Pencok Kacang Panjang

Salah satu hal yang bikin saya kangen jika jauh dari Bumi Sangkuriang alias Bandung tercintahh ini adalah makanan sundanya. Dulu waktu ke Israel tahun 2011 selama 11 hari makan makanan eropa yang maaf kata agak ga jelas juntrungannya di lidah saya, begitu pulang lewat tol, makanan pertama yang saya makan adalah makanan sunda, ayam timbel, lengkap dengan lalapan dan sambal dadak. Rasanya seakan jiwa ini kembali ke raganya, hihi…

Jangankan jauh dari kotanya, selama tinggal di Bandung pun kadangkala saya harus absen paling tidak sebulan sekali ke restoran, apalagi kalo bukan untuk memuaskan rasa rindu nyunda, menu yang saya suka, biasanya, kalo ga karedok, pencok leunca, dan yang terakhir yang bikin saya merem melek makannya (*lebay) yakni pencok kacang panjang, dilalap pake sambel pun saya doyan, apalagi ada bumbunya,

Dan kebetulan, di kulkas ada seikat kacang panjang sisa nyayur asem kemarin, pikir punya pikir, jadilah ide membuat makanan kegemaran saya, dibilang nekad iyahh tapi bikinnya ternyata gampang, bahannya simpel, dan rasanya maknyusss, serasa koki resto ;p

Berikut resepnya,

RESEP PENCOK KACANG PANJANG

Bahan :

150 gr kacang panjang
2 cm kencur
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
6 buah cabai rawit
1 sdt gula merah, iris halus
1/2 sdt garam

Cara membuat :

1. iris kacang panjang kurleb 2 cm
2. haluskan semua bahan bumbu, masukkan kacang panjang. Memarkan kacang panjang bersamaan dengan bumbu, aduk rata, sajikan.

ImageSaya juga membuat sambal goreng kentang dan udang sebagai teman makan dengan pencok ini, seharusnya ditemani ayam goreng membuatnya jadi sajian yang pas untuk makan siang, tapi karena bosan dengan ayam goreng biasa, saya membuat ayam goreng mentega. Agak kurang cocok memang, tapi bagi saya main dish nya (aka makanan utamanya) disini adalah pencok, hahaha, jadi enak2 ajaaaa…sumpeh dehhh hihihi..

Anyway, jangan salah persepsi, kacang panjang ini unik, tergolong sayuran sumber serat, tapi juga sumber protein, karena kacang kan protein nabati. Gizinya menurut saya oke banget..ayam goreng mentega kalah menarik ;-D

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s