Susu Keledai, ehh…Kedelai…

Biasanya kalo jalan pagi ke Tegalega, Bandung, suka beli susu kedelai, seporsinya harganya Rp. 3000,- , dicampur sama rebusan gula merah dan jahe, enakkk anget anget manis di pagi hari buat perut yang keroncongan. Susu Kedelai ini juga bagus untuk ibu hamil dan menyusui, sebagai sumber protein nabati (dari tumbuh2an). Tapi kalo disuruh lari pagi tiap hari ke tegalega males bok, apalagi harus bangun pagi , nyiapin baby, cuci muka, sikat gigi, ganti baju (hubby mah selalu pake baju tidur bahkan kalo ke Warung Kopi Purnama sendirian ;p). Selain susu kedelai ketahanannya kurang meskipun di kulkas, kayaknya cuma 5 hari, jarak rumah dengan tegalega juga sedikit jauhh. Jadi, seringkali kita hampir terbujuk rayu dengan mesin pembuat susu kedelai yang harganya lumayannnn (*sayang…kekepindompet, sembunyiinDebitCard).

Nah, siang itu, saat acara masak memasak sudah selesai, mata si Nyonya rumah tertumbuk pada bungkusan kacang kedelai yang nganggur senganggur2nya di pojokan meja dapur, ampir sekilo ada deh, hasil dari gagalnya planning hubby bikin tempe sendiri coz ragi tempenya ga nemu. Ada yang bisa kasih info beli ragi tempe dimana??

Jadi, mulai deh kodok2 (aka menelusuri) eyang Google cari resep. Ketemu dan hasilnya lumayan enakkkk. Nih saya share yahhh,

RESEP SUSU KEDELAI

Bahan  Susu:
1 kg Kacang Kedelai, rendam dengan air bersih selama 6-9 jam, ganti airnya setiap 3 jam sekali
1/2 sdt garam, buat penyeimbang rasa saja
8 liter air

Bahan Sirup :
2 buah gula merah
4 lembar daun pandan
2 ruas jahe, keprek
700 gr air

Peralatan :
Blender
Panci
Saringan (lebih baik dengan saringan kelapa), saya pakai saringan kopi ;p

cara membuat :

  1. Kacang kedelai yang sudah direndam dibilas bersih
  2. rebus kacang kedelai hingga matang / agak empuk, tiriskan
  3. setelah dingin, blender dengan perbandingan 8 liter air tiap 1 kg kedelai.

Image

Image

4. Saring hasil blender. Penyaringan beberapa kali lebih baik untuk memisahkan ampas kedelai sehingga didapat susu yang cair.

Image

Image

5. susu mentah hasil saring dididihkan sekali dengan api sedang (hati2 dengan volume susu dan ukuran panci, karena susu mudah mendidih dan busanya bisa tumpah),
6. kecilkan api dan biarkan kurleb 45 menit. sebelum mendidih kedua kali atau cukup mengeluarkan asap tipis saja, tambahkan garam, matikan api
7. Cara membuat Sirup : didihkan gula merah, daun pandan, jahe, dan air, dinginkan
8. Hidangkan susu kedelai hangat hangat dengan ditambahkan sirup. Simpan susu dan sirup di kulkas, lebih nikmat di minum dingin.

Image😉
😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s