Dumpling aka Dimsum Ayam, lagi demen masak centil ^^

Berawal dari jalan2 di blog masak punya orang, ngeliat post tentang bikin dumpling aka dimsum koq ya lucu bikinnya dilipet2 gitu pake kulit gyoza dan kulit pangsit, ada yang bentuk kipas ada yang bentuk topi bundar, emak centil ini jadi kepengen bikin hihi…tapi emang minusnya, bikinnya satu buah 1 menit makannya happp 1 detik halaahh

Jadi step pertamanya, mulai deh dibeli kulit gyoza dan kulit pangsit kotak (nanti dicetak bulat), harusnya pakai udang tapi karena udangnya udah dibuat udang gandum wijen, apa daya ayam sajahh ;D

Di bawah ini resepnya,

RESEP DUMPLING AYAM

Bahan :

200 gram ayam, cincang, saya pakai chopper (kalo mau lebih enak bagi 2, 100 gr ayam, 100 gr udang)
150 gram sawi putih, rajang halus, saya chopper biar cepet ;D
2 batang daun bawang, rajang halus, saya chopper juga
2 sendok makan tepung tapioka / kanji
kulit gyoza / kulit pangsit
note : kulit gyoza (lebih tipis) untuk dimsum yang dikukus; kulit pangsit, cetak bulat (agak tebal) untuk dimsum yang digoreng
Bumbu :
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt kecap asin
1 sdt minyak wijen
1 sdt saus tiram
1/2 sdt garam
1/2 sdt jahe bubuk
Bahan Sambal Kacang :
4 siung bawang putih, haluskan
6 buah cabai merah, haluskan
100 g kacang tanah, goreng, haluskan
5 sdm saus sambal
2 sdt gula merah, haluskan
1/2 sdt garam
4 sdm minyak goreng, saya pakai kletik (minyak kelapa murni)
250 ml air
Cara membuat :
1. Campur semua bahan isian, aduk rata
2. Masukkan bumbu, aduk rata
3. letakkan sedikit adonan ke dalam kulit gyoza, pertemukan kedua pinggiran hingga membentuk setengah lingkaran, satukan ujungnya, beri setetes air supaya menempel, bentuk dimsum seperti topi bundar
Image
4. kukus dengan dialasi lembaran sawi putih, kurleb 20 menit hingga kulit gyoza berwarna bening seperti foto diatas ;D Dimsum siap dihidangkan
5. untuk dimsum berbentuk bantal kipas, lakukan dengan cara melipatnya di satu sisi kulit, sehingga bentuk dimsum cantik setengah lingkaran
Image

6. tuang 2 sdm minyak goreng dan 200 ml air pada wajan anti lengket (wajib), masukkan dimsum, goreng hingga airnya habis dan dimsum berwarna kuning kecoklatan, angkat dan hidangkan.

Image7. Cara membuat Sambal Kacang : Tumis bahan yang sudah dihaluskan dalam minyak, masukkan saus sambal, garam, dan tuangi air, masak sampai sambal kacang kental tercampur, matikan api. Hidangkan.

Boleh juga tambahin perasan jeruk limo, tapi ntar jadinya kayak siomay, ;p suka2 situ aja yahhhh…

Dimsum edisi hari ini ludes ga bersisa,,,nyesel beli kulit gyoza nya ga banyak ;-(

😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s