ikhlaskan…elusdada

Image

Mangkoknya jadul yah, baru beli di Mutiara kitchen soeta, khusus buat nge baso, baso..baso…baso malaaaang….

πŸ˜‰

Leave a Reply

