Kangkung Tumis Tauco ~ Asli didatangkan dari Pekalongan ;)

ImageTauco  adalah makanan yang dihasilkan dari hasil fermentasi kacang kedelai. Dan Tauco yang ada pada foto di atas adalah oleh2 dari Pekalongan yang dibawa oleh kliennya hubby, hihi…Asikkk jadi ada bahan masakan baru.

Saya sendiri belum pernah masak tauco, masakan yang pernah saya makan adalah Swike (kodok) bumbu tauco. Nah, ini sih enaaaakkk bangettt… saya suka. Berbekal pengetahuan yang sedikit tentang tauco, saya mencoba mengolahnya di rumah. Tapi yang ada cuman kangkung (*balada ibu rumah tangga males ke pasar), so, kita hari ini masak kangkung tumis tauco aja yahh…

RESEP KANGKUNG TUMIS TAUCO

Bahan :

4 ikat kangkung, petik dan cuci bersih
4 siung bawang putih, iris halus
1/2 buah bawang bombay iris halus
1 buah tomat, potong memanjang
2 buah cabai merah besar potong menyerong
2 sdm tauco
1/2 sdt merica
2 sdt gula pasir
2 sdt kecap asin
1 sdm minyak wijen
1/2 sdm minyak goreng
100 ml air

Cara membuat :

1. Panaskan minyak goreng dan minyak wijen. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan irisan cabai sampai harum
2. Masukkan kangkung, aduk cepat dengan api besar, tambahkan tauco dan air.
3. Tambahkan kecap asin, merica, gula pasir
4. Masukkan tomat, aduk sebentar, lalu matikan api
Image

Hmmm wangi masakan saya semerbak sampai kemana2. Kebetulan di kulkas masih ada stok ikan kembung, jadi saya goreng saja, kering tanpa bumbu apapun, Ditemani sambal colo-colo yang rasanya gurih asin pedes, saya seringnya nambah kalo uda lauknya ini, kapan2 saya buatkan resepnya yah, langsung diturunkan dari mama tercinta. Kangkung tauconya laku juga lho sama hubby.  Pulang kerja, langsung disambut dengan masakan tauco buatan saya, dia sebenernya kurang begitu suka tauco, tapi masih mau nyobain, gapapa pelan2 aja, nanti juga ketularan doyannya ;p

Image

Oh iya di foto ada jus terong belanda, dimix sama jambu biji yang sudah matang, makin sedeeeppp.. yuuu ahh mari makan…

dedicated for : hubby’s client, terima kasih pak, tauconya sudah diproses dengan baik dan dimasak dengan nikmat.

😉

😉

Leave a Reply

