Kari Ayam Indiaaaaaaaa

Hai hai semuanyahhh…kangen banget pengen update postingan, huhu…soalnya kemarin2 abis sakit demam males, hihi, kenapa sakitnya namanya demam males?? soalnya, demamnya sih cuma 3 harian, tapi dilanjutkan sama males yang ga ketulungan pengennya, tidurrrr, bangun, tidurrr, masak males, makan males, belanja males (lhoh?!?)

Dan, sekarang udah bener2 sembuh nih, masih inget kan bulan kemaren baru pulang dari Medan, postingannyah disini yahh dan sempet2nyah belanja bubuk kari di Toko Kasturi, toko khusus jualan bahan2 dan alat2 masak khas india. Kalo kesana sendiri pasti seneng deh, otentik banget, malahan ada bau2 bakaran sesajennya india segala.

ImageJadi yang dibeli tuh 2 macem, bubuk kari daging dan bubuk kari ikan & udang. Untuk percobaan, kita pakai ayam dulu aja. Dari perkiraan awal yang namanya juga bumbu instan yah, jadi harusnya kita tinggal siapin dagingnya, tuang2 bumbu, dan tarrraaaaa, jadi dong.., tapi ternyata engga. saya tetep kudu siapin bahan2 fisiknya, huahhh ya sudah itung2 belajar masak kari beneran, Jadi fungsi bubuk kari disini hanya sebagai penguat rasa dan supaya kental aja sodara2. mari kita mulai masak yah…*singsingkan lengan baju

RESEP KARI AYAM INDIAAAAA

Bahan :

300 ml minyak goreng (seriussss 300 ml, tp klo boleh saran sih 250 aja ;D)
10 gr (kayu manis, bunga lawang, cengkeh, jinten aka dikit2 aja total 10 gram)
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
3 gr daun kari ( ga pake karena ga nemu ;p)
1 buah tomat, potong 8
700 gr ayam, potong sesuka anda😉
4 siung bawang putih, cincang
1 ruas jahe, kira2 5 cm, cincang
1 liter air
2 1/2 sdt garam
75 gr bubuk kari Baba
250 gr kentang (saya ga suka pake kentang karena pasti dianggurin)

Cara memasak :

1. Panaskan minyak
2. Tumiskan kayu manis, bunga lawang, cengkeh, jinten ke dalam minyak sampai harum
3. masukkan bawang bombay, daun kari, tomat, masak sebentar sampai agak layu
4. masukkan daging ayam, bawang putih, dan jahe, aduk hingga rata
5. tuang air dan masukkan garam, tutup, dan masak selama 10 menit
6. tambahkan kentang dan bubuk kari Baba, masak selama 20 menit

Pelengkap :
potongan bawang merah, cabe rawit, tomat, roti canai
Acar Bengkuang

 bahan acar :

1 buah bengkuang, kupas, parut memanjang
3 sdm cuka
250 ml air
250 gr gula
3 sdt garam

cara membuat :

1. campur air, gula, garam, lalu didihkan
2. matikan api, tambahkan cuka, diamkan sampai uap panasnya hilang
3. masukkan bengkuang, aduk rata, diamkan selama 2 jam
4. simpan di kulkas, sajikan dingin lebih enak

Image

Enak banget karinya, dimakan pake roti canai yang udah jadi, saya belinya di supermarket, tinggal dioseng2 bolak balik, fuuhhh nendangg loh karinya, miripppp sama yang di Medan, jadi nostalgilakk hhihihi…kalo mao bikin buat juga acarnya yah cocok banget buat bersihin tenggorokan setelah dilewatin ama minyak ;D

Kalo ga nemu Bubuk kari Baba (curiga ada nih di kota2 lainnya juga, ga cuma di Medan) bisa diganti sama bubuk kari biasa, mungkin rasanya ga sama tapi lumayan dehh daripada nyampur2 bumbu masak yang pasti jumlahnya bikin kita kagettt dan belum tentu betul juga komposisinya.

Image

Kari oHHH kariii, susahnya menciptakan dirimu…tapi sebanding lahhh, suami sukaaa banget, ampe diirit2 makannya, bahkan ampe kuah terakhir disimpen2 di kulkas, dimakan pake tongkol juga enak katanya ;D.

Btw, kuah kari india ini beda ya sama kari indonesia yang warnanya kuning mentereng,  Rasanya juga jujur sih enakan ini, ;-p

5 thoughts on “Kari Ayam Indiaaaaaaaa

  1. Wadoooohhh .Mel…nikmat banget penampakannya.
    Klo diliat dari bumbu2 dan tambahan serbuk kari Babas itu super lezato sekaleee.
    Sy cari ini serbuk yg Merk Baba susah banget deh …….
    Mau buat juga ahhh , tapi kudu dapetin serbuk yg pas.

    Lina, Jkt

  2. Hai mbak, salam kenal. Lg browsing cari resep bikin kari ayam eehh nemu blig mbak. Penampakannya enak banget deh sepertinya. Tp mau tanya aja, ga pakai santan ya? Atau susu (berhubung masakan india suka pakai susu atau yoghurt)? Trims pencerahannya

  3. hai mba aline, salam kenal juga, karena ini bubuk kari instan full rempah2 jadi kentalnya karena rempah, tidak mengandung santan atau susu. Mungkin kari indonesia ya yang biasa pake santan atau susu. demikian semoga penjelasan saya tidak mengecewakan hehe..

  4. Pingback: Daftar Resep Masakan Ayam - BEI5000 - RH Liembono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s